Sukses

Ditinggal Calon Suami, Wanita Ini Tetap Gelar Acara Nikah Demi Nama Baik Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita pasti ingin menikah dengan pria pilihan hatinya. Maka tak heran jika impian hampir kebanyakan wanita adalah menemukan sosok pria yang bisa menjadi pemimpinnya dalam membina rumah tangga.

Sebelum naik ke pelaminan, tentu banyak persiapan yang perlu dilakukan. Mulai dari konsep acara pernikahan hingga tamu undangan serta dekorasi lokasi. menikah memang bukan hanya melibatkan dua orang saja namun juga keluarga besar dari masing-masing pengantin.

Apalagi jika pernikahan mengusung konsep adat. Persiapannya bukan hanya acara ijab kabul saja namun juga tak jarang rangakian prosesi adat sesuai yang dianut pasangan. Namun pernikahan yang harusnya menjadi momen bahagia seumur hidup itu tak dirasakan oleh wanita satu ini.

Ia ditinggal calon suaminya jelang pernikahan, tepatnya H-2. Tak ingin membuat nama baik keluarga teroreng, ia pun akhirnya tetap gelar acara tersebut meski tanpa suami. Sontak video yang beredar di media sosial ini ramai dan viral.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menikah Tanpa Suami

Dilansir dari akun TikTok @ittauruss05 oleh Liputan6.com mengunggah video yang memperlihatkan sebuah upacara pernikahan dengan mengusung adat Bali. Video itu viral lantaran tampak perempuan Bali itu menikah tanpa adanya pengantin pria.

"Terpaksa harus menikah tanpa seorang suami," tulis pemilik akun dikutip pada Selasa (18/1/2022).

Terlihat beberapa cuplikan video tersebut seorang mempelai wanita telah berdandan cantik melakukan berbagai prosesi seorang diri. Wanita yang diketahui dari Pulau Bali bernama Melina itu kemudian mulai menceritakan awal mula pernikahan langka itu terlaksana. Pria yang seharusnya menjadi mempelai di upacara adat nyentana itu rupanya membatalkannya dua hari sebelum acara.

3 dari 4 halaman

Calon Suami Batalkan H-2

Adat nyentana merupakan istilah perkawinan Bali di mana perempuan yang meminang laki-laki dan upacara perkawinannya dilaksanakan di rumah perempuan.

"Dari awal pacaran hingga akhirnya mau menikah dia tetap berkomitmen untuk yang namanya nyentana. Tapi setelah H-2 acara tiba tiba keluarganya datang untuk menyampaikan perkataannya berubah tidak mau nyentana," cerita Melina.

Demi menjaga nama baik keluarga, ia tetap menggelar proses adat nyentana tersebut. Keluarganya mengaku tak mengetahui alasan pasti Melina tetap meneruskanya. 

"Kenapa harus sudah mempersiapkan semuanya baru menyatakan diri tidak mau nyentana, sedangkan dari awal sampai yang namanya sudah mempersiapkan prosesi pernikahan sudah berjalan. Dan terpaksa menikah tanpa suami demi keluarga yang sangat baik dan teman yang selalu mensuport," pungkasnya. Ia berharap video itu bisa memberikan pembelajaran bagi banyak orang untuk bertanggung jawab.

4 dari 4 halaman

Netizen Ikut Kesal

Melihat momen itu, sejumlah netizen ungkap rasa kesal dan sangat menyayangkan sekali keputusan yang oleh pihak keluarga sang calon mempelai pria. Video yang diunggah pada Minggu (16/1/2022) sudah ditonton sebanyak 1,7 juta views dan banyak dikomentari.

"Sekarang ditinggal gak mau tanggungjawab jangan nyesel kau yang udah ninggalin di kemudian hari tetap semangat ya kamu cantik tetap yakin karma itu ada," tulis netizen.

"Kalau memang tidak mau nyentane kenapa gak bilang dari awal, kasihan loh keluarga sang istri sudah siapin semua perlengkapan upacaranya," sambung lainnya.

"semangat kak sma aku juga pejuang sentane" imbuh lainnya.

@ittauruss05

semangat pejuang sentana🙏🙂

♬ suara asli - devi_ - devi_

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS