Sukses

8 Manfaat Istighfar Setiap Hari bagi Seorang Muslim, Keutamaannya Luar Biasa

Manfaat istighfar bisa kamu dapatkan dengan melantunkannya selama berzikir setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat istighfar sangat besar untuk seorang muslim. Bahkan Nabi Muhammad SAW melakukannya berkali-kali. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Rasulullah SAW beristighfar sebanyak seratus kali dalam sehari. Sementara, di hadis lainnya dikatakan bahwa Rasulullah beristighfar sebanyak 70 kali dalam sehari.

Istighfar atau kalimat astaghfirullah al-azim merupakan kalimat yang biasanya diucapkan sebagai permohonan ampun kepada Allah SWT. Astaghfirullah al azim memiliki makna “saya mohon ampun kepada Allah SWT yang Maha Besar.”

Manfaat istighfar bisa kamu dapatkan dengan melantunkannya selama berzikir setiap harinya. Selain bermakna memohon ampun, istighfar juga berarti sebagai permintaan maaf dengan setulus hati kepada Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/1/2022) tentang manfaat istighfar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Istighfar

Berzikir dengan membaca kalimat istighfar sangat dianjurkan dilakukan setiap hari. Apalagi bacaan istighfar bermakna untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang diperbuat selama ini. Berikut beberapa manfaat istighfar yang perlu dipahami umat Islam:

Dosa-dosa diampuni

Untuk membersihkan dosa-dosa setiap muslim, maka manusia memohon ampun kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan senantiasa melakukan istighfar. Manfaat istighfar ini biasanya memang dilakukan oleh umat Islam untuk memohon ampun kepada Allah. 

Utusan Allah SWT berkata, “Allah, Yang Mahabesar, telah berkata:

“'Wahai putra Adam, aku memaafkanmu selama kamu berdoa kepada-Ku dan berharap untuk pengampunan-Ku, dosa apa pun yang telah kamu lakukan. Wahai putra Adam, aku tidak peduli jika dosamu mencapai puncak langit, maka kamu memohon pengampunanku, aku akan memaafkanmu." (Tirmidzi)

Jadi, ingatlah untuk dengan tulus beristighfar dan jika Allah menghendaki, maka kamu akan bebas dari dosa.

 

Membuka pintu rezeki

Manfaat istighfar tidak hanya meminta ampun, namun juga bisa membukakan pintu rezeki bagi si pembacanya. Hal itu dijelaskan Allah SWT dalam firmannya di Surat Nuh ayat 10-12, yang artinya:

"Maka Aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha-Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepadamu hujan lebat, dan membanyakkan harta, anak-anak, dan mengadakan untukmu kebun-kebun, serta mengadakan untukmu sungai-sungai.'' (QS Nuh : 10-12).

Min haitsu laa yagtasib, rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Itulah janji Allah  swt yang sangat menentramkan hati bagi para hamba-Nya yang gemar beristighfar. Memang bagi akal pikiran manusia, hal tersebut hampir mustahil. Namun bagi Allah SWT, akal manusia sangatlah terbatas sedangkan kehendak Allah SWT tiada batas.

 

Sebab terkabulkannya doa

Manfaat isitghfar juga membuat terkabulnya sebuah doa. Nabi Muhammad SAW berkata kepada kaumnya sebagaimana yang Allah jelaskan dalam firman-Nya,

“Wahai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada sembahan (yang hak) bagi kalian, kecuali Dia. Dia telah menciptakan kalian dari bumi (tanah) dan menjadikan kalian sebagai pemakmur (bumi) itu maka beristighfarlah kepada-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Rabb-ku amatlah dekat lagi mengabulkan (doa hamba-Nya).” (Hud: 61)

3 dari 5 halaman

Manfaat Istighfar

Memberikan jalan keluar dari setiap kesedihan

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa manfaat istigfar dapat memberikan jalan keluar dari setiap kesedihan. Tidak hanya itu, manfaat istighfar juga dapat melapangkan setiap kesempitan yang dialami seorang muslim. 

 “Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

 

Mendapatkan kenikmatan yang terus menerus

Seperti disebutkan oleh Allah SWT dalam surat Hud ayat 3, manfaat istighfar dan meminta ampun kepada Allah SWT dapat membuat kamu mendapatkan kenikmatan. Dalam ayat tersebut Allah berfirman:

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat." (QS. Hud: 3)

4 dari 5 halaman

Manfaat Istighfar

Kejahatan diganti dengan kebajikan

Saat seorang hamba bertaubat dan beristighfar, maka jarak antara Allah SWT dengan hamba-Nya akan semakin dekat. Selain itu, bagi hamba yang selalu membersihkan jiwanya dari noda dosa, ia akan senantiasa diberikan kelapangan dan kemudahan dalam hidup. Bahkan manfaat istighfar juga dapat membuat kejahatan yang selama ini kamu perbuat diganti Allah SWT dengan kebajikan.

Allah berfirman,"Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka akan diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Furqan: 70)

 

Menghindarkan hamba dari siksa allah dan musibah

Manfaat istighfar juga dapat menghindari seorang muslim dari siksal Allah dan musibah. Allah SWT berfirman,

“Dan Allah tidak akan menyiksa mereka sedang mereka dalam keadaan beristighfar.” [Al-Anfal: 33]

Allah SWT berfirman pula menjelaskan sebab terselamatkannya Nabi Yunus AS,

“Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk sebagai orang-orang yang banyak bertasbih, niscaya ia akan tetap tinggal di dalam perut ikan itu sampai hari kebangkitan.” [Ash-Shaffat: 143-144]

Pada ayat lain, juga menjelaskan bentuk tasbih Nabi Yunus  yang merupakan salah satu makna istighfar, yaitu dalam firman-Nya,

“Tiada sembahan (yang hak), kecuali Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya saya termasuk ke dalam golongan orang-orang zhalim.” [Al-Anbiya`: 87]

 

Berbahagia di Hari Kiamat

Manfaat isitghfar juga menjadikan kamu akan berbahagia di hari kiamat. Telah shahih bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang ingin bahagia dengan catatan amalnya (pada hari kiamat), hendaklah ia beristighfar kepada Allah.”

Telah shahih pula bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sangat beruntunglah orang yang menemukan bahwa pada catatan amalnya terdapat banyak istighfar.”

5 dari 5 halaman

Bacaan Istighfar dan Artinya

Berikut bacaan istighfar yang bisa kamu lantunkan setiap hari:

Istigfar Pendek

Astaghfirullah

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah.”

 

Istigfar Nabi Sebelum Wafat

Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubu ilaih

Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya.”

 

Istigfar Penghapus Dosa Besar

Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya.”

 

Istigfar Nabi Adam

Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfir lana wa tarhamna, lanakuunanna minal khasirin

Artinya: "Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat zhalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.