Sukses

Jalan Berlubang Ini Ditambal Pakai Baju oleh Warga, Cara Protes Unik

Warga Pasir Mas Kelantan menambal jalan berlubang memakai baju.

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang jalan berlubang tentu banyak daerah yang mengalami. Jalan berlubang dibiarkan begitu saja tanpa adanya perbaikan. Jalan berlubang tersebut cukup membahayakan pengemudi, sehingga kehadirannya cukup membuat resah para pengguna jalan.

Jalan berlubang membuat orang khawatir akan terjadi sebuah kecelakaan. Kecelakaan beruntun bahkan bisa saja terjadi jika pengemudi tidak bisa mengendalikan kecepatannya saat terperosok di jalan berlubang. Berbahayanya jalan berlubang membuat warga harus protes agar jalan tersebut cepat dibenahi.

Persis seperti kejadian yang ada di Kelantan, Malaysia, tepatnya Pasir Mas di mana ada jalan berlubang yang bikin resah warga di sana. Jalan berlubang di Pasir Mas hampir setengah dari lebar jalan. Sehingga kalau ada dua mobil berbeda arah, harus ada yang mengalah berhenti demi menghindari jalan berlubang.

Jalan berlubang yang bikin resah tersebut kemudian ditambal dengan menumpuk baju di lubang tersebut. Cara menambal lubang tersebut unik dan membuat banyak pihak mengabadikannya hingga viral karema unggahan Halaman Facebook Negara Bagian Kelantan yang mengunggah potret jalan berlubang ditambal dengan tumpukan baju.

Viralnya cara menambal jalan berlubang ini juga bertujuan sebagai bentuk protes warga Pasir Mas karena jalan tersebut bisa membahayakan pengemudi. Berikut Liputan6.com rangkum dari World of Buzz, jalan berlubang ditambal pakai baju di Pasir Mas, Kelantan, Malaysia, Sabtu (22/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lubang hampir selebar jalan

Jalan menjadi akses penting kendaraan yang bepergian. Jalan yang mulus akan sangat membantu dalam segi moda transportasi. Namun, jika jalan berlubang tentu akan menghambat, bahkan bisa menimbulkan kecelakaan. Dilansir dari Halaman Facebook Negara Bagian Kelantan baru saja mengunggah foto viral jalan berlubang di Pasir Mas, Kelantan, Malaysia.

Jalan berlubang tersebut cukup membuat warga di sana resah. Bagaimana tidak, lubang di jalan tersebut cukup besar yakni setengah lebar jalan. Tentu, apabila ada truk pengangkut, maka bagian sisinya akan mirip dikarenakan setengah lebar jalan berlubang. Hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan bila tidak hati-hati.

3 dari 4 halaman

Cara kreatif tambal lubang

Lubang di jalan yang meresahkan warga akhirnya ditambal dengan cara kreatif dan unik. Jika biasanya ditambal menggunakan batu dan aspal, warga sana memilih untuk menambalnya menggunakan baju. Beberapa baju ditumpuk dan kemudian menutupi jalan berlubang tersebut.

Selain cara kreatif yang mencuri perhatian, menambal lubang dengan baju juga menjadi sindiran bahwa lubang tersebut tidak dipedulikan oleh pemerintah setempat. Sindiran ini membuat jalan berlubang di Pasir Mas viral hingga beritanya juga didengar oleh negara tetangga seperti Indonesia.

“Ini adalah gambar jalan-jalan di desa saya. Ini mengerikan. Bundel baju digunakan untuk menutupi lubang di jalan.” tulis Halaman Facebook Negara Bagian Kelantan.

4 dari 4 halaman

Sindiran Warganet

Jalan berlubang di Pasir Mas yang viral berhasil menyita perhatian warganet. Warganet mengomentari postingan tersebut dengan berusaha menyindir bahwa jalan tidak akan diperbaiki dalam waktu dekat oleh pemerintah setempat.

“Ini adalah tanda bahwa pemilu masih jauh,” tulis salah satu warganet.

“Mereka yang mewakili rakyat harus lebih berhati-hati,” komentar seorang warganet.

Warganet lain menuliskan sindiran, “Hanya ketika kamu menelepon TV, pemerintah akan memperbaiki jalan,”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.