Sukses

6 Tempat Wisata ala Cappadocia di Indonesia, Berpetualang Naik Balon Udara

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki tempat wisata ala Cappadocia yang menyuguhkan wahana berpetualang naik balon udara, loh. Di mana saja dan pada ketinggian berapa balon udara diterbangkan?

Lokasi tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia tersebar di kawasan wisata. Mulai dari kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), hingga Tanah Gajah di Ubud, Bali.

Di kawasan gunung Bromo, balon udara dinaikkan pada ketinggian 50 meter. Sementara di TMII, balon udara dinaikkan pada ketinggian 150 meter. Penasaran dengan empat tempat wisata ala Cappadocia lainnya?

Berikut Liputan6.com ulas enam tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia, lengkap lokasi dan biaya masuknya, Kamis (6/1/2022).

2 dari 7 halaman

1. Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur

Tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia yang pertama, ada di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS). TNBTS bekerja sama dengan perusahaan swasta, Fly Tours Indonesia yang bergerak di dunia transportasi dan pariwisata udara.

Melansir dari situs website resmi Fly Tours, pada Kamis (6/1/2022) tempat wisata ala Cappadocia di kawasan gunung Bromo ini menawarkan pengalaman berpetualang naik balon udara dengan ketinggian 50 meter dari atas permukaan tanah dengan durasi 10 menit.

Paket wisata ala Cappadocia di gunung Bromo ini sudah ada sejak tahun 2019. Wisatawan bisa berpetualang naik balon udara dengan menikmati pemandangan gunung Bromo yang berketinggian 2.329 mdpl. Tak cukup gunung Bromo, karena Bukit Teletubis, gunung Semeru, dan gunung Batok akan melengkapinya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia ini:

- Kapasitas maksimal empat orang dengan satu kuota digunakan oleh pilot balon udara.

- Pengunjung diwajibkan menggunakan jaket tebal dan masker.

- Dilarang keras membawa barang yang mudah terbakar.

- Wahana dilarang untuk pengunjung dengan riwayat penyakit jantung dan sedang hamil.

Tak hanya berpetualang menaiki balon udara. Di tempat wisata ala Cappadocia ini pengunjung bisa melihat pertunjukan balon udara saat matahari terbit. Begitu pula memberi pengalaman bagi pengunjung masuk ke dalam balon udara saat sedang dikembangkan.

3 dari 7 halaman

2. Kawasan wisata Sari Ater Hotels Resort, Subang, Jawa Barat

Tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia yang kedua, ada di kawasan wisata Sari Ater Hotels Resort, Jalan Raya Sari Ater Palasari, Kecamatan Ciater, Subang. Petualangan naik balon udara di tempat wisata ala Cappadocia ini dilakukan pada ketinggian sampai 30 meter.

Wahana terbang dengan Hot Air Balloon Indonesia (nama balon udara) ini bisa dilakukan pada pagi hari. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan hijau dan menikmati sejuknya udara pegunungan dari ketinggian.

“Saat ini kita baru buka di kawasan wisata Sariater, Subang dan ini sudah dari tahun 2019,” terang Digital Marketing Indonesia Terbang dan kru Hot Air Balloon Indonesia Reva kepada Liputan6.com, pada Senin (3/1/2022).

Tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia satu ini sudah ada sejak tahun 2019. Berpetualang dengan balon udara di tanah Subang biasanya dimulai dari pukul 06.00-09.00 waktu setempat, dengan durasi terbang 15 menit. Dalam sehari, balon udara di sini terbang sebanyak 15 kali.

Kru Hot Air Balloon Indonesia mengatakan apabila cuaca kurang mendukung (angin kencang dan turun hujan), maka balon udara tidak bisa diterbangkan. Pada kondisi seperti ini, penerbangan bisa dibatalkan dan akan diganti pada hari lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia ini:

- Batasan minimal usia pengunjung untuk bisa menaiki balon udara adalah 4 tahun.

- Batasan maksimal usia pengunjung untuk bisa menaiki balon udara adalah 60 tahun.

- Pengunjung minimal memiliki tinggi badan 120 cm (sentimeter).

4 dari 7 halaman

3. Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta

Tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia yang ketiga, ada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Wahana berpetualang naik balon udara di Jakarta ini sudah ada sejak tahun 2012. Tertarik mencoba?

Cocok untuk dinikmati bersama keluarga melansir situs resmi Taman Mini, pada Kamis (6/1/2022) Balon Udara Raksasa bediameter 69 m2 ini mampu menampung sampai 30 orang pengunjung. Balon udara di tempat wisata ala Cappadocia ini merupakan terbesar dan tertinggi di Indonesia.

Pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp100 ribu sampai Rp120 ribu untuk dewasa dan Rp60 ribu sampai Rp80 ribu untuk anak-anak. Pemandangan kota Jakarta bisa dinikmati dari ketinggian 150 meter dengan naik balon udara di TMII, durasinya 15 menit.

“Wahana ini diharapkan akan memberikan pengalaman seru sekaligus menarik bagi pengunjung yang naik, karena mereka akan melihat kota Jakarta dari ketinggian 150 meter dengan durasi 15 menit per sesinya,” dijelaskan.

5 dari 7 halaman

4. Kawasan Resort Tanah Gajah, Ubud, Bali

Tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia yang keempat, ada di kawasan resort Tanah Gajah, Ubud, Bali. Resort bintang lima yang ada di Bali ini menawarkan petualangan naik balon udara yang menakjubkan.

Pihak resort menyediakan wahana untuk berpetualang naik balon udara pada pagi atau sore hari. Pengunjung akan disuguhi pemandangan pulau Dewata dengan ketinggian 50 meter, durasinya 10 menit. Penerbangan balon udara, biasanya dilakukan tujuh kali dalam sehari.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk berpetualang naik balon udara di tempat wisata ala Cappadocia ini? Melansir dari CNNIndonesia, pada Kamis (6/1/2022) pihak resort menyediakan paket wahana wisata ini dengan harga mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp2,1 juta untuk dua orang saja.

6 dari 7 halaman

5. Kawasan Wisata The Lodge Maribaya, Bandung

Tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia yang kelima, ada di kawasan wisata The Lodge Maribaya, Bandung. Pengunjung bisa naik balon udara meski tidak untuk diterbangkan. Balon udara yang ada di kawasan wisata ini hanya bisa digunakan untuk spot atau lokasi foto bagi wisatawan saja.

Lokasinya ada di Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03/RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Wisata ini beroperasi mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Foto dengan balon udaranya cocok untuk tampilkan foto estetik di Feed Instagram dan Instagram Stories!

The Lodge Maribaya ini menyediakan Galmping atau Glamour Camping. Di sini pengunjung bisa merasakan sensasi camping dengan fasilitas mewah, berbagai pelayanan, dan memperoleh akses khusus untuk bersantai menghadap langsung ke arah hutan pinus, perkebunan, dan bukit di sinilah tempatnya.

7 dari 7 halaman

6. Kawasan Wisata Bukit Teletubbies, Blitar, Jawa Timur

Tempat wisata ala Cappadocia di Indonesia yang keenam, ada di kawasan wisata Bukit Teletubbies, Blitar. Tepatnya di Tower Dusun Kampunganyar Desa Sumberasri Kecamatan Gunung Kelud.

Pengunjung bisa naik balon udara meski tidak untuk diterbangkan, cocok untuk swafoto! Wisata ini beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 waktu setempat. Harga masuk lokasi wisata hanya Rp3 ribu saja per orangnya. Tertarik berkunjung?