Sukses

6 Potret Istana Nurul Iman Milik Kerajaan Brunei Terbesar di Dunia, Ada 1.788 Kamar

Liputan6.com, Jakarta Bentuk pemerintahan monarki merupakan bentuk pemerintahan yang hingga kini masih diterapkan di beberapa negara. Salah satunya yakni negara di Asia Tenggara, Brunei Darussalam.

Dipimpin oleh seorang raja, biasanya ia dan keluarganya, termasuk pelayan-pelayan akan tinggal di sebuah istana. Menjadi tempat tinggal dan pusat pemerintahan, tidak heran jika istana Brunei yakni Istana Nurul Iman dibangun megah. 

Istana ini dibangun pada 1984 silam. Leandro V Locsin adalah arsitek asal Filipina yang emrancang bangunan tersebut. Sementara interiornya didesain oleh desainer Inggris, Khuan Chew.

Di dalam istana terdapat 1.788 kamar yang termasuk di dalamnya 257 kamar mandi. Ruang perjamuannya begitu luas dan dapat menampung hingga 5.000 tamu. Istana ini juga terdapat 44 tangga dan juga 18 lift.

Berikut ini 6 potret megahnya Istana Nurul Iman yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (17/1/2022).

2 dari 7 halaman

1. Dibangun pada tahun 80-an, Istana Nurul Iman masih berfungsi sebagai pusat pemerintahan hingga kini.

3 dari 7 halaman

2. Istana Sultan Brunei yang ditinggali Sultan Hassanal Bolkiah bahkan memecahkan rekor sebagai rumah terbesar di dunia.

4 dari 7 halaman

3. Saking luasnya, Istana Sultan Brunei ini disebut-sebut lebih megah dibanding Buckingham Pallace di Inggris.

5 dari 7 halaman

4. Istana Sultan Brunei ini juga bisa menampung hingga 110 mobil. Potret garasinya sempat beredar di media sosial yang tampak deretan mobil mewah.

6 dari 7 halaman

5. Setidaknya ada lima kolam renang berukuran besar yang menjadi fasilitas mewah Istana Sultan Brunei ini.

7 dari 7 halaman

6. Di dalam istana terdapat 1.788 kamar tidur. Beginilah salah satu penampakan kamar tidur di istana terbesar di dunia itu.