Sukses

6 Arti Mata Kiri Kedutan Menurut Primbon dan Medis, Ini Penjelasan Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Arti mata kiri kedutan menurut primbon bisa menjadi pertanda baik, namun dari penjelasan medis bisa jadi itu merupakan indikasi suatu penyakit. Mata kedutan adalah kontraksi berulang pada kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. 

Banyak orang yang percaya bahwa mata kedutan memiliki arti tersendiri, begitu juga arti mata kiri kedutan. Arti mata kiri kedutan dipercaya merupakan pertanda akan adanya kabar baik. Namun, arti mata kiri kedutan ini hanya berdasarkan mitos atau primbon dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Meskipun begitu, arti mata kiri kedutan sebenarnya dapat dijelaskan secara medis. Dengan mengetahui arti mata kiri kedutan menurut medis dapat membantu anda untuk memahami masalah apa yang terjadi pada mata kiri anda.

Berikut ini ulasan mengenai arti mata kiri kedutan berdasarkan primbon dan medis yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022).

2 dari 4 halaman

Arti Mata Kiri Kedutan Menurut Primbon

Berikut inilah arti mata kiri kedutan berdasarkan primbon, antara lain:

1. Kedutan di alis kiri

Arti mata kiri kedutan pada bagian alis menurut primbon merupakan pertanda baik. Jika kalian merasakan kedutan di alis kiri kemungkinan kalian akan memperoleh keberuntungan. Kalian pun bisa menganggapnya sebagai sugesti untuk terus berpikir positif. Memikirkan hal baik akan memperbagus hari-hari kalian dan keberuntungan itu bisa hadir melalui teman yang perhatian, kasih sayang keluarga, atau bonus karena kinerja bagus kalian.

2. Kedutan di kelopak mata kiri

Arti mata kiri kedutan pada bagian kelopak ini membawa pertanda yang kurang menyenangkan. Kemungkinan, kalian akan mengalami peristiwa yang membuat hati terluka. Luka tersebut bisa berasal dari berbagai hal, seperti perpisahan dengan orang terkasih atau kehilangan sesuatu yang cukup berharga. Pertanda ini bisa kalian anggap sebagai pengingat untuk lebih berhati-hati dan perhatian pada apa yang sekarang kalian miliki.

3. Kedutan di ekor mata kiri atas

Sebuah pertanda baik merupakan arti mata kiri kedutan pada bagian sudut atau ekor mata atas. Menurut primbon secara lebih spesifik, kondisi ini berhubungan dengan sanak saudara kalian yang jauh. Tentu kalian akan mendapat kebahagiaan jika berhasil menemui mereka setelah terpisah jarak.

4. Kedutan di ekor mata kiri bawah

Arti mata kiri kedutan pada bagian ekor atau sudut mata bawah menandakan anda akan mengalami suatu hal yang buruk. Dalam primbon, kedutan ini mengisyaratkan anda akan mengalami sakit. Sakit yang dimaksud bukan saja soal fisik. Bisa saja secara psikologis karena dikecewakan oleh seseorang.

5. Kedutan di bola mata kiri

Tak hanya area mata luar, ternyata terdapat arti mata kiri kedutan di bagian dalam atau bola mata. Kedutan pada bola mata menurut primbon merupakan sebuah pertanda baik. Pertanda baik tersebut bisa berupa datangnya kabar bahagia. Asal kebahagiaan kalian bisa dari mana saja, seperti tercapainya cita-cita, mendapat harta, juga dipertemukan dengan orang terkasih.

3 dari 4 halaman

Arti Mata Kiri Kedutan Menurut Medis

Dikutip dari Healthline, dalam istilah medis, mata kedutan disebut dengan myokymia. Kondisi ini terjadi ketika otot-otot mata mengalami kejang berulang kali. Kebanyakan mata kedutan hanya berlangsung beberapa menit, tapi kadang-kadang bisa berlangsung selama berhari-hari atau lebih. 

Pada umumnya, mata kedutan tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, tetapi mungkin bisa mengganggu. Kebanyakan kedutan akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan. Namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, kejang kelopak mata dapat menjadi tanda peringatan awal dari gangguan gerakan kronis, terutama jika kejang tersebut disertai dengan kedutan wajah lainnya atau gerakan yang tidak terkendali. Jika hal ini terjadi pada anda, maka segerlah konsultasi dengan dokter.

4 dari 4 halaman

Penyebab Mata Kiri Kedutan Secara Medis

Secara medis, arti mata kiri kedutan dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

1. Kelelahan

Mata lelah bisa menimbulkan kedutan yang cukup mengganggu. Hal tersebut berkaitan dengan kebiasaan begadang, terlalu lama dan sering menatap layar ponsel atau membaca buku yang kalian lakukan. Oleh karena itu, kalian perlu melakukan evaluasi jadwal dan memperbaiki pola tidur agar kedutan itu berkurang hingga hilang.

2. Stres

Kedutan di area mata bisa jadi menjadi pertanda bahwa kalian sedang stres. Saat muncul keluhan ini berulang, lebih baik kalian segera menenangkan diri. Sadari penyebab kalian stres dan ambil jeda. Setelah kondisi kalian membaik, kedutan pun akan hilang perlahan.

3. Mata Kering

Mata kering memicu kalian untuk sering berkedip secara tak sadar, tujuannya agar mata terasa lebih lembab. Hal tersebut bisa memicu kedutan pada mata. Oleh karena itu, kalian perlu menghindari kegiatan yang membuat mata kering, seperti menatap layar gadget terlalu lama.

4. Obat Tertentu

Arti mata kiri kedutan atau sisi lainnya juga bisa karena konsumsi obat tertentu. Obat antiepileptik dan antipsikotik memengaruhi saraf dan otot, sehingga menyebabkan otot menegang dan tremor (tubuh gemetaran).