Sukses

10 Manfaat Baking Soda untuk Tubuh, dapat Menunjang Kesehatan dan Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat baking soda sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan suatu bahan yang biasanya digunakan untuk membuat adonan kue mengembang.

Salah satu manfaat baking soda yang sudah banyak dikenal adalah dapat memutihkan gigi. Ternyata, baking soda tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk gigi dan mulut saja, bubuk putih satu ini juga bisa digunakan untuk menunjang kesehatan pencernaan hingga kulit.

Manfaat baking soda dapat menunjang kesehatan mulut, pencernaan, dan kulit. Namun, penggunaannya harus diperhatikan dengan baik. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dalam penggunaannya agar lebih aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/1/2022) tentang manfaat baking soda.

2 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Memutihkan Gigi

Manfaat baking soda yang pertama adalah untuk memutihkan gigi. Menurut sebuah penelitian, pasta gigi yang mengandung baking soda bisa memutihkan sekaligus membersihkan plak gigi. Hal ini disebabkan karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat memecah molekul pigmentasi pada gigi. Baking soda juga bersifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat melawan kuman berbahaya dalam mulut.

Menjadi Obat Kumur

Manfaat baking soda juga dapat dijadikan obat kumur. Hal ini disebabkan karena soda kue ini dapat menyegarkan mulut sekaligus memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Untuk menggunakannya sebagai obat kmur, kamu tinggal mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah gelas air hangat. Aduk hingga merata, kemudian gunakan untuk berkumur.

Meredakan Sariawan

Menurut suatu penelitian, rasa sakit karena sariawan dapat diredakan dengan berkumur menggunakan baking soda. Kamu bisa mendapatkan manfaat baking soda tersebut dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah gelas air hangat. Kemudian, aduk hingga larut, dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan sehari sekali hingga sariawan sembuh.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengurangi Rasa Kembung

Manfaat baking soda yang berikutnya adalah dapat mengurangi rasa kembung. Bila kamu sering mengalami perut kembung, kamu bisa menggunakan minuman baking soda ini. Cara membuatnya mudah saja, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan tiga per empat gelas air putih.

Meredakan Asam Lambung

Asam lambung merupakan salah satu masalah pencernaan yang membuat kamu menderita. Manfaat baking soda dapat meredakan asam lambung, terutama dalam mengatasi rasa panas di dada yang biasa dialami ketika mengalami masalah pencernaan ini. Cara menggunakannya adalah dengan menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin. Kemudian minumlah secara perlahan.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Manfaat baking soda juga dapat memperbaiki sistem pencernaan secara keseluruhan. Kamu dapat meredakan masalah perut menggunakan baking soda, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 gelas air setiap pagi. Larutan ini akan menjaga pH (keasaman) yang sehat pada sistem pencernaan, meminimalkan gas lambung, serta menunjang pergerakan usus yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

Menghilangkan Komedo

Manfaat baking soda untuk kesehatan kulit yang pertama adalah menghilangkan komedo. Soda kue dapat mengangkat sel kulit mati seperti komedo karena merupakan bahan pengelupas yang baik.

Cara menggunakannya, cukup campur dengan satu sendok makan soda kue dengan sedikit pasta gigi. Oleskan campuran ini ke hidung atau daerah yang terdapat komedo dan gosok selama beberapa menit untuk menghilangkan semua komedo yang terlihat. Kamu juga dapat menggunakan campuran soda kue dan air untuk menghilangkan komedo.

Menyembuhkan Jerawat

Baking soda memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat. Manfaat soda kue  dapat digunakan sebagai pengelupas ringan yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Proses ini dapat membantu mengeringkan dan menyembuhkan jerawat. Soda kue juga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Untuk mengobati jerawat, buat pasta dengan mencampurkan 2 sdt soda kue, 1 sdt madu dan 1/2 sdt jus lemon dari lemon segar. Kemudian oleskan pasta ke wajah dengan lembut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Gunakan perawatan ini dua kali seminggu.

Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau kantung hitam di bawah mata akan muncul ketika kamu kurang tidur. Kamu bisa menghilangkan mata panda dengan bahan sederhana yang ada di rumah, yaitu dengan baking soda. Untuk mendapatkan manfaat baking soda ini, kamu perlu menyiapkan teh chamomile, 1 gelas air, dan 1 sdm baking soda. Buat secangkir teh chamomile biasa dan biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan soda kue dan blender. Oleskan campuran itu di bawah matamu, diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bersihkan area tersebut dengan air segar dan keringkan.

Mencerahkan Lutut dan Siku yang Gelap

Kamu bisa kembali mencerahkan siku dan lutut dengan menggunakan manfaat baking soda. Kamu hanya perlu 1/2 lemon, 2-4 sdm soda kue dan 3 sdm hidrogen peroksida. Campurkan soda kue, peroksida, dan peras setengah lemon dalam mangkuk. Rendam lemon dalam larutan dan oleskan langsung ke area gelap dengan menggosok lemon pada lutut atau sikumu. Diamkan beberapa menit. Ulangi beberapa kali, lalu basuh dengan air dingin dan nikmati hasilnya. Untuk hasil maksimal, kamu bisa lakukan secara teratur.