Sukses

Pria Ini Rela Jual Tanah Demi Beli Seekor Ikan Koi Seharga Rp 1 Miliar

Ikan koi milik pria itu terkenal berkualitas tinggi dan punya harga selangit.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hobi yang banyak digemari di Indonesia adalah memelihara ikan hias. Tak sedikit orang meluangkan waktunya untuk memelihara ikan hias di akuarium maupun kolam. Bahkan beberapa di antaranya sampai rela merogoh kocek dalam, demi memenuhi kesenangannya tersebut.

Ada pula orang yang rela menjual asetnya untuk membeli ikan yang diinginkan dan menganggapnya sebagai investasi. Seperti yang dilakukan oleh pria di Malaysia yang baru-baru ini viral di media sosial. Pria bernama Mohd Zulkifli Husin itu diketahui rela menjual tanah untuk membeli seekor ikan koi.

Jika ia sampai menjual tanah, tentu harga ikan koi tersebut terbilang sangat fantastis. Bukan sembarang ikan koi, tetapi jenis Sakai yang dikembangbiakkan di Jepang. Ikan koi Sakai Kohaku memang terkenal berkualitas tinggi dan punya harga selangit.

"Saya jual tanah untuk beli ikan koi berkualitas tinggi Sakai Kohaku," kata pria yang akrab disapa Zulkifli, seperti dikutip oleh Liputan6.com dari World of Buzz, Rabu (5/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membelinya Seekor Ikan Koi Seharga Rp 1 Miliar

Ikan koi memang terbilang salah satu ikan yang dijual dengan harga fantastis. Mohd Zulkifli Husin membeli seekor ikan itu dengan harga 300 ribu ringgit, setara dengan Rp 1 miliar. Ikan itu ia titipkan ke peternak di Sakai.

Bukan tanpa alasan, menurut Zulkifli, Sakai merupakan alah adalah tempat berkumpulnya penggemar ikan koi dari seluruh dunia. Daerah ini memang terkenal sebagai penghasil ikan koi terbaik.

Pria 46 tahun itu juga mempertimbangkan harga yang bisa jatuh jika membawa ikannya ke Malaysia. Terlebih, sulit mencari orang yang mau membeli ikan dengan harga pasaran di negaranya sendiri.

"Jika saya bawa ikan koi itu pulang ke Malaysia, harga dan nilai eksklusifnya akan jatuh dan sulit mencari pembeli yang mau membeli dengan harga pasar," kata pria asal Terengganu, Malaysia ini.

3 dari 3 halaman

Ditawar Rp 1,5 Miliar Oleh Orang Lain

Pertimbangan Zulkifli untuk tidak membawaikan koi tersebut ke Malaysia ternyata tepat. Ikannya ternyata ditawar sampai 450 ribu ringgit, setara Rp 1,5 miliar. Namun, Mohd Zulkifli Husin tidak tertarik dengan tawaran itu. Ia memilih tetap menyimpan ikannya hingga harganya bisa tembus 600 ribu ringgit, setara Rp 2 miliar.

"Saya tidak mau melepas ikan itu karena harga pasar bisa tembus 600 ribu ringgit per ekor," tuturnya.

Usut punya usut, rupanya Zulkifli sendiri adalah seorang peggemar ikan koi sejak 2015. Di rumahnya, ia mengungkapkan jika memelihara berbagai jenis ikan koi. Terdapat sekitar 40 ekor ikan koi yang ia pelihara. Termasuk jenis Omosako Shiro Utsuri, Doitsu Showa, Benikiko, Sanke Sakai, Dainichi Showa dan Momotaro Kohaku yang nilainya bisa tembus 500 ribu ringgit, setara Rp 1,7 miliar.

“Harga ikan koi yang dipelihara di kolam koi di rumah saya sekarang masing-masing bernilai 20 ribu ringgit hingga 60 ribu ringgit (setara Rp68,5 juta-Rp205 juta), ditambah dengan biaya makanan dan vitamin yang bisa naik hingga 2 ribu ringgut (setara Rp6,8 juta) sebulan,” tutup Zulkifli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.