Sukses

5 Cara Menyimpan Makanan dan Pakaian Agar Awet, Mudah Banget

Liputan6.com, Jakarta Makanan dan pakaian kalau tidak disimpan dengan benar serta salah dalam perawatannya, tentu akan mudah busuk dan cepat rusak. Padahal bila melakukan cara yang benar, bisa membantu menghemat pengeluaran bulanan.

Bagi ibu rumah tangga yang bijak dalam membelanjakan uang bulanannya, harus tahu cara tertentu dalam menjaga makanan dan pakaian ini. Selain mudah, cara ini pun cukup ampuh dalam menjaga keawetan makanan dan pakaian.

Seperti yang dikutip dari Brightside, pakaian jenis sweter lebih baik tetap disimpan secara menggantung daripada dilipat dan dimasukan kedalam lemari karena dapat menyusut. Selain itu ada cara khusus agar mengembalikan sweter dalam ukuran semula bila sudah menyusut. 

Berikut 7 cara menjaga makanan dan pakaian agar awet yang Liputan6.com kutip dari Brightside, Senin (3/1/2022)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Bungkus roti dengan plastik hingga rapat dan simpan di freezer agar bertahan selama tiga bulan

Menyimpan roti agar tetap segar dan tidak basi ternyata bisa dilakukan menggunakan freezer di kulkas. Namun sebelum menyimpan roti tersebut, perlu dikemas menggunakan wadah kedap udara, seperti plastik atau wadah lainnya. Roti yang disimpan menggunakan cara ini dapat bertahan selama tiga bulan.

3 dari 6 halaman

2. Menyimpan bumbu makanan maupun selai secara terbalik

Demi memudahkan dalam memasak atau menyantap makanan, terkadang sebagai ibu rumah tangga sudah menyiapkan berbagai bumbu hingga sambal yang sudah jadi. Namun dalam kenyataannya, sering ditemukan jamur saat bumbu dan selai yang disimpan terlalu lama.

Padahal ada cara yang sangat mudah untuk mengakalinya, yaitu dengan cara membalik toples penyimpanan tersebut agar menciptakan ruang kedap udara dan jamur tidak muncul pada mulut toples.

4 dari 6 halaman

3. Menjaga agar lilin awet saat dinyalakan

Lilin menjadi sebuah alat penerangan saat listrik padam. Selain itu, lilin menjadi salah satu dekorasi di berbagai tempat agar suasana makin romantis. Di balik penggunaannya tersebut, ternyata ada sebuah cara agar nyala lilin tetap awet saat digunakan lho, yaitu dengan menaburkan sejumput garam secara merata. Lalu bisa menggunakan tusuk gigi untuk mengaduknya.

5 dari 6 halaman

4. Lebih baik digantung dan gunakan cara ini agar sweter tetap lembut seperti baru

Menyimpan sweter dengan cara digantung ternyata bisa membuatnya lebih awet, selain itu juga dapat mencegah penyusutan ukuran setelah lamanya pemakaian. Namun bila memiliki sweter yang sudah menyusut, tidak perlu khawatir, ternyata ada sebuah cara untuk mengembalikan kelembutannya seperti semula.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara  merendam dalam campuran kondisioner rambut dan air hangat dan diamkan selama sekitar 30 menit. Efek pelembut dari kondisioner rambut akan membantu melonggarkan kain. Jangan lupa untuk melakukan ini dengan lembut untuk menghindari peregangan terlalu banyak.

 
6 dari 6 halaman

5. Sudah kerap digunakan dan dicuci, biasanya handuk akan kasar dan tidak mengembang lagi

Untuk menjaga handuk tetap awet dan lembut saat digunakan, ternyata ada sebuah cara khusus saat merawatnya. Biasanya banyak orang terlalu banyak mencuci handuk, lama kelamaan akan jadi kasar dan tidak lembut lagi. Hal ini bisa dihindari dengan cara mudah yaitu dengan mengibaskannya sebelum melipat dan menyimpannya. Hal ini akan meningkatkan daya serap dan menjaga seratnya tetap halus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.