Sukses

Catat, Ini Trik Membuat Nasi Bento untuk Bekal Anak di Sekolah

Liputan6.com, Jakarta Saat ini hampir semua sekolah di Indonesia sudah menerapkan Pembelajaran Tatap Muda (PTM). Tak ada salahnya, sebagai orangtua membuat bekal makanan untuk anak. Hal itu bisa menghindari anak untuk jajan sembarangan.

Salah satu bekal makanan yang mudah dibuat adalah nasi bento. Bento merupakan istilah dalam bahasa Jepang untuk bekal makan berupa nasi dan lauknya. Salah satu ciri khas bento yang membuat banyak orang tertarik menikmatinya adalah penyusunan lauk yang unik dan menggugah selera. Dilansir liputan6, berikut cara dasar membuat bento dengan mudah.

Bagi porsi makanan 

Dengan membagi porsi makanan, akan membantu kita menyeimbangkan bahan makanan. Dalam satu bento setidaknya ada empat tipe makanan yaitu karbohidrat, protein, buah, dan sayur. Rasio untuk makanannya sendiri bisa seperti 4:2:1:1 (karbo:protein:sayur:buah).

Pilih warna makanan 

Ketika membuat bento, pilihlah warna bahan makanan yang mencolok namun tetap alami. Warna-warna tersebut bisa memberikan daya tarik pada si kecil.

Susun semenarik mungkin

Agar lauk makanan tidak berantakan, maka susun serapat mungkin. Jadi saat dibuka pada jam makan siang, posisinya tetap sama seperti saat di susun. Triknya seperti ini:

  • Susun makanan yang mudah berantakan terlebih dahulu.
  • Letakkan makanan yang lebih fleksibel di ruang yang tersisa.
  • Tambahkan hiasan pada makanan seperti cherry tomato, brokoli, dan lain-lain.
  • Letakkan nasi atau karbohidrat lain.
  • Lalu, masukkan protein, seperti telur, tahu, dan ayam.
  • Terakhir, baru letakkan sayuran dan buah.

Perlu diingat untuk membuat kyaraben tidak semudah bento biasa, karena kita membutuhkan keahlian dan peralatan yang memadai untuk mencetak bentuk karakter. Dengan lihai membuat bekal untuk si anak, kamu juga bisa membuka usaha kuliner dengan menawarkan bento lho. 

Jika kamu punya kreasi bento, kamu bisa bergabung dengan ManisdanSedap.com. Platform yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com ini bukan hanya memudahkan pembeli memesan produk dari seluruh Nusantara.

ManisdanSedap.com juga menjadi ‘etalase’, dengan memajang jualan mereka dan menambahkan fitur pembelian langsung ke nomor WhatsApp Seller. Mudah berinteraksi dan bertransaksi, harapannya makin mudah menjaring pembeli, yuk gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!