Sukses

6 Kasus Perebutan Hak Asuh Anak Selebriti, Gala Sky Bikin Heboh Publik

Liputan6.com, Jakarta Belakangan kasus perebutan hak asuh anak kembali membuat heboh masyarakat Tanah Air. Dua kubu yang memperebutkan hak asuh anak yakni keluarga H Faisal dan keluarga Doddy Soedrajat. Keduanya mengajukan gugatan atas hak asuh Gala Sky, putra semata wayang mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah.

Selain kedua keluarga tersebut, baisanya perebutan hak asuh anak identik dengan kasus perceraian. Sederet artis yang memutuskan untuk berpisah kerap kali mengajukan hak asuh ini. Bahkan tak jarang kasus tersebut sampai berlarut-larut.

Tak heran jika kasus perebutan hak asuh ini juga tak kalah mencuri perhatian dari kasus perceraian itu sendiri. Selain perebutan dua keluarga Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, berikut ini ada pula kasus serupa yang tak kalah ramai diperbincangkan.

Berikut 6 kasus perebutan hak asuh anak selebriti yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (27/1/2022).

2 dari 7 halaman

1. Maia Estianty dan Ahmad Dhani

Kasus perceraian Ahmad Dhani dan Maia Estianty pada 2008 lalu sempat bikin heboh publik. Setelah bersama selama 14 tahun, dua publik figur ini memilih untuk berpisah.

Tak hanya kasus perceraiannya saja yang jadi sorotan, perebutan hak asuh atas Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jalaluddin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani juga ramai dibahas. 

Bagaimana tidak, Maia sempat dilarang menemui ketiga putranya, padahal hak asuh ketiga anaknya jatuh ke tangannya. Dhani juga sempat mengajukan banding atas keputusan pengadilan. 

Meski begitu, kini AL, El dan Dul sudah bisa leluasa bertemu sang ibu bahkan sering menghabiskan waktu bersama.

3 dari 7 halaman

2. Atalarik Syach dan Tsania Marwa

Dua pesinetron Atalarik Syach dan Tsania Marwa juga terlibat perebutan hak asuh anak setelah cerai pada 15 Agustus 2017. Mirip seperti kasus Maia dan Ahmad Dhani, Tsania juga dilarang bertemu anaknya oleh sang mantan suami.

Ia juga sudah mendapatkan hak asuh anaknya, namun saat ingin menjemput, Atalariq tidak memperbolahkan bahkan menolak Tsania masuk ke dalam rumah.

Terus dihalangi bertemu kedua anaknya, Tsania melaporkan ke Komnas Perlindungan Anak. Tetapi sampai sekarang ia masih kesulitan menemui sang buah hati.

4 dari 7 halaman

3. Venna Melinda dan Ivan Fadilla

Venna Melinda dan mantan suaminya Ivan Fadila juga merebutkan hak asuh kedua putra mereka, Verrell dan Athalla. Drama perebutan hak asuh anak ini diawali perceraian keduanya.

Saat itu, Venna dan Ivan sama-sama bersikukuh mendapatkan hak asuh Verrell Bramasta dan Athalla. Namun, hak asuh kedua anak Venna tersebut jatuh ke tangan mantan suaminya.

Tak menyerah, aktris senior kelahiran 1972 ini mengajukan banding dan membuat laporan ke Komnas Perlindungan Anak.

5 dari 7 halaman

4. Nikita Mirzani dan Sajad Ukra

Nikita Mirzani dan sang mantan suami, Sajad Ukra juga sempat berebut hak asuh anak, Azka Raqila Ukra. Meski hak asuh tersebut jatuh ke pihak Nikita, namun hubungan mereka tak lekas membaik setelah jatuh putusan tersebut.

Sajad mengaku pernah dihalang-halangi untuk bertemu dengan anaknya. Kasus tersebut bahkan sempat sampai ke kepolisian.

6 dari 7 halaman

5. Risty Tagor dan Stuart Collin

Perceraian iRsty Tagor dan Stuart Collin pada 2015 silam juga sempat diwarnai perebutan hak asuh anak. Putusan pengadilan menetapkan hak asuh anak jatuh ke tangan Risty.

Sama seperti artis lainnya, Struart pun mengajukan banding. Ia juga membuat aduan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia karena merasa dihalangi untuk bertemu putranya.

7 dari 7 halaman

6. Doddy Soedrajat dan Haji Faisal

Terbaru adalah kasus perebutan hak asuh Gala Sky Andriansyah yang dilakukan oleh kedua kakek mereka. Perebutan hak ini bergulir setelah Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah meninggal dunia akibat keceleakaan mobil pada November 2021 lalu.

Berbagai isu mewarnai isu perebutan hak asuh ini, salah satunya masalah harta warisan. Sampai sekarang, hak asuh dan hak perwalian Gala masih berjalan di pengadilan. Gala Sky pun hingga kini masih diasuh oleh pihak keluarga Haji Faisal.