Sukses

5 NFT Termahal Sepanjang 2021, Ada yang Harganya Capai Rp 1,3 Triliun

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu terakhir, NFT (Non-Fungible Token) memang ramai diperbincangkan publik. NFT sendiri merupakan teknologi kripto semacam sertifikat digital untuk menyatakan kepemilikan karya. Mulai dari foto, video, atau karya lain dalam bentuk virtual.

Aset-aset dalam NFT ini akan tercatat dalam blockchain. NFT pun tidak bisa direplikasi atau diduplikasi tapi bisa diperjualbelikan. Di Indonesia sendiri, tren soal NFT ini salah satunya berasal dari kisah Ghozali.

Pria asal Semarang ini bikin heboh setelah meraup miliaran rupiah dari menjual NFT Ghozali Everyday yang berupa foto selfienya sejak tahun 2017 hingga 2021. Meski angka yang didapat oleh Ghozali terbilang fantastis, namun ternyata masih ada karya NFT lain yang dihargai lebih dari itu.

Bahkan, menjadi karya NFT termahal di dunia. Berikut 5 NFT Termahal di sepanjang 2021, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (19/1/2022).

2 dari 6 halaman

1. The Merge

The Merge karya Pak telah mengambil tempat nomor pertama untuk NFT termahal yang pernah dijual seharga 91,8 juta dolar atau setara dengan Rp 1,3 triliun. The Merge diciptakan oleh Pak yang merupakan seniman digital yang sudah terjun lebih dari 20 tahun.

Pak juga dikenal sebagai jawara di industri NFT karena berhasil menghasilkan karya seni yang ikonik. Namun hingga kini identitasnya masih menjadi misteri.

3 dari 6 halaman

2. Everydays: The First 5000 Days oleh Beeple

Kemudian NFT termahal ke dua jatuh pada Everydays: The First 5000 Days oleh Beeple karya Mike Winkellman atau dikenal sebagai Beeple. NFT miliknya dijual seharga 69,3 juta dolar atau sekitar Rp 991 miliar kepada Vignesh Sundaresan atau juga dikenal sebagai MetaKovan.

Dan sekarang mengklaim tempatnya sebagai NFT termahal ke-2 yang pernah dijual. Memiliki basis penggemar yang besar dengan lebih dari 2,5 juta pengikut di seluruh media sosial, menjadi menjadi salah satu alasan mengapa NFT-nya dijual dengan harga tinggi.

4 dari 6 halaman

3. Human One by Beeple

Salah satu koleksi Beeple lainnya telah menempati posisi 5 teratas dari NFT termahal yang dijual pada 2021. Kali ini membuat sebuah karya potret bergerak dari seorang astronot yang sedang berjalan.

Berbeda dengan NFT biasa, yang satu ini menggabungkan elemen fisik. Kemudian yang membuatnya lebih spesial adalah tampilan avatar virtual yang akan terus berubah selama Beeple hidup. Karya tersebut terjual seharga 28,9 juta dolar atau senilai Rp 413 miliar di rumah lelang Christie's.

5 dari 6 halaman

4. CryptoPunk #7523

Dibuat oleh John Watkinson dan Matt Hall dari Larva Labs, alien punk mereka selalu menjadi populer. Karya ini juga merupakan koleksi CryptoPunk paling mahal dan cukup langka dari lainnya. Diketahui CryptoPunk #7523 dibanderol 11,75 juta dolar atau setara dengan Rp 168 miliar.

6 dari 6 halaman

5. CryptoPunk #7804

Terakhir, di tempat ke-5 ditempati oleh alien punk lain karya Larva Labs. CryptoPunk #7804 yang dijual seharga 7,56 juta dolar atau setara dengan Rp 108 miliar. Gambar itu berbentuk seorang alien yang memiliki pipa di mulutnya dan mengenakan kacamata kecil dengan topi menghadap ke depan.