Sukses

10 Manfaat Putri Malu Bagi Kesehatan, Atasi Diare dan Sembuhkan Luka

Ada 10 manfaat dari daun putri malu bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat putri malu masih terdengar asing bagi sebagian orang. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Mimosa pudica ini banyak tumbuh liar di mana saja. Tanaman putri malu memiliki keunikan tersendiri karena daunnya bisa secara cepat menutup atau layu dengan sendirinya, saat tersentuh.

Meskupun sensitif terhadap sentuhan, namun daun putri malu memiliki manfaat bagi tubuh. Sebab tanaman ini memiliki kandungan antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, afrodisiak, dan berbagai aktivitas farmakologis lainnya.

Perlu diketahui, bahwa tanaman putri malu ini telah lama digunakan sebagai ramuan secara tradisional selama berabad-abad, dalam pengobatan diare, wasir, diabetes, hingga dioleskan pada luka.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat putri malu dan cara mengolahnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengatasi Diare dan Sembuhkan Wasir

1. Mengatasi Diare

Manfaat putri malu yang pertama adalah dapat mengatasi diare. Ramuan daun putri malu bisa Anda campurkan dengan bijinya. Supaya lebih berkhasiat. Dikutip dari F&B Magazine, reaksi positif yang ditimbulkan, terjadi di saluran pencernaan Anda. Gel yang terbentuk di dalam, bergerak melalui sistem pencernaan, mengeluarkan racun dan kuman berbahaya lainnya. Sehingga membantu membersihkan usus Anda.

2. Menyembuhkan Wasir

Jika Anda mencari obat alami untuk membantu menyembuhkan wasir, mimosa pudica bisa berguna. Buatlah bubuk ekstrak dari daunnya. Cukup minum satu sendok teh dengan susu dua atau tiga kali sehari. Sebagai pengobatan alternatif, Anda bisa meminum satu sendok teh bubuk dari akar dan daun dengan susu tiga kali sehari.

3 dari 6 halaman

Obati Diabetes dan Sembuhkan Luka

3. Mengobati Diabetes

Kadar gula darah rendah merupakan manfaat lain yang didapat dengan meminum sari daun putri malu. Minumlah 30ml jus tanaman ini secara menyeluruh pagi dan sore hari. Dalam 7 sampai 10 hari, Anda akan melihat perbedaan kadar gula darah.

4. Penyembuhan Luka

Manfaat putri malu yang lainnya adalah untuk membantu menyembuhkan luka. Tanaman putri malu sudah lama digunakan untuk menghentikan pendarahan dan mengatasi masalah kulit. Misalnya, dalam pengobatan tradisional orang membuat pasta hangat dari akar tanaman dan mengoleskannya pada luka untuk menghentikan pendarahan dan membantu penyembuhan. Para ilmuwan mulai mengonfirmasi sifat penyembuhan kulit ini dalam penelitian.Dalam sebuah penelitian, para peneliti menguji ekstrak akar tanaman putri malu dalam salep yang dioleskan pada luka di kulit hewan pengerat. Untuk memeriksa seberapa baik itu bekerja, mereka melihat kandungan hidroksiprolin dari luka saat sembuh. Hidroksiprolin adalah komponen kolagen yang membantu menjaga kulit tetap elastis dan tampak muda, dan juga penting untuk menyembuhkan luka pada kulit. Mineral dalam daun putri malu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Daunnya mengandung zat besi, seng, mangan, dan tembaga. Mineral ini dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan kesehatan kekebalan, termasuk melawan infeksi kulit.

4 dari 6 halaman

Kaya Antioksidan dan Baik untuk Kesehatan Usus

5. Kaya Antioksidan

Manfaat putri malu yang selanjutnya adalah kandungannya yang kaya antioksidan. Siapa yang menyangka jika tanaman liar ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, yang dapat membantu menghentikan pembentukan molekul perusak yang disebut radikal bebas. Meskipun daunnya mengandung antioksidan paling banyak, beberapa juga dapat ditemukan di batang dan biji tanamannya. Mimosa pudica mengandung fitokimia dan vitamin dengan sifat antioksidan. Tanaman ini juga mengandung superoksida dismutase. Ini adalah senyawa antioksidan kuat yang juga dapat ditemukan di sel tubuh Anda, tetapi kadarnya menurun seiring bertambahnya usia.

