Sukses

6 Instruksi Manual Ini Malah Bikin Pusing, Jadi Gagal Paham

Foto instruksi manual penggunaan barang yang bikin gagal paham.

Liputan6.com, Jakarta Setiap barang yang baru saja dibeli umumnya disertakan petunjuk penggunaan. Petunjuk inilah yang menjadi acuan agar menggunakan barang baru sesuai dengan aturan pabrik. Beberapa instruksi manual juga sering dijumpai di tempat umum. Instruksi manual dibuat untuk mempermudah cara penggunaan. Namun bagaimana jika instruksi manual malah bikin bingung. 

Seperti deretan foto instruksi manual ini yang malah menjadikan orang kebingungan. Mulai dari gambar yang kurang mengena, hingga kata-kata yang tak sesuai dengan gambar. 

Juga papan penunjuk jalan yang menuju ke langit, hingga cara penggunaan kursi kantor yang bikin heran. Pasalnya, siapa saja dapat dengan mudah menduduki sebuah kursi. Ada juga Instruksi penggunaan rem tangan mobil yang digambarkan dengan kaki.

Hal ini menjadi pertanyaan penting kepada para pembuat instruksi manual. Bukannya menjadi lebih cepat mengerti cara penggunaan, namun malah menjadi gagal paham. 

Berikut Liputan6.com merangkum instruksi manual yang bikin gagal paham melansir dari Brightside, Senin (24/1/2022).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Instruksi manual cara membuang sampah ini seharusnya dikategorikan berdasarkan jenis sampah anorganik dan organik, namun gambar menunjukkan anorganik dan tempat sampah.

3 dari 7 halaman

2. Sudah banyak orang tahu hand adalah berarti tangan, namun hand brake atau rem tangan ini digambarkan dengan sebuah kaki yang menginjak tuas rem, bikin bingung.

4 dari 7 halaman

3. Sebuah kursi para game baru ini dibekali petunjuk penggunaan yang semua tubuh harus terangkat untuk didudukkan di kursi.

5 dari 7 halaman

4. Ponsel lipat jadul ini sepertinya tak banyak memiliki fitur di dalamnya jika dibandingkan dengan smartphone, namun ponsel jadul ini punya ratusan halaman instruksi manual yang cukup membuat pusing penggunanya.

6 dari 7 halaman

5. Pembuat instruksi manual kulkas baru ini begitu imajinatif, menggunakan suara hewan untuk disamakan dengan rusak tidaknya sebuah kulkas, bikin mikir.

7 dari 7 halaman

6. Umumnya petunjuk manual berada di luar kemasan, kali ini tidak instruksi manual berada di dalam kemasan yang jika membukanya akan menyobek kertas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.