Sukses

Apa Itu Sarkas? Pengertian, Contoh, dan Bedanya dengan Satir

Liputan6.com, Jakarta Apa itu sarkas adalah upaya terselubung untuk menyamarkan perasaan marah, takut, atau terluka. Sarkas bisa menjadi sindiran terhadal seseorang atau kondisi tertentu. Apa itu sarkas melibatkan membangun atau mengekspos kontradiksi antara makna yang dimaksudkan.

Tak jarang, komentar sarkas bisa menimbulkan konflik. Apa itu sarkas mengungkapkan sengatan kebencian yang beracun, menyakiti orang lain, dan merusak hubungan. Niat di balik apa itu mungkin untuk bercanda atau main-main, tetapi sering kali ada unsur permusuhan atau penilaian yang tidak tersamarkan. 

Apa itu sarkas biasanya bisa jadi cara untuk menyindir atau mengungkapkan sesuatu yang mengganjal di hati. Biasanya, sarkas muncul ketika hal-hal tidak berjalan seperti yang diharapkan. Berikut penjelasan tentang apa itu sarkas dan contohnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(14/01/2022).

2 dari 6 halaman

Asal usul sarkas

Istilah sarkas berasal dari bahasa Yunani sarkasmós yang diambil dari kata sarkázein. "sark" berarti "daging", dan "asmos" yang berarti "merobek". Jadi secara harfiah, sarkasme berarti "merobek daging".

Dalam bahasa Yunani apa itu sarkas adalah "mencabik daging, menggigit bibir dengan marah, mencibir". Sarkas bisa berarti menggigit bibir dalam kemarahan. Menurut Merriam-Webster, sarkasme "dirancang untuk memotong atau memberi rasa sakit."

Dalam KBBI, sarkas atau sarkasme didefinisikan sebagai kata-kata pedas untuk menyakiti hati orang lain. Ia bisa berupa cemoohan atau ejekan kasar. Menurut Cambridge Dictonary, sarkas berarti penggunaan kata-kata yang jelas-jelas berarti kebalikan dari apa yang mereka katakan. Ia dibuat untuk menyakiti perasaan seseorang atau untuk mengkritik sesuatu dengan cara yang lucu.

3 dari 6 halaman

Apa itu sarkas?

Apa itu sarkas bisa disamakan dengan ironi. Ironi yang dimaksudkan di sini adalah ironi untuk mengejek atau menyampaikan penghinaan. Sarkas berarti pernyataan yang berkebalikan dari apa yang dikatakan. Apa itu sarkas umumnya menunjukkan bahwa pembicara sedang tidak sabar atau menghina.

Sarkas dibuat untuk mengkritik seseorang atau sesuatu dengan cara yang menghibur orang lain, tapi bisa menjengkelkan bagi orang yang dikritik. Sarkas adalah penggunaan ironi yang pedas. Dalam sarkasme, ejekan digunakan dengan kasar, seringkali kasar dan menghina, untuk tujuan yang merusak.

4 dari 6 halaman

Penggunaan sarkas

Apa itu sarkas dapat mengatakan banyak hal yang berbeda tentang karakter. Karakter sarkastik yang paling umum adalah sinis, sedikit pahit, menyendiri, dan mungkin sombong. Sarkasme sering digunakan untuk mengejek atau mengolok-olok orang, baik dengan bercanda maupun dengan sungguh-sungguh.

Sarkas biasanya bergantung pada isyarat verbal kata yang diucapkan (seperti nada suara mengejek untuk efek empati) dan konteks. Seperti halnya sindiran, sarkasme tergantung pada pendengar atau pembaca untuk terlibat dalam lelucon . Sarkas adalah ucapan yang tidak tulus.

Untuk memahami apa itu sarkas, seseorang mengandalkan nada suara pembicara, ekspresi wajah, dan pengetahuan mereka tentang apa yang dimaksud pembicara dan bagaimana perasaan pembicara tentang hal itu. Namun, beberapa orang berjuang untuk memahami sarkasme dan cenderung berpikir pembicara benar-benar berarti apa yang dia katakan.

5 dari 6 halaman

Contoh sarkas

Apa itu sarkas adalah komentar ironis atau satir yang ditempa oleh humor. Berikut contoh kalimat sarkas:

- Oh ya, kamu sangat membantu. Terima kasih banyak untuk semua bantuannya.

Kalimat sarkas ini dikatakan pada seseorang yang tidak melakukan apa-apa untuk membantu. Maksud dari kalimat tersebut adalah ebalikan dari apa yang dikatakan. Ironi verbal tersebut ditambah nada mengejek membuatnya menjadi sarkasme.

- Aku membuat pilihan jenius untuk menjual mobilku tepat sebelum memutuskan untuk pindah rumah

Sarkasme tidak selalu harus kejam atau kejam. Itu juga bisa lucu, menyenangkan. Seperti dalam contoh kalimat di atas, apa itu sarkas bisa berupa mencela diri sendiri. Sekali lagi, ironi verbal ditambah nada suara membuat sarkasme ini.

Contoh lain dari sarkas adalah:

Ketika sesuatu yang buruk terjadi:

“Oh, ini adalah persis apa yang saya butuhkan saat ini!”

Ketika seseorang melakukan sesuatu terlalu lambat:

"Bisakah Anda melakukannya lebih lambat?"

Ketika ada sesuatu yang tidak menarik

“Saya senang bisa berada di sini selama tiga jam ke depan.”

6 dari 6 halaman

Beda sarkas dan satir

Apa itu sarkas kerap disamakan dengan satir. Padahal keduanya merupakan ungkapan yang berbeda. Satir adalah jenis kecerdasan yang dimaksudkan untuk mengejek kejahatan atau kesalahan manusia, seringkali melalui hiperbola, meremehkan, sarkasme, dan ironi. Satir berarti mengolok-olok orang dengan meniru mereka dengan cara yang mengungkapkan kebodohan atau kekurangan mereka.

Satir adalah cara konstruktif untuk memberi tahu orang tentang kesalahan dan kebodohan mereka, sementara sarkasme dapat merusak karena cara penyajiannya. Saat ini, satiris paling sering menggunakan bentuk humor ini untuk mengekspos kesalahan langkah politik atau kekurangan sosial dalam kehidupan sehari-hari, terkadang dengan tujuan untuk menginspirasi perubahan.

Sarkas dan satir menggunakan humor dan kecerdasan untuk membuat pesan mencapai audiens, tetapi satire dapat memiliki audiens yang lebih besar sementara sarkasme sering dilakukan dalam percakapan orang ke orang. Satir sering kali lebih halus dari sarkas. Dalam bentuk tulisannya, satire dapat langsung dikenali sedangkan sarkasme tidak karena terkadang ditampilkan melalui infleksi suara.