Sukses

7 Cara Menghemat Pemakaian Minyak Goreng saat Memasak

Cara menghemat minyak goreng saat memasak perlu diterapkan untuk menekan pengeluaran sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghemat minyak goreng saat memasak perlu diterapkan untuk menekan pengeluaran sehari-hari. Apalagi, beberapa waktu belakangan harga minyak terus naik, sampai pada akhirnya tepat hari ini pemerintah mulai memberlakukan harga minyak goreng kemasan satu harga, yaitu dipatok Rp 14.000 per liter.

Dikutip dari laman hargapangan.id, Rabu (19/1/2022), harga minyak goreng kemasan bermerek 2 per Rabu (19/1/2022) terpantau Rp 21.850 per kg (naik 0,92 persen), di pasar modern. Sementara di pasar tradisional, minyak goreng kemasan bermerek 2 dibanderol Rp 20.550 per kg (naik 1,23 persen). Sementara itu, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 di pasar tradisional terpantau seharga Rp 21.150 per kg (naik 1,2 persen), dan Rp 21.050 (harga tetap) di pasar modern. Harga minyak goreng curah di pasar modern ditawarkan seharga Rp 19.450 per kg (naik 1,04 persen), dan Rp Rp 18.800 per kg (naik 0,53 persen) di pasar tradisional.

Walaupun sekarang ini sudah ditetapkan harga minyak goreng satu harga, tidak ada salahnya untuk berhemat menggunakan bahan pokok memasak satu ini. Apalagi, pengeluaran untuk minyak goreng memang cukup lumayan karena hampir selalu dipakai saat masak.

Cara menghemat minyak goreng saat memasak dilakukan dengan memperhatikan penggorengan, metode memasak, hingga cara menggunakan minyak. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/1/2022) tentang cara menghemat minyak goreng saat memasak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Penggorengan atau Wajan

Gunakan Penggorengan yang Datar

Cara menghemat pemakaian minyak goreng pertama adalah dengan memperhatikan alat penggorengan atau frying pan. Hindarilah untuk memakai penggorengan yang terlalu cekung, karena bentuk ini juga mempengaruhi pemakaian minyak goreng. Semakin cekung penggorengan maka akan semakin banyak pula minyak yang diperlukan untuk menggoreng. Akan lebih baik untuk memilih penggorengan yang datar saja.

Gunakan Wajan Antilengket

Selain menggunakan penggorengan yang datar, kamu juga bisa menerapkan cara menghemat pemakaian minyak goreng dengan menggunakan wajan antilengket. Memasak menggunakan wajan antilengket tidak membutuhkan minyak yang banyak untuk mematangkan masakan, jadi bisa menghemat minyak goreng. Kamu bisa menerapakannya, terutama untuk keperluan menumis atau memanggang.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Cara Pemakaian Minyak

Masak dengan Cooking Spray

Cara menghemat pemakaian minyak goreng berikutnya adalah dengan menggunakan cooking spray. Daripada menuangkan minyak yang tentunya boros, kamu bisa coba gunakan cooking spray untuk memasak. Dengan menyemprotkan minyak pada permukaan penggorengan, maka minyak bisa tersebar sempurna di seluruh permukaan makanan tanpa harus menuangkan banyak-banyak.

Sebelumnya kamu harus memanaskan penggorengan terlebih dahulu, baru kemudian semprotkan minyaknya. Dengan demikian akan sedikit saja minyak yang kamu konsumsi. Selain menghemat, ini juga akan menyehatkan tubuh karena makanan jadi lebih rendah kolesterol.

Gunakan Minyak Goreng Berulang

Menggunakan minyak goreng secara berulang tentunya menjadi salah satu cara yang paling umum dilakukan. Idealnya, minyak goreng hanya dipakai memasak sekali. Namun sebenarnya minyak goreng masih aman digunakan berulang. Dilansir Halodoc, minyak goreng bisa digunakan ulang sampai tiga kali. Agar minyak goreng tidak cepat rusak, gunakan minyak goreng untuk proses memasak dengan suhu di bawah 120 derajat Celcius.

4 dari 4 halaman

Mengganti Metode Memasak

Masak Bahan Makanan dengan Metode Pan Frying

Salah satu cara menghemat pemakaian minyak goreng saat memasak adalah dengan mengganti metode memasak kamu. Ada banyak metode memasak yang dikenal di dunia kuliner. Beberapa di antaranya yaitu shallow frying, pan-frying, sauteing, dan stir-frying. Jika dibandingkan, metode pan-frying menggunakan minyak paling sedikit.

Ganti Goreng dengan Panggang

Cara menghemat pemakaian minyak goreng berikutnya adalah dengan mengganti metode goreng menjadi memanggang. Selain lebih hemat minyak, cara ini juga membuat hasil masakan kamu lebih rendah kalori.

Hangatkan Makanan dengan Cara Dikukus

Biasanya makanan dihangatkan dengan cara digoreng. Namun kamu juga bisa menghangatkan makanan dengan cara dikukus atau dimasukkan ke dalam microwave. Dengan demikian kamu tidak perlu menggunakan minyak goreng lagi. Cara menghemat pemakaian minyak goreng satu ini tentu juga dapat kamu terapkan sesuai kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.