Sukses

16 Penyebab Ketiak Hitam, dari Kebiasaan sampai Tanda Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ketiak hitam bisa dipicu berbagai faktor. Ketiak hitam seringkali membuat tidak percaya diri. Penyebab ketiak hitam sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Tapi, banyak orang cukup terganggu padanya.

Penyebab ketiak hitam terjadi ketika pigmen kulit di area ketiak berkembang secara berlebihan. Penyebab ketiak hitam dapat terjadi sebagai akibat dari faktor kebersihan, kebiasaan mencukur, atau paparan bahan kimia.

Dalam kasus tertentu, penyebab ketiak hitam terjadi karena kondisi kesehatan tertentu. Mengetahui penyebab ketiak hitam dapat membantu mengatasinya. Berikut penyebab ketiak hitam, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(19/01/2022).

2 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam

Penggunaan deodoran

Produk ketiak harian seperti deodoran atau antiperspiran mungkin tanpa disadari menjadi penyebab ketiak hitam. Beberapa deodoran dan antiperspiran menggunakan bahan-bahan tertentu yang dapat mengiritasi kulit seperti wewangian dan alkohol. Bahan ini tidak baik untuk kulit sensitif.

Bercukur

mencukur terlalu keras atau tanpa menggunakan pelumas dapat menyebabkan luka kecil dan ringan yang melukai kulit di ketiak. Bercukur dapat menyebabkan iritasi dan abrasi kulit. Mencukur atau mencabut bulu ketiak terlalu sering dapat menyebabkan ketiak gelap. Selalu gunakan sabun atau busa cukur sebelum bercukur. Menggunakan pelembap juga dapat membantu mengurangi iritasi ketiak.

3 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam

Penumpukan sel kulit mati

Penumpukan sel kulit mati pada ketiak bisa terjadi jika jarang dieksfoliasi. Ini dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang tertinggal di antara ketiak. Selain membuat kulit terlihat kusam, sel-sel kulit mati juga membuat kulit memproduksi lebih banyak pigmentasi, yang menyebabkan ketiak menjadi gelap.

Gesekan pakaian ketat

Ketiak serta selangkangan, siku, dan lutut mengalami banyak gesekan. Mengenakan pakaian ketat hanya memperburuk masalah. Gesekan tersebut menumpuk keringat dan akhirnya membuat ketiak lebih gelap. Hindari mengenakan pakaian ketat atau yang terbuat dari kain sintetis, karena akan menyebabkan gesekan yang berlebihan.

4 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam

Merokok

Merokok bisa menyebabkan hiperpigmentasi, salah satunya pada ketiak. Bercak gelap muncul di area seperti ketiak selama merokok terus berlanjut. Merokok dan minum alkohol mempercepat penuaan kulit dan dapat menyebabkan penipisan kulit. Ini juga menjadi penyebab ketiak hitam.

Krim penghilang rambut

Krim penghilang rambut cenderung menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dengan cara yang halus. Ttetapi penghilang rambut ini mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ketiak menjadi gelap.

5 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam

Keringat berlebihan

Keringat berlebihan dan ventilasi ketiak yang buruk, juga merupakan salah satu penyebab ketiak hitam. Ketiak adalah area dengan ventilasi paling sedikit di tubuh bagian atas. Mengenakan pakaian ketat dapat membuat kulit tidak bisa bernapas, yang akhirnya membuat ketiak menjadi gelap.

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri yang dikenal sebagai eritrasma bisa menjadi penyebab ketiak hitam. Eritrasma adalah infeksi bakteri yang menyerang kulit. Ia biasanya muncul di area lipatan kulit. Eritrasma lebih sering terlihat di iklim hangat atau lembab, dan biasanya disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum. Infeksi mulai muncul sebagai bercak merah muda dan kemudian berubah menjadi sisik coklat. Eritrasma cenderung menjadi kondisi kulit kronis atau jangka panjang.

6 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam

Melasma

Melasma juga bisa jadi penyebab ketiak hitam. Kondisi ini menyebabkan bercak gelap dan perubahan warna pada kulit. Melasma sering ditemukan pada wanita hamil. Melasma juga ditemukan pada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral dan mereka yang menjalani terapi penggantian hormon.

Obesitas

Orang yang mengalami obesitas lebih cenderung melihat kulit gelap di ketiak dan area tubuh lainnya. Membawa beban ekstra membuat tubuh lebih tahan terhadap efek insulin. Hormon ini membantu mengatur gula darah. Tingkat insulin yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan peningkatan produksi sel pigmen kulit.

7 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam karena penyakit tertentu

Resistensi insulin

Penyebab ketiak hitam bisa terjadi karena kondisi diabetes. Resistensi insulin berarti tubuh menjadi kurang sensitif terhadap efek insulin. Resistensi insulin menjadi penyebab dari diabetes. Ketiak gelap sering merupakan gejala akantosis nigrikans. Gangguan kulit ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kondisi medis yang mendasarinya, seperti diabetes atau obesitas.

Gangguan hormonal

Orang dengan tiroid kurang aktif, sindrom ovarium polikistik (PCOS), atau gangguan hormonal lainnya lebih mungkin untuk mengalami ketiak hitam. Perlu diingat bahwa ketiak gelap yang dipicu oleh fluktuasi hormonal dapat memudar dan berkurang atau hilang seiring waktu. Perubahan warna ketiak yang gelap juga hanya bisa menjadi salah satu gejala ketidakseimbangan hormon.

8 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam

Genetika

Penyebab ketiak hitam juga bisa diturunkan. Orang yang memiliki kulit lebih gelap lebih mungkin untuk memiliki penggelapan di ketiak. Ketiak gelap terkadang diwariskan dalam keluarga, Seseorang lebih mungkin memiliki ketiak gelap jika memiliki orang tua, saudara kandung, atau kerabat dekat lainnya dengan kondisi tersebut.

Penggunaan obat

Beberapa obat, termasuk niasin dosis tinggi, pil KB, dan kortikosteroid, dapat menyebabkan ketiak gelap. Obat-obatan tertentu meningkatkan kadar insulin. Ini dapat menyebabkan ketiak menjadi gelap.

9 dari 9 halaman

Penyebab ketiak hitam

Kanker

Penyebab ketiak hitam selanjutnya ini tergoling cukup jarang. Dalam kasus yang sangat langka, penggelapan kulit secara tiba-tiba bisa menjadi tanda kanker. Ini bisa menjadi tanda kanker perut, hati, atau usus besar. Tumor ini meningkatkan kadar faktor pertumbuhan yang merangsang sel pigmen kulit.

Penyakit Addison

Penyakit Addison adalah suatu kondisi medis di mana kelenjar adrenal tidak menghasilkan jumlah hormon yang dibutuhkan seperti glukokortikoid dan mineralokortikoid. Penyakit Addison menyebabkan hiperpigmentasi yang mengakibatkan penggelapan kulit yang belum terkena sinar matahari seperti ketiak. Ciri khas penyakit Addison autoimun adalah area kulit yang gelap secara abnormal (hiperpigmentasi), terutama di daerah yang mengalami banyak gesekan, seperti ketiak, siku, buku-buku jari, dan lipatan telapak tangan.