Sukses

Dihubungkan dengan Mitos, Seni Instalasi Balkon Puluhan Boneka Ini Bikin Merinding

Penampakan balkon boneka seram ini bikin merinding.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, boneka arwah atau spirit doll tengah ramai menjadi perbincangan. Munculnya tren tersebut pun menuai beragam kontra dari publik. Namun tak berlangsung lama, tren tersebut kini sudah tak lagi jadi perbincangan.

Jadi tren yang bikin gempar, rupanya seseorang yang mempunyai boneka arwah atau spirit doll bukan merupakan tren baru. Jika dihubungkan dengan sejarah dan masa lalu, seseorang yang memelihara boneka arwah atau spirit doll sudah lama terjadi.

Salah satunya seperti boneka arwah yang terkenal adalah boneka arwah Annabelle yang terkunci di museum sejak 1970. Kisah boneka Annabelle bermula pada 1970 ketika boneka jenis Raggedy Ann Doll yang terbuat dari kain dimiliki oleh gadis dari sekolah keperawatan bernama Donna. Pada awalnya, tidak menunjukkan gelagat aneh. Namun perlahan, boneka itu mulai menunjukkan keanehan.

Tidak hanya boneka arwah Annabelle, kumpulan boneka arwah yang bikin merinding juga ada di Venezuela. The Balcony of the Dolls adalah tengara menakutkan di Caracas tengah, ibu kota Venezuela. Ini terdiri dari balkon besar yang dilapisi dengan kepala boneka tua yang tampaknya mengikuti orang dengan mata mereka saat mereka lewat.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Odditycentral tentang balkon boneka arwah di Venezuela yang bikin merinding, Sabtu (15/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita Balkon Boneka di Caracas

Setiap bangunan tentunya punya sejarah dibalik pembangunannya, salah satunya adalah balkon boneka di Caracas. Melihat kumpulan boneka menyeramkan dalam satu tempat tentunya akan membuat bulu kuduk berdiri. Namun hadirnya tempat menyeramkann tersebut awalnya bukan tanpa alasan, artinya ada cerita yang melatabelakangi terbentuknya.

Cerita dan legenda urban tentang balkon menyeramkan telah beredar di Caracas selama bertahun-tahun. Namun kenyataannya, tidak ada yang mengerikan atau menakutkan di baliknya.

Menurut RT, melansir dari Boredpanda, balkon adalah ciptaan seniman visual lokal Etanís González, yang memiliki rumah dan telah mengubah sebagian menjadi museum. Balkon hanyalah salah satu dari banyak instalasi seninya.

Menurut putra Mr. Gonzalez, Jonathan, instalasi menyeramkan itu terinspirasi oleh persahabatan yang dibangun keluarga mereka dengan Mr. Jesús Poleo, seorang pengemudi Caracas yang memiliki truk berhias boneka.

Sang ayah membutuhkan waktu 3 tahun untuk menyelesaikannya instalasi tersebut dan bermula saat dia menempelkan setiap kepala boneka dengan tangan, satu per satu, dengan sangat hati-hati.

3 dari 4 halaman

Sempat Kontroversial

Adanya The Balcony of the Dolls atau balkon kumpulan boneka arwah tersebut tentunya akan menimbulkan kontra di masyarakat. Hadirnya balkon boneka di Caracas, Venezuela ini pun jadi kontroversial.

Balcony of the Dolls, sangat kontroversial di lingkungan sekitar, beberapa tetangga sekitar kediaman Gonzalez pun mencoba mengumpulkan tanda tangan dalam upaya memaksa keluarga untuk menurunkan kepala boneka itu.

Beberapa orang mengira Balcony of the Dolls adalah simbol setan. Semntara yang lain berpendapat bahwa boneka itu adalah bayi yang sebenarnya Namun, seiring dengan berjalannya waktu, semuanya menjadi tenang, dan sekarang orang telah menerima balkon sebagai tengara lokal.

4 dari 4 halaman

Mitos

Hadirnya instalasi artistik Etanís González membuat banyak orang curiga bahwa orang-orang inilah yang memulai desas-desus tentang keluarga yang melakukan ilmu hitam di rumah.

Jika dihubungan dengan mitos, salah satu mitos paling populer tentang atraksi unik ini adalah bahwa itu adalah rumah seorang lelaki tua bungkuk yang keluar tengah malam untuk mencuri boneka para gadis saat mereka tidur. Kisah seperti inilah yang membuat banyak orang menghindari rumah Gonzalez di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.