Sukses

Pengertian Pencak Silat, Sejarah dan Alirannya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian Pencak Silat merupakan jenis bela diri asli Indonesia. Pencak Silat adalah salah satu ilmu bela diri yang sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara. Pengertian Pencak Silat memiliki sejarah panjang sebagai budaya bela diri di Indonesia.

Bagi kamu yang sedang mendalami seni bela diri, penting mengetahui pengertian Pencak Silat. Dengan memahami pengertian Pencak Silat, kamu dapat mengetahui prinsip dan tujuan ilmu bela diri ini. Pengertian Pencak Silat menggunakan unsur mental dan spiritual dalam seni bela dirinya.

Kini Pencak Silat menjadi cabang olahraga yang punya banyak peminat di berbagai negara. Pengertian Pencak Silat bisa menjadi pengetahuan tentang olahraga khas Indonesia. Berikut pengertian Pencak Silat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (15/1/2022).

2 dari 5 halaman

Pengertian Pencak Silat

Pengertian Pencak Silat adalah sebuah seni bela diri tradisional yang berasal dari Nusantara. Pencak Silat dikenal luas di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, dan Thailand. Pencak Silat memiliki sejarah panjang dalam seni bela diri di Indonesia.

Pencak Silat adalah seni bela diri yang memperhatikan aspek mental dan spiritual. Pencak Silat menjadi bentuk budaya masyarakat Indonesia untuk mempertahankan diri. Di negara-negara Asia Tenggara, Pencak Silat dikenal dengan nama Silat.

Di Indonesia, tiap daerah memiliki ciri khas Pencak Silatnya sendiri. Musalnya, di Jawa Barat, dikenal dengan aliran Pencak Silat Cimade dan Cikalong, di Jawa Tengah terkenal dengan aliran Merpati Putih dan Jawa Timur terkenal dengan aliran Perisai Diri.

Pencak berarti gerak dasar bela diri. Sementara silat berarti gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian suci untuk keselamatan diri dari bersama.

3 dari 5 halaman

Sejarah Pencak Silat

Mengutip artikel dalam Prosiding SENASBASA berjudul Pencak Silat Sebagai Hasil Budaya Indonesia yang Mendunia, Pencak Silat bermula dari cara nenek moyang bangsa Indonesia mempertahankan dan melindungi diri dari tantangan alam. Mereka menciptakan gerakan yang menirukan binatang seperti kera, harimau, ular, dan elang.

Menurut peneliti silat Donald F. Draeger, sejarah Pencak Silat bisa dilihat dari artefak senjata pada masa klasik Hindu-Budha. Pencak Silat juga ditemukan pada pahatan relief berupa sikap kuda silat di Candi Prambanan dan Borobudur. Seni Pencak Silat juga mendapat pengaruh dari budaya Tiongkok dan India.

Ilmu bela diri sudah digunakan sejak zaman kerajaan Nusantara seperti Sriwijaya, dan Majapahit. Pada masa ini, pendekar dan prajurit telah memiliki kemampuan bela diri yang dapat diandalkan. Perkembangan Pencak Silat mulai tercatat kerika penyebarannya dipengaruhi oleh penyebaran agama Islam di abad ke-14.

Pada masa itu, Pencak Silat diajarkan bersama pelajaran agama di surau atau pesantren. Pencak Silat dijadikan sebagai bagian dari latihan spiritual.

Di masa penjajahan Belanda, Pencak Silat sempat dilarang. Ini karena Pencak Silat dianggap sebagai ancaman perlawanan terhadap kolonial. Baru sejak zaman penjajahan Jepang, Pencak Silat kembali dibangkitkan. Alasan dibangkitkan kembali Pencak Silat adalah tak lain untuk mengobarkan semangat pertahanan terhadap sekutu.

Di masa kemerdekaan, Pencak Silat makin berkembang dengan didirikannya Ikatan Pencak Silat Indonesia. Hingga saat ini, Pencak Silat menjadi cabang bela diri dengan banyak peminat. Pencak Silat juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia pada 2019. Pencak Silat dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) dan SEAGAMES sejak 1987.

4 dari 5 halaman

Aliran Pencak Silat

Perisai diri

Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri atau dikenal sebagai Kelatnas Indonesia Perisai Diri merupakan organisasi bela diri Pencak Silat yang berasal dari Jawa Timur. Kelatnas Indonesia Perisai Diri merupakan salah satu dari 10 perguruan Pencak Silat yang mendapatkan predikat Perguruan Historis Pencak Silat.

Perisai diri memiliki teknik bela diri yang digali dari kungfu Shaolin dan 156 aliran silat Indonesia lainnya. Hal ini yang menjadikan ilmu silat Perisai Diri mempunyai sifat unik, tidak ada kemiripan dengan silat yang lain.

Merpati putih

Merpati putih merupakan salah satu Perguruan Pencak Silat BEla diri TAngan KOsong (PPS Betako). Merpati Putih merupakan singkatan dari Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang berarti "Mencari sampai mendapat Kebenaran dengan Ketenangan". Ini menjadi harapan bagi tiap anggota Merpati Putih dapat menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya.

Merpati putih (MP) merupakan warisan budaya peninggalan nenek moyang Indonesia yang pada awalnya merupakan ilmu keluarga Keraton. Awalnya, aliran ini dimiliki oleh Sunan Amangkurat I. Seni ini kemudian diwariskan secara turun-temurun yang pada akhirnya atas wasiat Sang Guru ilmu Merpati Putih diperkenankan dan disebarluaskan dengan maksud untuk ditumbuhkembangkan agar berguna bagi negara.

5 dari 5 halaman

Aliran Pencak Silat

Tapak Suci

Tapak Suci merupakan perguruan seni bela diri milik Muhammadiyah. Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI. apak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur'an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan. Aliran Tapak Suci adalah keilmuan Pencak Silat yang berlandaskan Al Islam, bersih dari syirik dan menyesatkan, dengan sikap mental dan gerak langkah yang merupakan tindak tanduk kesucian dan mengutamakan Iman dan Akhlak, serta berakar pada aliran Banjaran-Kauman, yang kemudian dikembangkan dengan metodis dan dinamis.

Cimande

Silat Cimande adalah salah satu aliran Pencak Silat tertua yang telah melahirkan berbagai perguruan silat di Indonesia bahkan di luar negeri. Pencak Silat Cimande adalah seni budaya bela diri yang mengandung nilai-nilai, norma-norma maupun perilaku yang di junjung tinggi dan diwariskan dari leluhur Cimande.