Sukses

14 Cara Mengatasi Pengangguran, dari Kebijakan sampai Mekanisme Pasar

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi pengangguran membantu mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Pengangguran merupakan salah satu penyebab kemiskinan. Kondisi ini sering dikaitkan dengan minimnya lapangan pekerjaan atau rendahnya kemampuan seorang individu.

Cara mengatasi pengangguran bisa dilakukan melalui kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah. Salah satu cara mengatasi pengangguran yang dpat diandalkan adalah melakukan mekanisme pasar. Selain itu, ada banyak upaya yang bisa dilakukan dalam cara mengatasi pengangguran.

Dalam cara mengatasi pengangguran, penting juga mengidentifikasikan penyebabnya. Cara mengatasi pengangguran bisa membantu meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat. Berikut 14 cara mengatasi pengangguran, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(21/01/2022).

2 dari 9 halaman

Penyebab pengangguran

Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang mampu menyerapnya. Selain itu tidak sesuainya kemampuan individu pada suatu pekerjaan juga dapat menjadi penyebab pengangguran.

Penyebab pengangguran dapat dipicu oleh sulitnya memperoleh lapangan pekerjaan, kurangnya kemampuan, dan kemunduran ekonomi. Pengangguran terjadi bisa karena tidak adanya lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keahlian. Perkembangan atau pergantian teknologi tanpa adanya pelatihan atau kemampuan juga bisa menyebabkan pengangguran. Pengangguran juga bisa terjadi karena siklus ekonomi yang berfluktuasi karena pergantian musim.

3 dari 9 halaman

Cara mengatasi pengangguran

Berikut cara mengatasi pengangguran menurut The Balance:

Melalui kebijakan moneter

Cara mengatasi pengangguran selanjutnya adalah melalui kebijakan moneter. Suku bunga yang lebih rendah memudahkan keluarga untuk meminjam apa yang mereka butuhkan. Itu termasuk barang-barang mahal seperti mobil, rumah, dan barang elektronik.

Cara ini merangsang permintaan yang cukup untuk mengembalikan ekonomi ke jalurnya. Suku bunga rendah juga memungkinkan bisnis untuk meminjam lebih sedikit. Itu memberi mereka modal finansial untuk mempekerjakan pekerja yang cukup untuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Melalui kebijakan fiskal

Ketika terjadi resesi parah, kebijakan moneter tak cukup untuk mengatasi pengangguran. Saat itulah kebijakan fiskal dibutuhkan. Pemerintah dapat memotong pajak atau meningkatkan pengeluaran untuk merangsang ekonomi. Meski butuh waktu lama untuk melihat efeknya, kebijakan ini bisa lebih efektif setelah dieksekusi.

Cara mengatasi pengangguran ini juga memberikan keyakinan yang sangat dibutuhkan bahwa pemerintah akan membalikkan keadaan. Keyakinan sangat penting untuk meyakinkan orang untuk membelanjakan uang pada saat itu. Cara ini meningkatkan permintaan. Ini memberi bisnis lebih banyak uang untuk diinvestasikan dan mempekerjakan lebih banyak pekerja.

4 dari 9 halaman

Cara mengatasi pengangguran

Menciptakan lapangan kerja

Solusi bagi pengangguran tentu saja dengan menciptakan lapangan kerja baru. Banyaknya lapangan pekerjaan yang perlu diciptakan tergantung pada tingkat pengangguran dan jumlah orang yang memasuki angkatan kerja untuk mencari pekerjaan.

Mendanai pendidikan

Mendanai pendidikan juga merupakan cara mengatasi pengangguran yang efektif. Orang yang berpendidikan lebih baik bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi. Mereka dapat membeli lebih banyak barang dengan upah yang lebih tinggi yang mereka peroleh.

5 dari 9 halaman

Cara mengatasi pengangguran

Melansir Economicsdiscussion, berikut cara mengatasi pengangguran yang bisa dilakukan:

Perubahan teknik industri

Teknik produksi harus sesuai dengan kebutuhan dan sarana negara. Sangat penting bahwa teknologi padat karya harus didorong sebagai pengganti teknologi padat modal.

Perubahan sistem pendidikan

Pola pendidikan harus diubah total. Siswa yang memiliki keinginan untuk studi yang lebih tinggi harus diterima di perguruan tinggi dan universitas. Penekanan harus diberikan pada pendidikan kejuruan. Insinyur yang berkualifikasi harus memulai unit kecil mereka sendiri.

6 dari 9 halaman

Cara mengatasi pengangguran

Perluasan bursa kerja

Lebih banyak pertukaran pekerjaan harus dibuka. Informasi mengenai kesempatan kerja harus diberikan kepada orang-orang. Bursa tenaga kerja merupakan tempat yang mempertemukan antara pemberi kerja dengan pencari kerja.

Memberi pelatihan kerja

Program pelatihan diperlukan untuk orang-orang yang ingin mengembangkan keterampilan atau hobinya. Program pelatihan kerja dapat menciptakan peluang untuk mencetak pekerja-pekerja yang memadai, baik dari segi kuantitas, maupun kualitas.

7 dari 9 halaman

Cara mengatasi pengangguran

Lebih banyak bantuan untuk wiraswasta

Wiraswasta merupakan pembuka lapangan pekerjaan. Wiraswasta harus dibantu secara finansial. Menyediakan bahan baku dan pelatihan teknis bisa membuat wiraswasta berkembang.

Peningkatan produksi

Untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja, sangat penting untuk meningkatkan produksi. Pengembangan industri kecil dan rumahan harus didorong.

8 dari 9 halaman

Cara mengatasi pengangguran

Membuka program ketenagakerjaan

Penting merencanakan penciptaan lapangan pekerjaan. Program-program seperti irigasi, jalan, pengendalian banjir, listrik, pertanian, elektrifikasi pedesaan dapat menyediakan lapangan kerja yang lebih baik bagi masyarakat.

Tingkat pembentukan modal yang tinggi

Laju pembentukan modal di dalam negeri harus dipercepat. Pembentukan modal harus didorong secara khusus dalam kegiatan-kegiatan yang menghasilkan kesempatan kerja yang lebih besar. Rasio output modal harus dijaga tetap rendah.

9 dari 9 halaman

Cara mengatasi pengangguran

Desentralisasi kegiatan industri

Desentralisasi kegiatan Industri diperlukan untuk mengurangi pengangguran. Jika kegiatan industri dipusatkan di satu tempat, akan ada lebih sedikit kesempatan kerja di daerah tertinggal. Jadi Pemerintah harus mengadopsi kebijakan yang mendorong desentralisasi kegiatan industri.

Pengendalian populasi

Pertumbuhan penduduk harus dikendalikan untuk mengatasi masalah pengangguran. Program keluarga berencana harus dilaksanakan secara luas dan efektif.