Sukses

Tanpa Bayar Mahal, Ini 7 Cara Agar Barang Rumah Tangga Lebih Tahan Lama

Cara mudah agar barang rumah tangga lebih tahan lama dan tidak rusak.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki barang yang bisa bertahan lama menjadi keinginan semua orang. Untuk menjaganya, perlu cara atau tips khusus agar tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal. Seperti bagaimana cara menjaga wajan agar tidak mudah rusak dan handuk yang bisa tahan lama saat digunakan.

Melansir dari Bright Side, beberapa orang telah menemukan cara mudah dan murah dalam pelestarian barang-barang rumah tangga, dan mereka dengan murah hati berbagi tips sederhana namun berharga dengan semua orang di internet.

Mulai dari menambahkan garam ke lilin untuk memperpanjang waktu pembakaran, menekan tisu toilet jadi bentuk oval agar hemat, hingga menaburkan sedikit soda kue ke sofa untuk pengawetan kain. Hal itu sangat berguna karena membantumu menghemat uang, tak perlu menyewa seorang profesional untuk membersihkannya.

Seperti dilansir Liputan6.com dari Bright Side, berikut ini beberapa cara yang sangat berguna agar barang rumah tangga lebih tahan lama dari yang diharapkan, Rabu (5/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tambahkan garam ke lilin untuk memperpanjang waktu pembakaran.

Meski terdengar aneh, menambahkan sedikit garam ke lilin hangat setelah meniupnya dapat memperlambat proses pembakaran. Oleskan sejumput garam secara merata, gunakan tusuk gigi atau sumpit untuk mengaduknya, dan lilin favoritmu akan menyala lebih lama saat digunakan lagi.

3 dari 8 halaman

2. Tekan tisu toilet jadi berbentuk oval.

Menekan kertas toilet atau gulungan tisu akan membuatnya berbentuk oval, sehingga lebih sulit untuk diputar. Dengan gulungan normal berbentuk lingkaran, banyak tisu mudah ditarik sekaligus, dan orang-orang biasanya tidak menggulung kembali sisa kertas.

4 dari 8 halaman

3. Jangan menyeka permukaan spons yang bersentuhan dengan daging mentah.

Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa spons yang digunakan untuk membersihkan permukaan yang bersentuhan dengan daging mentah harus dibuang. Ini tidak berarti bahwa harus membeli spons baru setiap kali membersihkan kotoran seperti itu.

Sebagai gantinya, gunakan semprotan antibakteri dan tisu untuk menyeka talenan. Ini akan membuatmu aman dari kuman mematikan dan membantu memperpanjang umur simpan spons dapur.

Atau kamu bisa ganti dengan tempat spons yang menggantung sehingga spons bisa kering sepanjang waktu. Kelembaban menggerogoti spons, jadi menjaganya tetap kering adalah kunci untuk membuatnya bertahan lebih lama.

5 dari 8 halaman

4. Memberi minyak pada wajan antilengket bisa membuatnya bertahan selama bertahun-tahun.

Sebagian besar resep lezat membutuhkan minyak, tetapi menggunakan minyak juga dapat memberikan efek positif pada panci dan wajan antilengket. Minyak akan membantu mengisi celah kecil atau pori-pori di wajan, membuat permukaan benar-benar halus dan rata. Berikut cara melakukannya:

1. Cuci panci dengan air sabun hangat.

2. Bersihkan secara menyeluruh dengan tisu atau kain dapur.

3. Tambahkan satu sendok makan minyak dan gosok bagian bawah dan tepi wajan.

4. Panaskan selama sekitar 60 detik.

5. Angkat panci dari api dan biarkan dingin.

6. Bersihkan minyak berlebih. Sekarang panci atau wajan siap untuk terkena suhu tinggi tanpa rusak.

6 dari 8 halaman

5. Kibaskan handuk setelah dicuci agar tetap mengembang.

Setelah selesai mencuci tangan dan handuk mandi, kibaskan sebelum melipat dan menyimpannya. Ini meningkatkan daya serap, menjaga seratnya tetap halus, memberi kesan mewah, dan membuatnya bertahan lebih lama.

Hindari mencuci terlalu banyak handuk sekaligus. Sebaiknya, urutkan ke dalam kelompok berdasarkan warna, ukuran, dan seberapa kotornya. Ini akan menciptakan lebih banyak ruang dan memungkinkan handuk untuk membilas dengan benar, tanpa ada kuman atau kotoran yang tertinggal di kain, yang akan memperpanjang umur handuk.

7 dari 8 halaman

6. Jangan membuang sweater yang menyusut.

Untuk membalikkan sweater yang menyusut, cukup rendam dalam campuran kondisioner rambut dan air hangat dan diamkan selama sekitar 30 menit. Efek pelunakan kondisioner rambut akan membantu melonggarkan kain, memungkinkanmu meregangkan sweater kembali ke ukuran aslinya. Jangan lupa untuk melakukan ini dengan lembut untuk menghindari peregangan terlalu banyak.

8 dari 8 halaman

7. Taburkan sedikit soda kue ke sofa untuk pengawetan kain.

Trik kecil yang berguna ini akan membantumu menghemat uang untuk menyewa seorang profesional untuk membersihkan sofa. Cukup taburkan soda kue dalam jumlah yang banyak ke sofa, dan diamkan selama sekitar 30 menit.

Setelah itu, buang sisa soda kue dengan penyedot debu. Soda kue akan menghilangkan beberapa noda ringan dan menghilangkan bau dari kain. Melakukan hal ini sesekali akan membuat sofamu tetap bagus dan segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.