Sukses

7 Potret Alegra Wolter, Dokter Transpuan Pertama di Indonesia yang Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta Nama Alegra Wolter dalam beberapa hari terakhir tengah menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, melalui akun Instagram pribadinya, ia mengakui mengenai identitas aslinya.

Alegra Wolter pun diketahui mengeakui jika dirinya merupakan seorang transpuan. Pengakuan ini pun membuat dirinya menjadi dokter transpuan pertama di Indonesia yang terbuka soal identitas gender. 

Tentu saja, pengakuan Alegra Wolter ini langsung menjadi perhatian banyak netizen. Alegra Wolter sendiri sebelumnya diketahui lahir sebagai anak laki-laki, akan tetapi seiring berjalannya waktu dirinya pun merasa berbeda. Terlebih lagi dirinya memiliki pembawaan yang lebih feminim dibandingan anak laki-laki lainnya. Ia pun mengetahui mengalami gender dysphoria atau disforia gender.

Karena hal ini pula Alegra Wolter sempat melakukan pengobatan ke psikolog dan psikiater. Tak sampai disitu saja, ia bahkan disuntikkan hormon testosteron pada tubuhnya agar lebih maskulin. Namun, yang terjadi justru membuat dirinya semakin Depresi.

Alegra Wolter pun memilih untuk melakukan transisi menjadi seorang perempuan pada masa kuliah. Bahkan, setelah lulus, dirinya menjadi dokter transpuan pertama yang terbuka mengenai identitas gendernya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @alegrawolter, berikut ini beberapa potret dokter Alegra Wolter, dokter transpuan pertama di Indonesia yang menjadi sorotan, Rabu (19/1/2022).

2 dari 8 halaman

1. Ini dia potret Alegra Wolter yang tengah menjadi sorotan netizen.

3 dari 8 halaman

2. Merasa memiliki perbedaan dalam diri hingga menimbulkan tekanan dan depresi, Alegra pun harus berjuang menghadapai disforia gender.

4 dari 8 halaman

3. Saat duduk dibangku kuliah, Alegra pun memutuskan untuk mulai bertansisi menjadi perempuan.

5 dari 8 halaman

4. Bahkan, kini dirinya lebih terbuka membicarakan mengenai identitas gender yang dimiliki pada publik.

6 dari 8 halaman

5. Melalui akun Instagram pribadinya, Alegra pun diketahui kerap menjadi pembicara mengenai isu-isu kesehatan soal HIV/AIDS.

7 dari 8 halaman

6. Bahkan, dirinya diketahui bekerja pada sebuah perusahaan start-up kesehatan.

8 dari 8 halaman

7. Melalui akun Instagram, Alegra pun kerap membagikan berbagai informasi soal kesehatan.