Sukses

Burung Merpati Peliharaannya Berisik, Pria Ini Berakhir Didenda Rp 9,7 Juta

Kisah pemelihara merpati didenda Rp 9,7 juta.

Liputan6.com, Jakarta Kerukunan dalam bertetangga memang harus dicapai untuk menciptakan kondisi lingkungan rumah yang nyaman. Seperti yang menimpa seorang pria paruh baya di New Forest, Inggris. Dirinya telah didakwa bersalah atas burung merpati yang berujung mengganggu tetangganya.

Meskipun berat hati Alan Pidgley yang berusia 70 tahun ini telah memelihara sedikitnya 15 ekor burung merpati. Sepanjang hari burung merpati piaraannya mengeluarkan bunyi layaknya merpati pada umumnya. Sebelumnya suara kepakan sayap merpati juga menjadi bahan aduan tetangganya kepada pihak berwenang. 

Melansir dari Daily Mail, salah satu tetangganya memutuskan untuk pergi dari Distrik New Forest dan mencari rumah baru. Pidgley juga tak hanya tinggal diam, dirinya akan memindahkan merpati dan tidak membiarkan mereka keluar sampai pagi. 

Namun hal itu tak kunjung menyelesaikan masalah dan Pidgley didatangi oleh pihak berwenang akan banyaknya aduan. Hingga dirinya harus melakukan persidangan melalui Dewan Distrik New Forest dan diharuskan membayar denda. 

“Sekarang, saya harus menyingkirkan merpati sesegera mungkin atau menghadapi denda lebih lanjut,” ujar Pidgley. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya dari Daily Mail, Selasa (11/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayar Denda Rp 9,7 Juta

Petugas Kesehatan Lingkungan menganggap kicauan dan kepakan burung sebagai gangguan hukum. Pihak berwenang memproses kasus ini sebagai layanan pengurangan kebisingan. Hakim memerintahkan Pidgley untuk membayar denda sebesar £ 500 atau setara dengan Rp 9,7 juta.  

Atas dakwaan tersebut istri Pidgley, Tara menangis di belakang ruang sidang. Mereka menghadapi kemungkinan mengucapkan selamat tinggal kepada merpati kesayangannya karena perintah itu masih berlaku dan berisiko didenda lebih lanjut jika gangguan masih terjadi.

3 dari 3 halaman

Banjir Dukungan

Gill Waring, yang juga tinggal di sebelah Mr Pidgley mengatakan dia senang mendengar suara burung. Pria berusia 72 tahun itu berkata, “saya tidak pernah punya masalah dengan merpati.”

Mereka tidak pernah membangunkan saya di pagi hari dan saya senang mendengar mereka mendengung di pagar. Saya bahkan telah menyiapkan makanan untuk mereka sebelumnya, tetapi mereka tidak ingin meninggalkan rumah mereka di rumah Alan.

Selain itu, Christina Ball dan suaminya John tinggal tepat di seberang Mr Pidgley juga mendukungnya. Dirinya mengatakan bahwa mereka memelihara burung merpati untuk cucu mereka. 

“Saya senang untuk melihat merpati dan cucu saya senang saat melihat mereka juga, dan melihat mereka terbang," ujarnya kepada Daily Mail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.