Sukses

Komputer adalah Perangkat Pemroses Data, Kenali Cara Kerjanya

Komputer memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Komputer adalah perangkat yang memudahkan pekerjaan sehari-hari. Mulai dari belajar, bisnis, manajemen, hingga bermain game, komputer adalah perangkat elektronik yang sudah jadi kebutuhan. Komputer adalah komponen utama dalam teknologi informasi dan komunikasi.

Komputer telah mengalami perubahan bentuk dan fungsi sejak awal kemunculannya. Cara kerja komputer adalah menerima input, memprosesnya, dan menghasilkan sebuah output. Komputer adalah serangkaian sistem yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak.

Kini, komputer adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan komputer, segala pekerjaan menjadi lebih ringan. Komputer adalah salah satu penemuan terbesar manusia saat ini. Berikut penjelasan tentang apa itu komputer, cara kerja, jenis, dan komponennya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (10/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu komputer?

Komputer adalah istilah yang berasal dari kata latin "computare" yang artinya menghitung. Istilah “komputer” pada awalnya diberikan kepada manusia yang melakukan perhitungan numerik dengan menggunakan kalkulator mekanik, seperti sempoa dan mistar.

Istilah komputer kemudian diberikan kepada perangkat mekanis saat mereka mulai menggantikan komputer manusia. Komputer saat ini adalah perangkat elektronik yang menerima data (input), memproses data tersebut, menghasilkan output, dan menyimpan hasilnya.

Komputer adalah perangkat keras yang berfungsi memanipulasi informasi atau data. Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat diprogram yang menerima data mentah sebagai input dan memprosesnya dengan sekumpulan instruksi (program) untuk menghasilkan hasil sebagai output.

3 dari 6 halaman

Cara kerja komputer

Komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Dua karakteristik utama dari sebuah komputer adalah: Ia menanggapi serangkaian instruksi tertentu dengan cara yang terdefinisi dengan baik, dan ia dapat mengeksekusi daftar instruksi yang telah direkam sebelumnya (sebuah program).

Komputer awal dimaksudkan untuk digunakan hanya untuk perhitungan. Kini, komputer modern memiliki kemampuan menyimpan, mengolah dan memproses data. Secara konvensional, komputer modern terdiri dari setidaknya satu elemen pemrosesan, biasanya unit pemrosesan pusat (CPU) dalam bentuk mikroprosesor, bersama dengan beberapa jenis memori komputer, biasanya chip memori semikonduktor.

Komputer menjalankan perintah secara berurutan, dengan data yang terus-menerus berpindah dari input dan memori ke prosesor perangkat. Saat ini, komputer melakukan pekerjaan yang dulunya rumit menjadi lebih sederhana. Misalnya, seseorang dapat menulis surat dalam pengolah kata, mengeditnya kapan saja, memeriksa ejaan, mencetak salinan, dan mengirimkannya ke seseorang di seluruh dunia dalam hitungan detik.

4 dari 6 halaman

Cara kerja komputer

Melansir Makeuseof, secara keseluruhan, komputer bekerja dalam empat langkah:

Input

Input adalah data sebelum diproses. Ia berasal dari mouse, keyboard, mikrofon, dan sensor eksternal lainnya.

Penyimpanan

Penyimpanan pada komputer adalah bagaimana komputer menyimpan data input. Hard drive digunakan untuk penyimpanan data jangka panjang dan massal sementara kumpulan data untuk pemrosesan segera disimpan sementara di Random Access Memory (RAM).

Pemrosesan

Pemrosesan adalah tempat input diubah menjadi output. Central Processing Unit (CPU) komputer adalah otaknya. Ini bertanggung jawab untuk mengeksekusi instruksi dan melakukan operasi matematika pada data input.

Output

Output adalah hasil akhir dari pengolahan data. Itu bisa apa saja dari gambar, video, atau konten audio, bahkan kata-kata yang diketik menggunakan keyboard. Seseorang juga dapat menerima output melalui printer atau proyektor, bukan langsung melalui perangkat.

5 dari 6 halaman

Jenis komputer

Komputer hadir dalam beragam bentuk seiring perkembangannya. Berikut jenis-jenis komputer yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari:

Komputer desktop

Banyak orang menggunakan komputer desktop di kantor, rumah, dan sekolah. Komputer desktop dirancang untuk diletakkan di atas meja, dan biasanya terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, termasuk casing komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

Komputer laptop

Jenis komputer kedua yang mungkin kamu kenal adalah komputer laptop yang biasa disebut laptop. Laptop adalah komputer bertenaga baterai yang lebih portabel daripada desktop, memungkinkanmu menggunakannya hampir di mana saja.

Komputer tablet

Komputer tablet —atau tablet —adalah komputer genggam yang bahkan lebih portabel daripada laptop. Alih-alih keyboard dan mouse, tablet menggunakan layar sensitif sentuhan untuk mengetik dan navigasi. The iPad adalah contoh dari sebuah tablet.

Server

Sebuah Server adalah sebuah komputer yang menyajikan informasi ke komputer lain di jaringan. Misalnya, setiap kali kamu menggunakan Internet, kamu melihat sesuatu yang disimpan di server. Banyak bisnis juga menggunakan server file lokal untuk menyimpan dan berbagi file secara internal.

6 dari 6 halaman

Komponen komputer

Komputer terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras. Keduanya memiliki komponennya sendiri. Komponen komputer adalah:

Perangkat keras

Komponen perangkat keras adalah segala sesuatu yang dapat disentuh dan lihat secara fisik di komputer, termasuk semua perangkat input dan output mulai dari keyboard, mikrofon, dan mouse hingga layar dan speaker. Perangkat keras juga merupakan bagian pemrosesan fisik seperti penyimpanan, CPU, kartu grafis, kartu suara, RAM, dan motherboard, yang semuanya memainkan peran penting dalam komputer kontemporer.

Perangkat lunak

Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi pra-tertulis yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Perangkat lunak dalam komputer adalah program digital, bukan komponen fisik yang dapat dilihat saat membuka penutup komputer atau laptop. Komputer modern menggunakan kombinasi komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja sama untuk memproses input dan output yang kompleks.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.