Sukses

Niat Banget, Ujian Praktik Nikah Murid SMA Ini Bak Sungguhan

Liputan6.com, Jakarta Bagi para murid yang duduk dibangku sekolah, tentu akan menjalani ujian untuk menilai kemampuan diri. Enggak hanya wajib mengikuti ujian tertulis, pihak guru juga biasanya akan mengadakan ujian praktik.

Ujian satu ini biasanya identik dengan suasana tegang bagi para muridnya. Pasalnya, murid dituntut harus hafal materi pembelajaran sekaligus dipraktikan di depan teman-teman dan juga penguji. 

Namun ujian praktik rupanya tak selamanya menegangkan. Seperti yang dibagikan dalam video di media sosial satu ini. Lewat akun TikTok @kelas.pojok.mipa, sang admin membagikan para murid sedang menjalani ujian praktik nikah.

Uniknya, selama video itu tampak para murid begitu antusias dan niat banget. Bahkan banyak warganet yang mengira itu adalah acara pernikahan sungguhan. Bagaimana tidak, mulai dari dekorasi hingga busana para murid yang berperan sebagai pengantin tak seperti sedang ujian praktik. Sontak video itu pun viral hingga ditonton lebih dari 5 juta views.

2 dari 4 halaman

Bagian dari Ujian Praktik Mata Pelajaran

Dilansir oleh Liputan6.com dari akun TikTok @kelas.pojok.mipa para murid di SMA Muhammadiyah 8 Cerme, Gresik, Jawa Timur ini diketahui sedang melakukan ujian praktik di sekolah. Tidak seperti ujian praktik biasa, mereka diminta untuk membuat rangkaian acara pernikahan. 

Ujian praktik ini merupakan gabungan dari beberapa mata pelajaran yakni pelajaran Ekonomi, Seni Budaya, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Kecantikan, Tata Boga dan lainnya. Uniknya rangkaian ujian praktik itu tampak niat dan justru bikin warganet terkesan.

Sepanjang video itu tampak para murid yang berperan sebagai pengantin, tim WO, sampai para tamu undangan terlihat bak sungguhan. Bahkan mereka juga mendekorasi ruangan seperti pelaminan pada umumnya.

3 dari 4 halaman

Proses Lamaran sampai Nikah

Mulanya, murid-murid ini mengadakan acara lamaran yang diawali dengan masuknya mobil beserta rangkaian bunga di bagian depan ke halaman sekolah. Terlihat dua siswa yang berperan sebagai pengantin pun dijemput oleh murid lain yang berpakaian serba hitam.

Kedua mempelai itu kompak mengenakan pakaian berwarna emas dan berjalan ke arah pelaminan berhias bunga yang bertuliskan 'Ana Hafidz'. Seperti prosesi pernikahan pada umumnya, kedua mempelai melempar buket bunga ke arah para tamu yang memakai kebaya dan batik. 

4 dari 4 halaman

Ada Tim Fotografer dan Prasmanan

Selain usai prosesi pelemparan buket, tampak mempelai juga melakukan sesi pemotretan. Mereka menunjukkan sesi foto yang dilakukan oleh tim dokumentasi di depan pelaminan.

Tak tanggung-tanggung, ujian praktik ini juga menyiapkan prasmanan yang terdiri dari buah-buahan, kue pasar, aneka minuman, serta lainnya untuk para tamu saat menunggu acara pernikahan hingga selesai.

Ada MC hingga penampilan penyanyi seperti acara sungguhan, enggak heran jika warganet banyak yang terkecoh. Sebagian besar memuji niat dan mengapresiasi para murid untuk ujian praktik ini. 

Diunggah pada Rabu (12/1/2022) lalu, hingga kini video tersebut sudah ditonton lebih dari 5,7 juta views. Bahkan video keduanya juga ramai ditonton sampai 1,6 juta kali.

@kelas.pojok.mipa

uprak wedding #fyp

♬ suara asli - pojokmipa.m8 - pojokmipa.m8