Sukses

Apa itu Abstrak? Kenali Pengertian, Unsur, Jenis, dan Strukturnya

Apa itu abstrak yaitu ringkasan isi suatu karya ilmiah yang memiliki fungsi untuk membantu pembaca agar bisa mengerti inti dari tujuan penulis.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu abstrak perlu dipahami setiap orang, terutama dalam membuat karya ilmiah. Menulis abstrak memang terlihat sederhana, pasalnya kamu tinggal menuliskannya dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas tentang penelitianmu.

Namun, penulisan abstrak ternyata memiliki aturan tertentu. Abstrak perlu ditulis dengan benar agar sesuai dengan penelitianmu. Untuk itu, kamu perlu memahami unsur serta strukturnya terlebih dahulu agar tujuan penulisan abstrak tercapai.

Apa itu abstrak yaitu ringkasan isi suatu karya ilmiah yang memiliki fungsi untuk membantu pembaca agar bisa mengerti inti dari tujuan penulis. Abstrak memang biasanya ditulis terkait dengan penulisan jurnal atau karya ilmiah. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/1/2022) tentang apa itu abstrak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu Abstrak?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu abstrak adalah ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya). Apa itu abstrak bisa juga disebut sebagai ringkasan atau inti. Abstrak adalah ringkasan singkat dari karya yang lebih panjang, seperti disertasi atau makalah penelitian.

Apa itu abstrak secara ringkas melaporkan tujuan dan hasil penelitian, sehingga pembaca tahu persis tentang apa isi karya tersebut. Abstrak biasanya terdiri dari sekitar 150-300 kata. Tetapi sering kali terdapat batasan kata yang ketat. Penulisan abstrak biasanya sudah ditentukan oleh universitas atau pihak penerbitan jurnal ilmiah.

Apa itu abstrak biasanya diharuskan saat menulis skripsi, tesis, disertasi, makalah penelitian, atau mengirimkan artikel ke jurnal akademis. Dalam kebanyakan kasus, abstrak merupakan tulisan terakhir yang kamu tulis. Apa itu abstrak harus dapat dipahami sepenuhnya oleh seseorang yang belum membaca makalah lengkap atau sumber terkait.

3 dari 6 halaman

Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Apa itu abstrak juga bisa kamu pahami melalui pendapat para ahli, yaitu sebagai berikut:

- International Standart Organisation (ISO). Abstrak ialah uraian singkat yang akurat yang mewakili isi atau inti suatu dokumen tanpa adanya tambahan interpretasi atau kritikan dan tanpa melihat siapa yang membuat sari karangan tersebut.

- Frederick Wilfrid Lancaster. Apa itu abstrak yaitu suatu representasi yang ringkas tetapi memiliki keakuratan dari isi suatu dokumen. Abstrak merupakan sepenggal teks yang diciptakan oleh yang membuat keabstrakan itu sendiri namun bukan merupakan kutipan langsung dari penulisnya.

- Clarence W Rowley. Abstrak adalah sebuah penyajian isi atau inti sebuah dokumen secara ringkas dan akurat dalam gaya yang sama dengan dokumen aslinya.

- Maizel. Apa itu abstrak merupakan suatu ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas bagian yang memuat tujuan, cakupan atau jangkauan dan temuan dari suatu artikel.

- Collison. Abstrak adalah suatu penyajian ringkas dalam bahasa si pengarang mengenai semua butir-butir yang pokok /utama dari dokumen asli.

- American National Standards Institute’s. Abstrak adalah pernyataan secara singkat tetapi akurat dari isi suatu dokumen, tanpa menambahkan tafsiran ataupun kritik dan tanpa membedakan untuk siapa abstrak itu dibuat.

4 dari 6 halaman

Unsur-Unsur Abstrak

Dalam membuat abstrak, kamu perlu memperhatikan unsurnya. Semua unsur pada abstrak ini harus terpenuhi agar abstrak yang kamu buat benar. Ada paling tidak empat bagian unsur yang dapat menyempurnakan abstrak dalam karya ilmiah. Unsur-unsur abstrak tersebut di antaranya adalah:

1. Unsur argumentasi yang logis dan diikuti dengan observasi untuk memecahkan sebuah problem.

2. Unsur metode atau pendekatan yang dipakai untuk memecahkan sebuah masalah.

3. Unsur hasil yang dicapai dan kesimpulan yang dapat diambil dari karya ilmiah tersebut.

4. Unsur yang dibuat dengan sederhana, singkat, padat, dan jelas.

5 dari 6 halaman

Struktur Abstrak

Abstrak juga memiliku struktur tertentu. Struktur yang benar dapat membuat abstrak mudah dipahami dan baik dari segi penulisannya. Berikut struktur yang perlu diperhatikan dalam pembuatan abstrak:

1. Menggunakan font Time New Roman dengan spasi berjarak 1.

2. Bahasa yang digunakan yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

2. Judul penelitian diketik dengan menggunakan capital font dan size 14, posisi center text dan di buat dengan bold.

3. Sub judul sama dengan judul, hanya saja size diubah menjadi 12.

4. Nama peneliti ditulis tanpa menggunakan gelar hanya saja diberi nomor urut dengan superscript posisi center dengan font size 12 dan cetak bold.

5. Nama jurusan atau program studi peneliti dan alamat institusi posisi center dengan font size 12 dan cetak bold.

6. Email ketua peneliti saja yang dicantumkan posisi center dengan font size 12.

7. Judul bagian “ABSTRAK” ditulis dengan huruf besar posisi center dengan cetak tebal atau bold.

8. Isi abstrak ditulis dengan posisi rata kanan kiri dengan jumlah kata maksimal 250 kata dengan menggunakan font size 12.

9. Kata kunci dibuat dengan rata kanan-kiri.

6 dari 6 halaman

Jenis Abstrak

Ada dua jenis abstrak: deskriptif dan informatif. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda, sehingga memiliki komponen dan gaya yang berbeda.

Abstrak deskriptif

Pada dasarnya, abstrak deskriptif menggambarkan pekerjaan yang sedang diabstraksi. Abstrak deskriptif menunjukkan jenis informasi yang ditemukan dalam karya tersebut. Abstrak ini tidak membuat penilaian tentang pekerjaan, juga tidak memberikan hasil atau kesimpulan dari penelitian. Abstrak deskriptif memasukkan kata-kata kunci yang ditemukan dalam teks dan mungkin termasuk tujuan, metode, dan ruang lingkup penelitian.

Abstrak informatif

Dalam abstrak informatif, penulis menyajikan dan menjelaskan semua dalil pokok serta hasil dan bukti penting dalam artikel/makalah/buku secara lengkap. Abstrak informatif mencakup informasi yang dapat ditemukan dalam abstrak deskriptif (tujuan, metode, ruang lingkup). Abstrak ini juga mencakup hasil dan kesimpulan penelitian dan rekomendasi penulis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.