Sukses

9 Fungsi Badan Golgi pada Tumbuhan, Sebagai Sekresi Hingga Mengolah Protein

Badan golgi disebut sebagai suatu enzim yang dapat menyimpan protein sementara serta zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Liputan6.com, Jakarta Badan golgi adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Sederhananya, badan golgi merupakan bagian dari inti sel atau nukleus.

Badan golgi dapat ditemukan pada makhluk hidup seperti manusia, hewan, maupun tumbuhan. Badan golgi yang ditemukan di tumbuhan memiliki ratusan sel. Badan golgi pada tumbuhan sendiri biasanya disebut diktiosom. 

Badan golgi disebut sebagai suatu enzim yang dapat menyimpan protein sementara serta zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Sama seperti struktur lainnya, badan golgi juga mempunyai struktur, ciri-ciri atau karakteristik, hingga fungsi khusus yang dijalankan untuk mendukung kelangsungan hidup tumbuhan.

Berikut ini ulasan mengenai fungsi badan golgi, struktur, dan ciri-ciri nya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Badan Golgi

Sebelum mengetahui fungsi badan golgi pada tumbuhan, anda perlu memahami pengertian badan golgi. Seperti yang telah disampaikan dia atas, pengertian badan golgi adalah sebuah zat enzim tidak aktif dan akan berubah menjadi bentuk aktif pada tubuh, berfungsi sebagai penyimpan protein sementara serta zat penting lainnya yang berasal dari reticulum endoplasma.

Di dalam sel tumbuhan memiliki hingga ratusan badan golgi. Badan golgi ini membentuk vesikula atau kantong yang nantinya akan membawa zat-zat yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma kasar dan halus menuju membran sel. Zat yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma nantinya biasanya berbentuk protein. Di dalam badan golgi nantinya protein tersebut akan mengalami perubahan lebih lanjut. Ini merupakan salah satu dari fungsi badan golgi yang berperan penting dalam tumbuhan.

3 dari 5 halaman

Fungsi Badan Golgi

Berikut ini terdapat beberapa fungsi badan golgi pada tumbuhan, antara lain:

1. Fungsi badan golgi yang pertama adalah membentuk kantung vesikula, di mana sel-sel kelenjar kantung kecil berisi enzim dan bahan-bahan lain untuk menjalankan fungsi sekresi.

2. Fungsi badan golgi lainnya adalah melakukan pembentukan membran plasma yang berasal dari kandung atau membrane golgi.

3. Fungsi badan golgi lainnya adalah membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur dan berguna untuk pembentukan lisosom.

4. Fungsi badan golgi lainnya adalah tempat untuk mengolah dan memodifikasi protein.

5. Fungsi badan golgi lainnya adalah menyeleksi dan membentuk paket molekul-molekul untuk fungsi sekresi sel.

6. Fungsi badan golgi lainnya adalah membentuk proses biosintesis glikoprotein serta glikolipida. Glikoprotein berfungsi sebagai bahan utama yang dibutuhkan dalam proses sekresi segala macam kelenjar. Serta sebagai komponen untuk membentuk membran sel.

7. Fungsi badan golgi lainnya adalah membentuk membran sel.

8. Aparatus golgi berfungsi melepaskan sekresi pada permukaan sel, membentuk mirosom serta akrosom, membentuk kantung vesikula untuk sekresi sel, dan membantu proses pembentukan dinding sel tumbuhan.

9. Fungsi badan golgi lainnya adalah membentuk dinding sel tumbuhan.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Badan Golgi

Setelah mengetahui fungsi badan golgi, Anda juga perlu mengenali ciri-ciri dari badan golgi, yang memiliki beberapa ciri, yakni bentuknya berupa bantalan yang berlapis-lapis. Satu bagian badan golgi dilingkari oleh kumpulan gelembung berbentuk bulat yang disebut sebagai gelembung golgi.

Gelembung yang mengitari badan golgi ini kemudian dibedakan menjadi tiga berdasarkan jenis dan bentuknya, yakni sakula, vesikel sekretoris dan mikrovesikel. Penjelasan lebih lanjutnya yaitu sebagai berikut:

1. Sakula berbentuk seperti gelembung yang gepeng dan bertumpuk-tumpuk. Permukaan antarsakula ini tidak sama karena ada yang berbentuk cekung dan ada yang berbentuk cembung.

2. Vesikel sekretori merupakan kumpulan gelembung yang menjadi bagian dari sakula, namun letaknya di bagian paling tepi.

3. Mikrovesikel yaitu kumpulan gelembung yang ukurannya sangat kecil dan terus bergerak. Gelembung ini asalnya dari pelepasan reticulum endoplasma kasar yang sudah kehilangan butiran kromosomnya.

5 dari 5 halaman

Struktur Badan Golgi

Struktur badan golgi berupa berkas kantong dengan bentuk seperti cakram yang bercabang dan diujungnya terdapat serangkaian pembuluh kecil. Pembuluh ini berfungsi untuk mengumpulkan dan membungkus karbohidrat serta zat-zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel dan menyumbang bahan-bahan pembentuk dinding sel.

Badan golgi sendiri terdiri dari membran-membran berbentuk tubulus dan vesikula. Dari tubulus tersebut akhirnya dilepaskan kantung-kantung kecil yang berisi enzim pembentukan dinding sel. Bentuknya mirip dengan retikulum endoplasma, namun badan golgi tersusun atas berlapis-lapis ruangan yang ditutupi membran .

Terdapat 2 bagian dari badan golgi yaitu bagian cis dan bagian trans. Bagian cis berfungsi untuk menerima vesikel yang berasal dari retikulum endoplasma kasar. Vesikel ini kemudian diproses sedemikian rupa dan bergerak dari bagian cis menuju bagian trans. Bagian trans sendiri merupakan tempat di mana ruangan tadi akan memecahkan dirinya dan membentuk vesikel dan siap disalurkan ke bagian sel atau keluar sel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.