Sukses

4 Fakta Sunan Kalijaga Mundur Jadi Kuasa Hukum, Doddy Soedrajat Minta Maaf

Liputan6.com, Jakarta Nama pengacara Sunan Kalijaga sempat menjadi sorotan usai dirinya diketahui menjadi kuasa hukum Doddy Soedrajat. Ia sempat memberikan pendampingan kepada ayah mendiang Vanessa Angel tersebut. 

Namun baru-baru ini, ayah dari Salmafina tersebut mengumumkan dirinya mundur sebagai tim kuasa hukum Doddy Soedrajat. Ia bersama partnernya Ery Kertanegara memutuskan mundur menjadi kuasa hukum mulai Selasa, 28 Desember 2021 lalu.

Disebutkan jika Sunan memutuskan untuk mundur karena merasa sudah tidak sejalan lagi dengan Dody. Ia mengaku bekerja bukan hanya mendapatkan imbalan dari klien, melainkan juga hati nuraninya dipakai.

Keputusannya itu pun juga telah disampaikan ke pihak Doddy Soedrajat. Lebih jelasnya berikut ini Liputan6.com rangkum 4 faktanya dari berbagai sumber, Kamis (30/12/2021).

2 dari 5 halaman

1. Kedepankan Hati Nurani

Konflik Doddy Soedrajat dan H. Faisal sempat menyeret Sunan Kalijaga yang hadir sebagai pengacara ayah Vanessa Angel. Namun, keputusan Sunan Kalijaga sebagai kuasa hukum mertua Bibi Andriansyah tak bertahan lama.

Ia telah menanyai Doddy Soedrajat soal peluang damai dengan besan. Menurutnya, Doddy sudah bersedia berdamai. Namun proses perdamaian tak selancar yang dibayangkan. Atas nama hati nurani, Sunan Kalijaga memilih mundur.

“Tapi kami juga mengedepankan yang namanya hati nurani. Ketika suatu persoalan atau perkara yang kami tangani, sudah tidak bersesuaian dengan hati nurani kami, maka, kami tidak perlu waktu lama untuk mengambil sikap,” tutur Sunan Kalijaga di depan awak media di Jakarta.

3 dari 5 halaman

2. Putuskan Mengundurkan Diri

Mendapatkan tak sejalan dengan kliennya, SUnan Kalijaga pun putuskan untuk mengundurkan diri sebagai kuasa hukum. Kuasa telah dikembalikan kepada klien melalui pertimbangan matang.

“Bersama dengan ini kami juga menyampaikan bahwa per tanggal hari ini, saya kantor hukum Sunan Kalijaga dan rekan, bersama rekan saya Pak Erik Kertanegara sudah menyatakan tadi untuk mengundurkan diri dari kuasa yang sudah diberikan,” imbuh Sunan Kalijaga pada Kamis (28/12/2021). 

4 dari 5 halaman

3. Reaksi Doddy Soedrajat

Selanjutnya Sunan Kalijaga mengaku telah memberi tahu Doddy Soedrajat soal pengunduran dirinya sebagai kuasa hukum melalui pesan WhatsApp. 

"Melalui pesan WA sementara saya menyampaikan pengunduran diri saya," kata Sunan Kalijaga.

Doddy Soedrajat diketahui membalas pesan tersebut. Ayah Vanessa Angel itu mengucapkan terima kasih sudah sempat menjadi kuasa hukumnya sekaligus meminta maaf.

"Selama Bang Sunan menjadi kuasa hukum saya, dengan ini saya meminta maaf jika ada salah baik sikap maupun perkataan saya yang kurang berkenan di hati Bang Sunan," ucap Doddy.

5 dari 5 halaman

4. Dikabarkan Jadi Kuasa Hukum H. Faisal

Setelah memutuskan mundur dari kuasa hukum Doddy Soedrajat, Sunan Kalijaga memabwa kabar cukup mengejutkan. Pengacara ini diduga telah bergabung di pihak H. Faisal dengan menjadi kuasa hukumnya.

"Alhamdulillah saya sudah menjadi kuasa hukum Pak Haji dan Ibu Haji," tulis Sunan Kalijaga di Instagram Stories pada Kamis (30/12/2021).

Meski Sunan Kalijaga tak menyebutkan nama, namun diduga kuat Pak Haji dan Bu Haji yang dimaksud adalah H. Faisal dan istri.