Sukses

Setor Hafalan 1 Juz Sebelum Main, Kisah Perempuan Penghafal Alquran Ini Viral

Gadis ini setorkan hafalan Alquran kepada sang ibunda di sela-sela bermain.

Liputan6.com, Jakarta Kisah inspiratif dibagikan oleh seorang perempuan melalui laman TikTok @auniazulfa. Gadis bernama Aunia Zulfa itu membagikan kisahnya ketika harus setor hafalan 1 juz kepada sang ibunda. Tampak ia menampilkan percakapannya dengan sang ibunda yang menyuruhnya menyetorkan hafalan disaat ia sedang asyik bermain.

Dalam unggahannya, perempuan itu mengatakan jika ia memiliki konsekuensi yang harus dipatuhi sebagai seorang penghafal Alquran. Ia menceritakan bahwa setelah lulus dari pondok, dirinya tidak boleh pergi main sebelum setor hafalan kepada sang ibu.

"Konsekuensiku jadi penghafal Alquran. Gak boleh main kalau belum setor hafalan ke ibu," tulisnya dalam video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @auniazulfa pada Kamis (13/1/2022).

Setiap harinya, hafalan Alquran minimal 1 juz harus disetorkan pada sang ibunda. Termasuk saat hari Minggu, di mana ia izin bermain dengan teman-temannya. Namun suatu ketika, gadis itu ditelepon oleh ibunya yang menanyakan hafalan yang belum ia setorkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Setor hafalan di sela bermain

Tidak mudah menjadi seorang penghafal Alquran, tuntutan memang harus dijalani agar selalu disiplin dan terus konsisten. Termasuk saat sedang bermain dengan teman-teman, hal itu tidak boleh menjadi suatu alasan untuk menunda.

Suatu ketika, Aunia ditelepon oleh sang ibu yang menanyakan setoran hafalan Alquran karena malam sebelumnya dikatakan oleh sang ibu bahwa putrinya itu belum setor hafalan. Padahal, saat itu hari Minggu dan dirinya tengah bermain sepeda dengan temannya.

"Kok semalam gak setor muraja'ah dulu? Tak simak sekarang, 1 juz!," tanya sang ibu.

 

3 dari 5 halaman

Patuh kata orangtua

Perempuan itu sempat berkilah karena sedang bermain dengan teman-temannya dan meminta izin kepada ibunya untuk setor hafalan setelah dirinya sampai di kos. Namun, sang ibu tetap menyuruh anaknya untuk setor hafalan Alquran saat itu juga.

Tidak berani menyela lagi, gadis itu langsung melakukan muraja'ah melalui sambungan telepon yang disimak oleh ibunya di sela dirinya bermain sepeda. Di akhir video, ia memberikan semangat kepada siapapun para pejuang 30 juz.

"Semangat menggapai ridho Allah dan orangtua. Semua perjuanganmu akan terbayar lunas dengan senyuman orangtua di dunia dan akhirat," pungkasnya.

4 dari 5 halaman

Komentar warganet

Pengalaman Aunia Zulfa tersebut mencuri perhatian warganet. Videonya telah ditonton hingga 2,9 juta oleh pengguna TikTok. Kolom komentarnya pun dibanjiri berbagai reaksi warganet. Banyak yang memuji cara didik sang ibu kepada putrinya itu.

"Ajib muraja'ah ngga boleh berhenti di manapun dan kapanpun," tulis akun @fe***01.

"Lihatlah ibunya punya tabungan amal jariyah untuk membawanya ke surga," ujar akun @an***ha.

"Emang iya, kalau hafal Alquran tanggung jawabnya berat, istiqomah," tulis akun @mu***h.

"Jarang temuin gadis seperti ini, dan ibu yang hebat," ungkap @zy***3.

5 dari 5 halaman

Tonton videonya berikut:

@auniazulfa

Pesan untuk para pejuang 30 Juz. Semangat 😇 #santri #santriwati #santritahfidz #quran

♬ GOOD BOY X DANCE MANCING - Rian.A

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.