Sukses

China Uji Coba Nyalakan Matahari Buatan, Panasnya 5 Kali Matahari Asli

Matahari buatan China berhasil pecahkan rekor baru dengan panas mencapai 70 juta derajat Celcius selama 17 menit.

Liputan6.com, Jakarta Usaha China untuk menjadi pemimpin dalam memanfaatkan energi mengambil lompatan besar ke depan setelah reaktor fusi nuklirnya yang dijuluki "matahari buatan" itu diuji coba untuk dinyalakan lagi. Dan hasilnya, matahari buatan tersebut kembali memecahkan rekor.

Dilansir Liputan6.com dari SEA Mashable, Kamis (6/1/2022), matahari buatan yang diberi nama Eksperimental Superkonduktor Tokamak (EAST) itu berhasil beroperasi pada suhu 70 juta derajat Celcius selama lebih dari 17 menit menurut media pemerintah.

Pada suhu itu, EAST mencatat suhu sekitar lima kali lebih tinggi dari inti matahari kita sendiri (15 juta derajat Celcius di pusat).

Perkembangan itu memberi China kepercayaan baru dalam upaya mereka untuk menjadi salah satu pemimpin dalam fusi nuklir, sebuah proses yang secara alami terjadi di dalam bintang-bintang, dan proses yang secara teoritis dapat memberikan energi bersih tanpa batas jika dimanfaatkan dengan benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep 'Matahari Buatan' China

EAST, yang terletak di Institut Ilmu Fisika Hefei di Anhui, telah berjalan sejak 2006, dengan para ilmuwan di seluruh dunia menggunakan reaktor untuk menguji eksperimen fusi. Konsep menggunakan fusi nuklir untuk menghasilkan energi telah lama menjadi tujuan akhir para ilmuwan yang meneliti produksi energi bersih.

Secara sederhana, prosesnya melibatkan penggabungan (atau peleburan) inti atom bersama, yang pada akhirnya menghasilkan energi dalam jumlah luar biasa yang kemudian dapat digunakan untuk memberi daya pada gadget, bangunan, dan kendaraan misalnya.

Lebih penting lagi, metode ini tidak memerlukan bahan bakar fosil untuk dijalankan, dan tidak meninggalkan bahan limbah berbahaya seperti proses fisi nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir komersial lainnya. Sebagai perbandingan, para ahli mengklaim bahwa risiko bencana lingkungan dengan fusi nuklir juga jauh lebih kecil.

3 dari 4 halaman

Tantangan utama 'Matahari Buatan'

Namun terlepas dari sejumlah besar pekerjaan yang dimasukkan ke dalam subjek selama beberapa dekade terakhir, sebenarnya mencapai titik di mana mempertahankan dan menahan fusi nuklir untuk waktu yang cukup lama untuk menghasilkan energi yang dapat digunakan tetap sulit dipahami.

Menurut laporan, tantangan utama yang terlibat dalam fusi nuklir yang sukses adalah mempertahankan suhu lebih dari 100 juta derajat pada tingkat yang stabil cukup lama untuk menyediakan energi sesuai permintaan.

Pada Mei 2021, tokamak mencapai tonggak sejarah berjalan pada suhu plasma (gas panas) 120 juta derajat, tetapi hanya 101 detik.

4 dari 4 halaman

Harapan di tahun 2040

Tonggak baru itu bagaimanapun menggerakkan jarum satu langkah lebih dekat ke reaktor yang mampu menghasilkan tenaga yang stabil, tujuan yang diharapkan dapat dicapai oleh tim di belakangnya pada tahun 2040.

"Operasi baru-baru ini meletakkan dasar ilmiah dan eksperimental yang kuat untuk menjalankan reaktor fusi," kata Gong Xianzu, seorang peneliti di Institut Fisika Plasma dari Akademi Ilmu Pengetahuan China, yang memimpin putaran pengujian terbaru, dilansir Liputan6.com dari SEA Mashable.

Song Yuntao, wakil direktur institut tempat EAST bermarkas mengatakan bahwa pembangunan reaktor fusi penuh harus dimulai lima tahun dari sekarang, dan akan memakan waktu sekitar 10 tahun untuk dibangun.

“Setelah itu dibangun, kami akan membangun pembangkit listrik dan mulai menghasilkan listrik sekitar tahun 2040,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.