Sukses

Jangan Sampai Salah, Ini Dua Menu untuk MPASI Tumbuh Kembang Balita

Ketika balita sudah berusia 6 - 8 bulan, orang tua perlu menyiasati pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika balita sudah berusia 6 - 8 bulan, orang tua perlu menyiasati pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Soalnya, tahap ini sangat berhubungan dengan tumbuh kembang anak di kemudian hari. 

Makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama diberikan karena seiring bertumbuhnya anak, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Makanan Pendamping ASI usia 6 bulan pertama diberikan secara bertahap. Menu untuk makanan pendamping ASI usia 6 bulan pertama juga tidak sembarangan.

Maka dari itu, perlu adanya MPASI yang memberikan nutrisi dan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembang anak. Anda bisa memberikan buah sampai makanan yang bergizi. 

Sebagai referensi, Anda bisa membuat MPASI dengan resep Krim Sup Wortel Labu Tempe atau sup krim jagung. Berikut cara membuatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Krim Sup Wortel Labu Tempe

Bahan - bahan:

400gr Labu Kunging Kukus

1 Siung Bawang Putih, cincang

1 Buah Bawang Bombai, Cincang

1 Batang Seledri 100gr

1 Buah Wortel, Potong Dadu

2 sdt Royco Kaldu Ayam 

200ml Susu

300ml Air

100gr Tempe Goreng

Cara membuatnya:

Tumis bawang bombay, bawang putih, seledri dan wortel. Lalu, aduk rata dengan labu kuning kukus, susu dan air. Setelah itu campur dan aduk rata Royco Kaldu Ayam. Setelah tercampur, haluskan dengan dengan blender. 

Secara terpisah, campurkan Royco Kaldu Ayam dengan air. Lalu celupkan tempe yang sudah dipotong dadu. Setelah itu, goreng sampai matang dan tusukkan tempe seperti sate. Sajikan!

3 dari 3 halaman

Sup Krim Jagung

Bahan - bahan:

1 jagung manis kalengan

1 kaleng jagung manis cream

1 wortel potong dadu kecil

1 dada ayam

2 liter air

2 sdm Maizena dilarutkan

2 butir telur sedang dikocok

1 sdm Blue Band

100 gram bawang bombay potong dadu kecil

1 sdm minyak wijen

1 bungkus Royco rasa ayam

1/2 sdt lada putih bubuk

1/2 sdt garam

1 sdm gula pasir

2 daun bawang potong

Cara membuatnya:

Pertama, didihkan air, rebus ayam hingga lunak, angkat, potong dadu kecil. Lalu, panaskan Blue Band, tumis bawang Bombay hingga layu, lalu masukkan kedalam kaldu ayam. Setelah itu, masukkan ayam, jagung, wortel dan semua bahan kecuali daun bawang dimasukkan sesaat sebelum diangkat.

Masukkan telur dengan mempergunakan corong, aduk rata lalu kentalkan dengan larutan maizena. Sajikan selagi hangat!

Dua menu di atas bisa menjadi referensi buat kamu yang sedang memilih makanan untuk MPASI si anak. Selain lezat, dua menu di atas tentu bergizi. Si anak pun bakal suka ketika mencicipi menu dua andalan di atas. 

Selain itu, dengan bumbu Royco Kaldu Jamur makanan MPASI si anak akan semakin nikmat dan lezat. Cita rasa yang dihasilkan membuat anak pasti suka dengan menu MPASI tersebut. 

Untuk mengetahui resep lain buat anak, yuk klik https://www.royco.co.id/

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.