Sukses

Rekomendasi adalah Saran yang Menganjurkan, Ketahui Penggunaannya Sebagai Surat

Rekomendasi adalah istilah yang merujuk pada suatu saran atau anjuran dari seseorang terhadap orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Rekomendasi adalah istilah yang tentunya tidak asing lagi di telinga setiap orang. Biasanya istilah rekomendasi ini diikuti dengan sesuatu yang disarankan berupa kata benda, contohnya rekomendasi film, rekomendasi buku, dan lain sebagainya.

Rekomendasi adalah istilah yang merujuk pada suatu saran atau anjuran dari seseorang terhadap orang lain. Saran atau anjuran ini bisa berupa rekomendasi untuk melakukan sesuatu ataupun rekomendasi dalam menentukan pilihan.

Istilah rekomendasi ini tidak jarang juga merujuk pada surat rekomendasi. Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berwenang untuk memberi keterangan atas suatu pribadi atau organisasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/1/2022) tentang rekomendasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rekomendasi adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rekomendasi adalah saran yang menganjurkan (membenarkan, menguatkan). Selain itu, makna lain dari rekomendasi adalah penyungguhan, atau hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya dengan baik (biasa dinyatakan dengan surat).

Rekomendasi sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dalam percakapan formal. Contohnya saja saat seseorang sedang berbincang-bincang tentang referensi suatu benda, misalnya film ataupun buku. Kamu tentunya sudah sering mendengar kalimat “ada rekomendasi film yang menarik enggak?” atau “minta rekomendasi buku yang seru dong?”. Penggunaan kata rekomendasi ini bahkan digunakan saat kamu memsan makanan dan minuman. Misalnya “rekomendasi makanan dan minuman di daerah sekitar sini apa ya?”

Kata rekomendasi memang sering dijadikan bagian dari pertanyaan dalam kehidupan sehari-hari. Di mana nantinya seseorang yang ditanya akan menjawab apa saja rekomendasi darinya untuk orang yang bertanya tersebut.

Namun, istilah rekomendasi ternyata juga digunakan dalam penggunaan resmi, terutama dalah surat formal. Hal ini merujuk pada pengertian rekomendasi yang kedua di KBBI, yaitu hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya dengan baik (biasa dinyatakan dengan surat). Surat rekomendasi identik dengan pekerjaan ataupun dalam melamar beasiswa sekolah atau kuliah.

3 dari 5 halaman

Surat Rekomendasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, istilah rekomendasi juga kerap dikaitkan dengan surat rekomendasi.  Apalagi, salah satu pengertian rekomendasi adalah hal minta perhatian bahwa orang yang disebut dapat dipercaya dengan baik (biasa dinyatakan dengan surat). Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berwenang untuk memberi keterangan atas suatu pribadi atau organisasi. Surat rekomendasi ini bersifat resmi dan dibuat menggunakan kata-kata yang formal. Biasanya, surat rekomendasi ini dipakai untuk memberikan rekomendasi atas prestasi kerja, pendidikan, dan lain sebagainya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat rekomendasi adalah surat yang menyatakan, menguatkan, membenarkan, dan sebagainya bahwa orang yang disebut dapat dipercaya, baik, dan sebagainya. Surat rekomendasi dipakai seseorang dari perusahaan atau instansi tertentu untuk menunjukan bahwa ia memiliki bukti yang kuat mendapatkan persetujuan dari pihak ketiga. Kadang surat ini juga digunakan sebagai syarat berkas yang dibutuhkan sebagai dokumen administrasi bersifat wajib disertakan.

4 dari 5 halaman

Jenis Surat Rekomendasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, surat rekomendasi adalah surat yang biasanya digunakan beberapa orang sebagai persetujuan. Mengutip Lifepal, jenis surat rekomendasi adalah sebagai berikut:  

- Employment recommendation atau surat rekomendasi karyawan adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh atasan atau supervisor.

- Academic recommendation atau surat rekomendasi akademik adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh guru atau dosen.

- Character reference atau surat rekomendasi karakter adalah surat rekomendasi yang biasanya diberikan oleh individu tertentu bisa tokoh terkenal, teman, atau kerabat terdekat.

Surat rekomendasi dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin sering kamu dengar di antaranya adalah surat rekomendasi kerja, surat rekomendasi beasiswa, surat rekomendasi sekolah, surat rekomendasi kegiatan, surat rekomendasi pembuatan visa, hingga surat rekomendasi magang.

Jenis-jenis surat rekomendasi tersebut tentunya memiliki manfaat tertentu bagi penerimanya, bahkan juga untuk pemberi surat rekomendasi tersebut. Bagi penerima surat rekomendasi, surat ini berguna untuk memberi dukungan moral, hal ini disebabkan karena isinya tentu akan menonjolkan sisi baik dari penerima. Sementara itu, untuk pihak pemberi surat rekomendasi, surat tersebut berguna untuk membangun hubungan baik dengan pihak penerima surat.

5 dari 5 halaman

Contoh Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi, terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah surat rekomendasi kerja. Kamu bisa mengenali surat rekomendasi, dari contoh ini. Seperti Liputan6.com kutip dari Lifepal, berikut contoh surat rekomendasi kerja:

 

MOBILE INDONESIA

Jl. Soekarno Hatta No 23 Blok A, Kebayoran – Jakarta Selatan

Telp (021) 1234567

Mobile.com I Email: info@mobile.com

SURAT REKOMENDASI KERJA

No. 22/PTSMI/09/2019

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Raditya Dimas

NIP : 091389345398276

Alamat : Komplek Aries Pondok Aren No. 23, Jakarta

Bertindak mewakili PT. Mobile Indonesia, memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan kami:

Nama : Aida Nuraini

Alamat : Jl. Kembangan RT 22 RW 12, Tangerang Selatan.

Pada saat saudari Aida bekerja di PT. Mobile INdonesia, saudari Aida menunjukkan etika kerja yang baik dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Saudari Aida juga merupakan karyawan yang memiliki prestasi yang membanggakan, ia bahkan pernah menjadi duta PT. Mobile Indonesia dalam beberapa acara bergengsi. Selama tiga tahun masa kerja saudari Aida tidak pernah tercatat melakukan kesalahan ataupun melanggar peraturan perusahaan.

Jabatan terakhir saudari Aida sebagai kepala gudang. Demikian surat ini kami terbitkan sebagai informasi bagi pihak lain agar digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami,

Jakarta, 06 September 2019

(Tanda tangan)

Raditya Dimas

Direktur Utama PT. Mobile Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.