Sukses

Tukar Makanan Teman dengan Makanan Vegan, Wanita Ini Dituduh Lakukan Tindak Pidana

Wanita menukar makanan teman sekamarnya dengan vegan berakhir didakwa tindak pidana.

Liputan6.com, Jakarta Alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein tertentu dalam makanan, dan reaksinya dapat bervariasi dari gatal-gatal dan pembengkakan bibir hingga gejala yang mengancam jiwa yang mungkin melibatkan masalah pernapasan fatal dan syok yang dikenal sebagai anafilaksis.

Kisah ini berawal dari pengguna Reddit @AITA yang menceritakan bahwa teman satu kamarnya alergi terhadap produk kedelai. Dilansir dari Bored Panda, ia mengungkapkan jika pagi itu dirinya memasak dengan teman sekamar barunya yang vegan bernama Erin.

Tapi ternyata tanpa sepengetahuan Erin, sang penulis rupanya sangat alergi terhadap beberapa hal, dan produk kedelai adalah salah satunya. Saat si penulis mulai makan, ia sudah merasakan jika makanan itu sedikit tidak enak.

Lalu dengan ketidaktahuannya, Erin memberi tahu bahwa ia menukar makanan itu dengan alternatif vegan. Sontak, sang penulis pun terkejut. Karena kejadian itu, sang penulis harus tinggal di rumah sakit selama 2 hari karena reaksi alerginya.

Tak berhenti sampai di situ, dia juga mengajukan pengaduan ke polisi. Berikut kisah lengkapnya, seperti yang Liputan6.com lansir dari Bored Panda pada Selasa (4/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengajukan tuntutan ke polisi

Wanita itu baru-baru ini berbagi cerita tentang bagaimana dia mengajukan tuntutan terhadap teman sekamarnya yang menukar makanannya dengan alternatif vegan tanpa menyadari bahwa dia "alergi mematikan" terhadap kedelai.

Berbagai pasal yang berlaku di negara tersebut disebutkannya. Namun, dalam komunitas online yang membahas kasus tersebut, mereka tidak tahu apakah kasus itu melibatkan perusakan makanan dan meskipun penulis posting menyebutkan bahwa "pengrusakan makanan adalah kejahatan," dia tidak menjelaskan bagaimana hal itu terkait dengan insiden tersebut.

Alergi terhadap kedelai adalah alergi makanan yang umum terhadap produk kedelai. Seringkali, alergi kedelai dimulai pada masa bayi dengan reaksi terhadap susu formula berbasis kedelai. Meskipun sebagian besar anak mengatasi alergi kedelai, beberapa membawa alergi hingga dewasa.

 

3 dari 3 halaman

Kasus alergi kedelai

Menurut Mayo Clinic, dalam beberapa kasus, orang yang alergi terhadap gandum, kacang-kacangan (kacang polong), susu atau makanan lain juga dapat mengalami reaksi alergi terhadap kedelai. Juga, orang yang alergi terhadap kedelai mungkin memiliki hasil tes yang menunjukkan alergi terhadap kacang-kacangan lain.

Dari kasus di atas, kita belajar bahwa sebagai orang yang tinggal di lingkungan yang baru, seharusnya lebih mengenal orang-orang sekitar. Jangan terlalu gegabah dalam mengambil keputusan. Setiap orang mempunyai keistimewaan masing-masing sehingga jika salah langkah nantinya akan merugikan diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.