Sukses

Ilmu Komunikasi adalah Ilmu yang Mempelajari Tentang Penyampaian Informasi

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai jenis dan tingkatan komunikasi yang berkaitan erat dengan interaksi antar sesama manusia sebagai makhluk sosial.

Liputan6.com, Jakarta Ilmu komunikasi adalah studi yang membahas tentang proses komunikasi atau penyampaian pesan dengan efektif. Komunikasi tentunya memiliki lingkup yang sangat luas, pasalnya dalam kehidupan sehari-hari setiap orang tidak akan lepas dari yang namanya komunikasi.

Komunikasi adalah bagian yang sangat penting dalam hidup manusia untuk bersosialisasi. Melakukan komunikasi membuat kamu bisa mengerti dan memahami orang lain. Apalagi, Sekarang ini komunikasi bisa dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung menggunakan media.  

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai jenis dan tingkatan komunikasi yang berkaitan erat dengan interaksi antar sesama manusia sebagai makhluk sosial. Komunikasi adalah kegiatan yang penting dilakukan sebagai syarat terjalinnya hubungan sosial guna bertahan hidup.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/1/2022) tentang ilmu komunikasi adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Komunikasi

Sebelum mengenali lebih dalam tentang ilmu komunikasi, kamu perlu memahami terlebih dahulu pengertian komunikasi itu sendiri. Secara etimologis, kata komunikasi berasal dari bahasa latin “communicare” yang artinya “menyampaikan”. Secara umum, pengertian komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya.

Menurut KBBI, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Hal ini juga berarti hubungan atau kontak. Sekarang ini, komunikasi bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan media.  

Sementara itu, komunikasi adalah sesuatu yang tentunya terjadi melalui sebuah proses. Proses komunikasi biasanya dimulai dengan adanya bahan pembicaraan yang dilontarkan oleh pembicara yang kemudian diterima oleh penerima. Beberapa ahli memiliki pendapat berbeda tentang proses terjadinya komunikasi.

3 dari 5 halaman

Ilmu Komunikasi adalah

Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang menjadi favorit banyak orang. Jika dimaknai secara sederhana, Ilmu Komunikasi adalah sebuah studi yang mempelajari tentang proses penyampaian pesan secara efektif  dari seseorang kepada orang lain melalui berbagai media. Ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari mengenai berbagai jenis dan tingkatan komunikasi, yang tentunya berkaitan erat dengan interaksi antara sesama manusia sebagai makhluk sosial.

 

Ilmu komunikasi adalah studi yang tentunya sangat luas, karena dalam kehidupan sehari-hari pun kamu tak terlepas dari berkomunikasi. Oleh karena itu, nantinya akan dilakukan peminatan ke cabang-cabang ilmu komunikasi yang kamu inginkan.

Secara garis besar, di jurusan ini kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial. Apalagi, Ilmu Komunikasi adalah masalah fundamental dari hubungan antara manusia dengan sesamanya dalam masyarakat. Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana proses komunikasi atau penyampaian pesan bisa menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju.

4 dari 5 halaman

Peminatan pada Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada jurusan Ilmu Komunikasi, biasanya kamu akan memilih peminatan pada semester 3. Pilihan peminatan ini berbeda-beda tergantung universitas. Beberapa contoh peminatan yang bisa kamu ambil, yaitu Jurnalistik, Public Relation,  Periklanan, Manajemen Komunikasi, atau Marketing Communication. 

Mengutip Zenius, peminatan yang umum pada jurusan Ilmu Komunikasi adalah sebagai berikut:

- Jurnalistik. Peminatan yang pertama pada jurusan ilmu komunikasi adalah jurnalistik. Jurnalistik merupakan peminatan yang memperdalam mengenai komunikasi media massa, dan jurnalisme. Bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan seperti liputan, wawancara, atau menulis berita, peminatan ini tentunya menjadi pilihan utama.

- Public Relation. Peminatan ini berkaitan erat dengan menjalin relasi ataupun penghubung antar institusi, perusahaan, atau dengan masyarakat. Sebagaimana setiap perusahaan, institusi, badan organisasi, atau bahkan kamu sendiri tentu memiliki citra atau image masing-masing. Public Relation diperlukan untuk menjembatani citra perusahaan atau suatu badan kepada khalayak umum.

- Advertising atau Periklanan. Peminatan ini mempelajari tentang teknik pengiklanan dan strategi pemasaran dalam aspek komunikasi. Oleh karena itu, orang-orang yang bekerja di balik dunia periklanan memerlukan orang-orang yang kreatif, ide-ide menarik, dan berpikir out of the box untuk bisa menarik perhatian dengan iklan.

5 dari 5 halaman

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang sangat luas, jadi mengenai proskpek kerjanya kamu tidak perlu khawatir.  Mengutip Quipper Campus, salah satu bidang pekerjaan yang sangat tepat dan banyak ditemui lulusan Ilmu Komunikasi tentunya adalah di media massa atau dunia jurnalisme. Menjadi seorang jurnalis, reporter atau wartawan, penyiar, pembaca berita, hingga analis media bisa menjadi profesi kamu.

Selain itu, banyak pula lulusan Ilmu Komunikasi yang bekerja sebagai public relations atau hubungan masyarakat. Seorang Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) juga bisa masuk ke dunia advertising, marketing, maupun broadcasting, seperti bekerja sebagai content creator, copy writer, youtuber, videografer, penulis skenario, hingga produser TV. Apalagi, dengan industri kreatif yang sedang berkembang dengan pesat, kamu tentunya tidak akan kekurangan lowongan pekerjaan. Kamu dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi, media, maupun, instansi pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.