Sukses

Kreatif, Pria Ini Untung Ratusan Ribu Hasil Jual Kertas Revisi Skripsi yang Menumpuk

Hasil perjuangan akan terasa lebih bermanfaat ketika bisa diubah menjadi uang.

Liputan6.com, Jakarta Demi meraih gelar sarjana, seorang mahasiswa tentu harus mengerjakan karya tulis ilmiah yang sering disebut dengan skripsi. Tidak mudah untuk menyelesaikan sebuah skripsi, mahasiswa yang bersangkutan harus melewati beberapa revisi dari dosen pembimbingnya. Revisi itu bahkan datang tak hanya sekali, namun bisa sampai berulang kali. 

Hal itu membuat kertas revisian semakin banyak dan kian menumpuk. Setelah skripsi jadi dan mahasiswa dinyatakan lulus, kertas revisian itu akan terbengkalai dan tidak terpakai. Melihat tumpukan itu, ide cemerlang tercetus dari pemilik akun TikTok @sesimpeltu. Dalam video yang diunggahnya, ia menjual semua kertas revisian tersebut.

"Uang hasil nguli SKRIPSI," tulis pemilik akun, seperti dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @sesimpeltu pada Selasa (18/1/2022).

Dalam videonya, pemuda itu membawa semua lembaran revisian skripsinya ke tukang loak atau pengepul barang bekas. Tidak disangka, ternyata terkumpul tiga kresek penuh dan ia menghasilkan ratusan ribu dari hasil menjual kertas revisinya tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petik manfaat dengan dapat untung

Kertas revisi yang tidak terpakai itu sebelumnya memang memakan biaya pada saat si mahasiswa mencetak hasil skripsinya untuk diberikan kepada dosen. Hal itu juga yang mencetuskan sebuah ide untuk mengumpulkan tumpukan kertas revisian tersebut dan menjualnya ke tempat pengepul barang bekas.

Pria tersebut membawa tumpukan revisi skripsinya menggunakan motor. Ada tiga kresek dengan warna merah, kuning, dan bening. Pemuda bertopi itu lalu mengeluarkan lembar demi lembar revisi skripsinya dan meletakkannya ke timbangan. 

Tidak disangka, sang pria berjaket merah maroon itu mendapatkan uang Rp 102.000 hasil menjual tumpukan kertas revisi skripsinya. Berdasarkan keterangan dalam video, peristiwa itu terekam di kota Malang, Jawa Timur.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Hingga saat ini, video tersebut sudah ditonton hingga 490,4 ribu di TikTok dan mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Tak sedikit yang ingin mencoba cara yang dilakukan oleh pria tersebut. Ada pula yang menceritakan nasib lain dari kertas revisinya.

"Alhamdulillah revisinya bermanfaat ya bang, masih bisa balik modal," tulis akun @fi***32.

"Aku dibakar dan dibuang sebagian," ujar akun @me***7.

"Ada hikmahnya lu revisi bang," tulis akun @cl***0.

"Generasi Covid bimbingan cuma ngirim PDF, padahal dah beli printer buat persiapan skripsi," tulis akun @ca***ae.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.