Sukses

5 Langkah Mudah Jaga Kesehatan Mental dan Hidup Bahagia di 2022

Untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi sekaligus mengarungi perjalanan di tahun 2022 yang masih panjang, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan

Liputan6.com, Jakarta Situasi pandemi yang masih belum juga berakhir dan malah menunjukkan tanda-tanda peningkatan kasus kembali perlu disikapi dengan tenang dan bijaksana. Bukan hanya beradaptasi dengan cara hidup baru tetapi juga senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dan saling menjaga satu sama lain.

Paling penting di masa pandemi seperti saat ini adalah kembali menggiatkan gaya hidup sehat, yang dimulai dengan rajin olahraga, minum vitamin, dan menjaga pola makan untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

Terkait kesehatan mental ini tak boleh disepelekan, karena dengan mental yang kuat dan tangguh dapat mendongkrak kesehatan fisik atau jasmani kita. Selain itu, kamu juga bisa terbebas dari stres, depresi dan gangguan mental lainnya.

Nah, untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi sekaligus mengarungi perjalanan di tahun 2022 yang masih panjang, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

1. Eksplorasi Diri

Selama pandemi, kita jadi terbiasa membatasi kegiatan sosial dengan lebih banyak berada di rumah. Pasti ada rasa jenuh dan lelah berlebih karena keterbatasan tersebut. Sisi positifnya, kamu jadi punya waktu lebih untuk mengeksplor diri. Gimana caranya?

Kamu bisa memulainya dengan melakukan hal-hal yang disukai atau mencoba sesuatu yang baru, seperti memasak menu favoritmu, coba resep makanan viral di Tiktok, bercocok tanam, dan masih banyak lagi. Dengan banyak berfokus pada dirimu sendiri, kadar stres bisa terkendali dan kesehatan mental kita akan terjaga.

2. Mendengarkan Lagu Favorit

Mendengarkan lagu kesukaan bisa jadi salah satu cara ampuh untuk membangun mood kamu saat beraktivitas. Salah satu ahli psikologi, Emmeline Edwards mengungkapkan bahwa sistem pendengaran kita terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat motivasi, dan pengendalian emosi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau musik dapat membantu seseorang mengurangi stres, kecemasan, dan depresi ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bermedia Sosial secara Positif

Di tengah pandemi seperti sekarang, media sosial kerap menjadi pelabuhan bagi banyak orang untuk menghilangkan kebosanan. Tapi jangan salah, terkadang media sosial bisa jadi salah satu penyebab tingkat stres kita meningkat dengan masifnya pemberitaan mengenai Covid19, terlepas berita tersebut fakta atau hanya hoaks. Gak heran, kalau WHO sampai menyarankan kepada kita untuk tidak terlalu banyak mengakses berita tentang pandemi, karena dapat membuat kita makin stres dengan keadaan.

Maka dari itu, penting untuk menjadikan media sosial kamu sebagai sarana hiburan. Kamu bisa mengakses berbagai hal yang menjadi favorit kamu seperti menonton video lucu, film, tutorial masak, dan lain sebagainya. Menonton konten yang menghibur terbukti bisa menaikkan mood kamu dalam menjalani keseharian, lho.

4. Jaga Relasi dengan Keluarga dan Teman

Keterbatasan ruang gerak sosial karena pandemi mengakibatkan kita tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan keluarga dan teman-teman kita. Untungnya, kita hidup di era modern yang memungkinkan kita untuk tetap bisa menjalin komunikasi secara virtual melalui voice call, video call/conference, dsb. Dengan berinteraksi secara virtual, kita tetap dapat bersilaturahmi tanpa harus meninggalkan rumah dan kesehatan mental tetap terjaga, karena kamu tidak akan merasa melalui semua ini sendirian.

3 dari 3 halaman

5. Menjaga Kesehatan Finansial dengan Asuransi Rawat Jalan

Aspek finansial merupakan main issue yang jadi keresahan banyak orang sejak tahun lalu, saat pandemi Covid-19 melanda. Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan, terkena kebijakan pengurangan gaji, dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Makanya, nggak heran kalau kesehatan mental kita akan terganggu, karena stres memikirkan biaya kehidupan sehari-hari.

Manfaat rawat jalan seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah ingin manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis atau ke dokter umum dulu baru berjenjang ke dokter spesialis dalam kondisi khusus? Bila mengutamakan kenyamanan dan kecepatan tindakan, memilih manfaat rawat jalan langsung ke dokter spesialis akan lebih efektif bagi kebutuhanmu.

Dalam hal ini, FWD Insurance menghadirkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care Protection memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Para nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan manfaat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka.

Selain manfaat rawat inap dan rawat jalan biasa, produk ini juga dilengkapi dengan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan juga manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi dan pemantauan kanker selama masa pemulihan nasabah. Lebih dari itu, produk ini juga memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no claim bonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX.

Buat kamu yang sudah membeli produk asuransi FWD Insurance periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021 lalu, jangan lewatkan pengundian Grand Prize #ProteksiOn Lucky Draw yang siarkan secara live streaming di vidio.com pada tanggal 28 Januari 2022 pukul 15.00 WIB. Pemenang utama akan mendapatkan hadiah mobil Toyota Raize.

Dalam acara tersebut, nasabah dan juga masyarakat luas dapat mengikuti sesi talkshow bersama Dee Lestari dan Reza Chandika. Kamu bisa mendapatkan berbagai insight menarik seputar menjalani hidup dan passion. Asyik bukan? Punya kesempatan bawa pulang hadiah mewah dan menarik, sekaligus dapat merayakan kehidupan yang sesuai passion.

Ingatlah bahwa situasi pandemi seperti sekarang memberikan pelajaran berharga kepada kita agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik. Mulailah dengan membuat  perencanaan keuangan sederhana yang bisa jadi pegangan kamu setiap menerima gaji atau sumber income lain. Jangan lupa alokasikan sebagian income kamu untuk dana darurat, asuransi dan investasi. Keadaan memang tidak menentu, tetapi kamu harus tetap mempersiapkan dana untuk tujuan-tujuan keuangan di masa mendatang.

Kondisi finansial yang sehat membuatmu menjalankan hidup dengan nyaman dan kondisi kesehatan mental tetap terjaga. Kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas mungkin bisa membantu menjaga kesehatan mental kamu di tengah pandemi. Stay safe dan tetap taati protokol kesehatan, ya. Kalau bukan diri kita yang menjaga kesehatan fisik dan mental sendiri, siapa lagi?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini