Sukses

6 Artis Mendapat Gelar Adat Minang Usai Menikah, Ada Rizky Billar dan Vidi Aldiano

Deretan artis yang menyandang gelar adat Minang usai menikah.

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan menjadi momen sakral yang selalu dinantikan oleh setiap calon pasangan. Momen ini selalu dirayakan untuk dikenang di kemudian hari. Seperti momen pernikahan para artis yang menjadi sorotan masyarakat Tanah Air. Uniknya setelah resmi menjadi pasangan suami istri, beberapa artis ini kemudian menyandang gelar kehormatan. Salah satunya vokalis Vidi Aldiano yang punya gelar Adat Minang. 

Suku Minangkabau memang terkenal dengan ritual pernikahan yang teramat sakral. Salah satu contohnya pemberian gelar kehormatan kepada pengantin pria. Pengantin pria akan diberi gelar adat dari tetua atau Ninik Mamak. Sebagaimana dalam petuah adat Minang "Ketek banamo, gadang bagal." Artinya seorang laki-laki dipanggil dengan namanya semasa kecil, namun setelah dewasa dan menikah ia akan dipanggil dengan gelar yang didapatkannya.

Sebagai artis keturunan Minangkabau, para artis ini secara langsung mendapat gelar tersebut. Gelar adat setiap orang berbeda-beda, seperti Rizky Billar yang menyandang Paduko Rajo. Lain halnya dengan Vidi Aldiano yang punya gelar Sutan Sari Alam dari Adat Minang. 

Tak hanya Rizky Billar dan Vidi Aldiano, masih ada beberapa artis Tanah Air Lain yang kini punya gelar adat Minangkabau. Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (17/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1.Vidi Aldiano tengah berbahagia bersama Sheila Dara Aisha, Vidi Aldiano diberi gelar Sutan Sari Alam oleh ninik mamaknya yang dituakan dalam keluarga.

3 dari 7 halaman

2. Nikita Willy yang berdarah Minang kini sedang menanti buah hatinya atas pernikahannya dengan Indra Priawan, oleh karenanya Indra Priawan mendapat gelar Sutan Pangeran.

4 dari 7 halaman

3. Rizky Billar kini punya gelar adat minang Paduko Rajo, yang kini tengah merayakan kebahagiaan atas lahirnya baby Leslar bersama Lesti Kejora.

5 dari 7 halaman

4. Tahun 2013 Natasha Rizky yang berdarah Minang menikahi Desta Mahendra, hal ini membuat sang suami dianugerahi gelar adat Sutan Batuah.

6 dari 7 halaman

5. Dude Harlino punya darah Minang yang pada 2014 mendapat gelar Paduko Alam setelah menikah dengan Alyssa Soebandono.

7 dari 7 halaman

6. Pada 2016 Dimas Aditya mendapat gelar Adat Minang Sutan Marajo setelah menikah dengan Tika Bravani yang berasal dari keluarga Minangkabau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.