Sukses

Vibes adalah Suasana Perasaan, Ini Contoh Penggunaannya

Istilah vibes adalah merujuk pada perasaan atau pendapat umum orang tentang suatu situasi.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu istilah vibes? Istilah gaul vibes adalah menggambarkan suasana perasaan seseorang akan suatu situasi dan tempat. Asal kata istilah vibes adalah dari bahasa Inggris “vibe” yang memiliki arti atmosfer.

Melansir dari Cambridge University Press, pada Minggu (9/1/2022) dijelaskan vibes adalah karakter, perasaan, atau suasana hati suatu tempat atau situasi. “Ini adalah kata-kata yang menggambarkan karakter, perasaan, atau suasana hati suatu tempat atau situasi,” dijelaskan.

Contohnya, vibes adalah menggambarkan karakter tempat yang mengasyikkan dan menarik. Lalu tentang suasana ruang konferensi yang menegangkan. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang istilah vibes dan contoh penggunaannya, pada Minggu (9/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami Istilah Vibes

Vibes adalah istilah “plural” yang asal katanya dari bahasa Inggris “vibe” dengan arti atmosfer. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan atmosfer atau vibes adalah berhubungan dengan suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan oleh pengarangnya.

Istilah vibes adalah berhubungan dengan suasana perasaan seseorang terhadap situasi yang sedang dihadapinya. Melansir dari Cambridge University Press, pada Minggu (9/1/2022) dijelaskan vibes adalah karakter, perasaan, atau suasana hati suatu tempat atau situasi.

“Ini adalah kata-kata yang menggambarkan karakter, perasaan, atau suasana hati suatu tempat atau situasi,” dijelaskan.

Dalam penggunaan bahasa yang benar, vibes adalah dipakai atau disematkan pada suasana sendiri dan tanpa dibarengi kata sifat untuk menggambarkan jenis karakter atau suasana hati yang dimiliki suatu tempat. Contohnya, vibes adalah menggambarkan karakter tempat yang mengasyikkan dan menarik. Lalu tentang suasana ruang konferensi yang menegangkan.

Cambridge University Press menjelaskan vibes adalah kata informal yang dapat menggambarkan suasana hati atau karakter suatu tempat atau situasi. Vibes adalah digunakan pula untuk merujuk pada perasaan atau pendapat umum orang tentang suatu situasi.

3 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Istilah Vibes

Pengguaan istilah vibes adalah dipaparkan oleh Cambridge University Press dengan menggambarkan banyak suasana, simak contohnya:

1. Clearly there may be as many answers to the question as there are individual teachers, but my own personal experience would suggest that there are both negative and positive "vibes".

Artinya: Jelas mungkin ada banyak jawaban untuk pertanyaan itu seperti jumlah guru individu, tetapi pengalaman pribadi saya sendiri menunjukkan bahwa ada "perasaan" negatif dan positif.

2. We vibe off of that.

Artinya: Kami menghilangkan itu.

3. Coming from a musical family, he studied multiple instruments, including vibes and trombone, as well as music theory and composition, while still in high school.

Artinya: Berasal dari keluarga musik, ia mempelajari berbagai instrumen, termasuk getaran dan trombon, serta teori dan komposisi musik, saat masih di sekolah menengah.

4. She attributed her departure to negative vibes in the group resulting from the departure.

Artinya: Dia menghubungkan kepergiannya dengan suasana negatif dalam grup yang diakibatkan oleh kepergiannya.

5. We the band have nothing but warm vibes and happiness everywhere we go in this house.

Artinya: Kami band tidak memiliki apa-apa selain perasaan hangat dan kebahagiaan ke mana pun kami pergi di rumah ini.

6. He further stated that the album has still some psychedelic vibes here and there, but overall it's much more on par towards our older material.

Artinya: Dia lebih lanjut menyatakan bahwa album ini masih memiliki beberapa getaran psikedelik di sana-sini, tetapi secara keseluruhan itu jauh lebih setara dengan materi kami yang lebih tua.

4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Istilah Vibes Selanjutnya

7. He also learned to play the marimba and the vibes and eventually found the instruments that would be the passion of his life: the woodwinds.

Artinya: ia juga belajar memainkan marimba dan getarannya dan akhirnya menemukan instrumen yang akan menjadi gairah hidupnya: alat musik tiup kayu.

8. He feels that, by not telling his father about it, he was partly responsible, and has always paid attention to his vibes since then.

Artinya: Dia merasa bahwa, dengan tidak memberi tahu ayahnya tentang hal itu, dia ikut bertanggung jawab, dan selalu memperhatikan perasaannya sejak saat itu.

9. A majority of their instruments (vibes, glockenspiel, organ, violin, viola) are primarily used in classical music, and in some instances jazz.

Artinya: Mayoritas instrumen mereka (getaran, glockenspiel, organ, biola, biola) terutama digunakan dalam musik klasik, dan dalam beberapa kasus jazz.

10. Full of aggressive, dirty and equally tender vibes and melodies, with immersive textures that give each composition a different kind of depth and character.

Artinya: Penuh dengan getaran dan melodi yang agresif, kotor, dan sama lembutnya, dengan tekstur imersif yang memberikan setiap komposisi jenis kedalaman dan karakter yang berbeda.

11. Me and her were just vibing off that, and thought it would be really fun to do something just really simple.

Artinya: Saya dan dia baru saja menyadarinya, dan berpikir akan sangat menyenangkan untuk melakukan sesuatu yang sangat sederhana.

12. She also formed and managed her first group, consisting of organ, guitar, vibes and drums.

Artinya: Dia juga membentuk dan mengelola grup pertamanya, yang terdiri dari organ, gitar, getaran dan drum.

13. The core of the band is two guitars, bass, drums, and viola, although they do play with violins, keyboards and vibes at times.

Artinya: Inti dari band ini adalah dua gitar, bass, drum, dan viola, meskipun mereka bermain dengan biola, keyboard, dan getaran pada waktu tertentu.

14. After vibing at the studio in an all night session, they realized each other talents and began to create together.

Artinya: Setelah mengobrol di studio dalam sesi sepanjang malam, mereka menyadari bakat satu sama lain dan mulai berkreasi bersama.

15. Jazz comping instruments (piano, guitar, organ, vibes) often use chord substitution to add harmonic interest to a jazz tune with slow harmonic change.

Artinya: Instrumen jazz comping (piano, gitar, organ, getaran) sering menggunakan substitusi akord untuk menambah minat harmonik pada nada jazz dengan perubahan harmonik lambat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.