Sukses

15 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan, Konsumsi dengan Tepat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan. Kopi merupakan minuman andalan untuk membuat tubuh tetap berenergi dan terjaga. Para peneliti telah melihat manfaat minum kopi untuk mencegah penyakit tertentu.

Manfaat minum kopi didapat berkat kandungan kafeinnya. Ada sekitar 80 hingga 100 miligram kafein dalam secangkir kopi 8 ons. Selain itu, kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan antioksidan. Manfaat minum kopi bisa membuat tubuh merasa berenergi dan waspada.

Minum kopi mungkin dikaitkan dengan efek kesehatan tertentu seperti GERD, tekanan darah tinggi, atau kecemasan. Tapi, jika dikonsumsi sewajarnya, manfaat minum kopi bisa didapat. Banyak sumber merekomendasikan 400 mg kafein per hari sebagai batas atas yang aman untuk orang dewasa yang sehat.

Manfaat minum kopi untuk kesehatan dikaitkan dengan perlindungan terhadap diabetes, penyakit hati, jantung, stroke, dan kanker. Berikut manfaat minum kopi untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(19/01/2022).

2 dari 8 halaman

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Tingkatkan energi

Kopi mengandung kafein. Ia merupakan stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi. Melansir Healthline, kafein memblokir reseptor neurotransmiter yang disebut adenosin, dan ini meningkatkan kadar neurotransmiter lain di otak yang mengatur tingkat energi termasuk dopamin. Ini membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan energi.

Bantu lebih fokus

Manfaat minum kopi dapat membantu tingkat fokus dan kewaspadaan. Kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan ringan untuk sistem saraf pusat. Kafein dapat membantu meningkatkan kinerja mental, terutama pada kewaspadaan, perhatian, dan konsentrasi.

3 dari 8 halaman

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Turunkan risiko diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Hal ini diduga karena kemampuan kopi untuk mempertahankan fungsi sel beta di pankreas. Sel ini bertanggung jawab untuk memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Kopi juga kaya akan antioksidan dan dapat memengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme.

Dukung kesehatan otak

Melansir Healthline, manfaat minum kopi dapat melindungi otak. beberapa Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi moderat dapat dikaitkan dengan risiko demensia dan penurunan kognitif yang lebih rendah.

4 dari 8 halaman

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Kontrol berat badan

Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya bermanfaat untuk manajemen berat badan. Satu studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih cenderung aktif secara fisik.

Lindungi hati

Manfaat minum kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit. Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari jaringan parut hati dan kanker hati pada orang dengan penyakit hati. Minum satu cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko 15% lebih rendah, sementara minum empat cangkir per hari dikaitkan dengan risiko 71% lebih rendah. Menurut Hopkinsmedicine, penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi lebih mungkin memiliki kadar enzim hati dalam kisaran yang sehat daripada orang yang tidak minum kopi.

5 dari 8 halaman

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Dukung kesehatan jantung

Manfaat minum kopi juga dapat memengaruhi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung. Namun, perlu diingat bahwa kafein dapat mempengaruhi tingkat tekanan darah. Orang dengan tekanan darah yang tidak terkontrol mungkin perlu membatasi konsumsi kopi.

Tingkatkan kinerja atletik

Kopi sering digunakan sebagai bantuan ergogenik oleh para atlet yang ingin meningkatkan kinerja dan meningkatkan tingkat energi. Satu tinjauan dari sembilan penelitian melaporkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga meningkatkan daya tahan orang dan mengurangi pengerahan tenaga yang dirasakan, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

6 dari 8 halaman

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Turunkan risiko depresi

Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko Depresi yang lebih rendah. Menurut satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8% lebih rendah. Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian akibat bunuh diri yang lebih rendah.

Membantu mengatur emosi

Sebuah studi percontohan kecil melaporkan bahwa kopi berkafein memiliki efek positif yang lebih kuat pada suasana hati dan proses perhatian tingkat tinggi daripada kopi tanpa kafein. Menariknya, penulis menemukan bahwa kopi tanpa kafein juga dapat meningkatkan mood dan kinerja. Kafein dapat meningkatkan mood dan membantu orang merasa lebih produktif.

7 dari 8 halaman

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Menurunkan risiko kematian

Kopi dapat membantu memperpanjang umur, berkat banyak potensi manfaat minum kopi. Misalnya, satu ulasan dari 40 penelitian menyimpulkan bahwa minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor-faktor seperti usia, status berat badan, dan konsumsi alkohol. Namun, lebih banyak penelitian masih diperlukan.

Turunkan risiko kanker usus besar

Menurut Hopkinsmedicine, para peneliti menemukan bahwa peminum kopi – tanpa kafein atau biasa – 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker kolorektal. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2016 di Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention mengamati konsumsi kopi di lebih dari 9.000 orang di Israel. Temuan menunjukkan bahwa minum satu sampai dua cangkir kopi sehari dikaitkan dengan kemungkinan 26% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

8 dari 8 halaman

Manfaat minum kopi untuk kesehatan

Cegah parkinson

Melansir Hopkinsmedicine, manfaat minum kopi tidak hanya terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit Parkinson, tetapi juga dapat membantu mereka yang memiliki kondisi tersebut untuk mengontrol gerakan mereka dengan lebih baik.

Cegah stroke

Minum setidaknya satu cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan risiko stroke. Orang yang minum kopi secara teratur lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat stroke, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan banyak lagi.

Turunkan risiko kanker

Kafein memiliki sifat antikarsinogenik dan dapat membantu melindungi dari kanker tertentu, termasuk kanker usus besar, mulut, prostat, payudara, dan kulit. Melansir Stylecraze, kafein mengandung antioksidan, anti-mutagen, dan diterpen, yang juga dapat mengurangi risiko kanker mulut. Ini memiliki sifat antiproliferatif dan antimetastatik yang membantu menghambat pertumbuhan garis sel kanker prostat. Selain itu, aktivitas kemoprotektif kafein mengurangi risiko kanker kulit nonmelanoma.