6. Baik untuk Kesehatan Usus

Manfaat putri malu yang berikutnya adalah baik untuk kesehatan usus. Biji dari putri malu bersifat mucilaginous, artinya akan membengkak saat bersentuhan dengan cairan dan membentuk gel. Saat Anda menelan biji putri malu, dalam bentuk bubuk di kapsul, pembengkakan serupa terjadi di saluran pencernaan Anda. Bijinya menjadi gel lengket yang dapat menempel pada racun kimiawi, logam berat, parasit, dan bakteri berbahaya. Massa biji putri malu, racun, dan makhluk yang lengket ini bergerak melalui usus Anda dan dikeluarkan melalui tinja. Lendir dalam biji putri malu ini sejenis serat larut, artinya dapat larut dalam air. Itulah mengapa ia mampu menyerap air dan membentuk gel.

5 dari 6 halaman

Cegah Kerusakan Hati dan Bisa Jadi Obat Kuat Alami

7. Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat putri malu yang lainnya adalah untuk mencegah kerusakan hati. Jika Anda memiliki penyakit kronis yang kompleks, seperti penyakit Lyme dan infeksi parasit, organ hati dan kandung empedu mungkin akan meradang. Bakteri lyme dapat bersembunyi di hati Anda. Selain itu, parasit seperti cacing hati, Ascaris lumbricoides, dan cacing lainnya, dapat bersembunyi di sistem saluran empedu hati. Makhluk ini dapat menyumbat sistem dan menyebabkan peradangan serta kerusakan. Penelitian menunjukkan bahwa putri malu dapat membantu melindungi hati dari kerusakan tersebut, termasuk hati yang terlalu banyak mengandung racun.

8. Obat Kuat Alami

Bagian daun putri malu, bisa Anda manfaatkan sebagai obat kuat yang alami. Terutama bagi para pria, supaya lebih tahan lama di ranjang. Cara mengolahnya, cukup dengan merebus segenggam daun putri malu dengan satu atau dua gelas air. Saring dan dinginkan dalam suhu ruangan. Minum ramuan ini setiap hari satu kali atau sesuai kebutuhan, untuk menambah kejantanan Anda.

6 dari 6 halaman

Obati Tekanan Darah Tinggi dan Mengurangi Peradangan

9. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Manfaat putri malu yang berikutnya adalah dapat mengobati tekanan darah tinggi. Cara mengolahnya dengan mengambil daun putri malu dan hancurkan untuk diambil sarinya. Konsumsi 15 ml untuk dikonsumsi dua kali sehari.

10. Dapat Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah cara tubuh Anda mencoba melindungi dirinya sendiri. Misalnya, ketika tubuh terpapar oleh racun atau patogen. Sel-sel yang rusak mengaktifkan peradangan untuk memulai penyembuhan. Namun, jika proses ini tidak berhenti, peradangan bisa mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti diabetes, penyakit jantung, dan radang sendi. Peneliti mengekstrak 14 fitokimia dan senyawa lain dari tanaman putri malu untuk menguji efek anti-inflamasi yang ada di dalamnya. Beberapa senyawa dinilai dapat membantu menurunkan molekul inflamasi sebanyak 60% saat hewan terpapar pemicu peradangan. Ekstrak tanaman Mimosa pudica juga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan peradangan. Dalam uji hewan, ekstraknya sama efektifnya dengan obat penghilang rasa sakit standar seperti aspirin. Ekstraknya juga aman pada dosis tinggi. Meski studi manusia masih diperlukan, tapi tanaman tropis ini terlihat menjanjikan untuk melawan rasa sakit dan peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.