Sukses

Arti Warna Gradasi adalah Perpindahan Satu Warna Ke Warna Lain, Begini Cara Membuatnya

Gradasi adalah wujud peralihan.

Liputan6.com, Jakarta Istilah gradasi warna atau warna gradasi adalah kuncinya ada pada kata “gradasi” yang artinya wujud peralihan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti gradasi adalah tingkat dalam peralihan suatu keadaan ke keadaan lain.

Lalu apa itu gradasi warna atau warna gradasi? Memahami warna gradasi adalah perpindahan satu warna ke warna lainnya. Merriam Webster menjelaskan arti warna gradasi adalah perpindahan bertahap dari satu warna atau bayangan ke warna lain.

Melansir dari XD Adobe, pada Kamis (27/1/2022) dijelaskan warna gradasi adalah corak warna yang dikembangkan dari dua atau lebih warna, sehingga membuat tingkatan warna tertentu.

“Gradasi warna atau warna gradasi adalah dapat bercampur atau bertransisi dari warna yang senada (misalnya dari warna merah muda ke warna merah tua), atau bisa juga dari warna yang sama sekali berbeda atau kontras (misalnya ungu dengan merah, atau biru dengan kuning),” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti gradasi, warna gradasi, dan cara membuatnya, Kamis (27/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Gradasi

Memahami arti gradasi adalah wujud dari peralihan. KBBI menjelaskan arti gradasi adalah susunan derajat atau tingkat. Arti gradasi adalah tingkat dalam peralihan suatu keadaan ke keadaan lain, tingkat perubahan.

Contoh paling mudah dipahami adalah gradasi pada warna. Memahami arti warna gradasi adalah perpindahan satu warna ke warna lainnya. Merriam Webster menjelaskan arti warna gradasi adalah perpindahan bertahap dari satu warna atau bayangan ke warna lain.

“Gradasi adalah langkah atau tempat dalam skala yang teratur,” dijelaskan.

Pemaknaan yang sama dipaparkan Dictionary, arti gradasi adalah setiap proses atau perubahan yang terjadi dari serangkaian tahapan, atau bertahap. Dalam ilmu Geologi, arti gradasi adalah meratakan permukaan tanahm yang dihasilkan dari aktivitas bersama antara erosi dan pengendapan.

3 dari 5 halaman

Mengenal Warna Gradasi

Contoh dari penerapan istilah gradasi adalah pada wujud warna gradasi. Di mana warna satu dengan warna lainnya berganti secara bertahap. Dalam dunia seni, gradasi warna atau warna gradasi adalah bisa diciptakan sendiri dengan teknik tertentu.

Apa itu warna gradasi? Memahami warna gradasi adalah corak warna yang berkembang. Melansir dari XD Adobe, dijelaskan warna gradasi adalah corak warna yang dikembangkan dari dua atau lebih warna, sehingga membuat tingkatan warna tertentu.

“Gradasi warna atau warna gradasi adalah dapat bercampur atau bertransisi dari warna yang senada (misalnya dari warna merah muda ke warna merah tua), atau bisa juga dari warna yang sama sekali berbeda atau kontras (misalnya ungu dengan merah, atau biru dengan kuning),” dijelaskan.

Ada dua jenis warna gradasi yang perlu diketahui, yakni warna gradasi halus dan warna gradasi tajam. Melansir dari Draw Paint Academy, warna gradasi halus menunjukkan ambiguitas atau bayangan seperti kabut. Sementara warna gradasi tajam menunjukkan kejelasan atau perubahan signifikan pada subjeknya.

“Langit berubah dari biru menjadi hijau menjadi kuning menjadi oranye menjadi ungu. Warnanya menjadi lebih gelap saat bergerak dari langit ke daratan yang jauh, dan lebih gelap lagi saat daratan semakin dekat dalam perspektif. Ini semua adalah gradasi warna,” dicontohkan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Warna Gradasi

Ada teknik khusus dalam pembuatan gradasi warna atau warna gradasi. Melansir dari Draw Paint Academy, begini cara membuat warna gradasi:

1. Teknik Pencampuran

Teknik paling sederhana cara membuat warna gradasi adalah memadukan satu warna ke warna berikutnya. Ini akan menciptakan gradasi yang alami dan halus, tergantung seberapa halus sapuan kuas saat membuatnya. Untuk gradasi warna yang lebih kasar, gunakan sapuan kuas yang lebih kasar.

2. Teknik Warna Menengah

Alih-alih memadukan dua warna bersama-sama, cara membuat warna gradasi adalah bisa menempatkan warna perantara di antara keduanya atau di tengah.

Misalnya, memiliki warna biru dan kuning. Sedikit warna hijau di antaranya akan membantu menghaluskan gradasi warna (hijau menjadi warna yang berguna untuk mencampur biru dan kuning).

Jika memiliki warna kuning dan merah, letakkan setetes warna oranye di antaranya. Jika memiliki warna hijau dan biru, letakkan setetes biru kehijauan di antaranya. Maka ini bisa dijadikan teknik cara membuat warna gradasi yang mudah dipraktikkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Warna Gradasi Selanjutnya

3. Teknik Bayangan

Cara membuat warna gradasi adalah bisa dengan teknik bayangan di mana pelukis menggambar garis paralel untuk menggelapkan suatu area. Semakin dekat dan tebal garisnya, semakin gelap hasilnya. Gunakan teknik ini untuk memperluas warna gradasinya.

Katakanlah ingin memperhalus gradasi antara area terang dan gelap. Gunakan area gelap untuk mendorong ke area terang, atau penetasan ringan untuk mendorong ke area gelap, atau keduanya. Steve Huston sering melakukan ini dalam lukisannya. Peter Paul Rubens juga.

4. Teknik Layering

Pelapisan melibatkan pengecatan lapisan cat yang tipis dan sebagian tipis di atas lapisan lain. Cara membuat warna gradasi adalah menghasilkan warna yang halus dan hampir halus. The Fighting Temeraire karya Joseph William Turner adalah contoh yang bagus. Teknik layering sangat cocok untuk cat air.

5. Teknik Kepadatan

Cara membuat warna gradasi adalah bisa dengan teknik kepadatan. Gunakan dengan memvariasikan kerapatan warna, baik dengan menggunakan lebih banyak goresan, lebih banyak tekanan, atau cat yang lebih tebal.

Misalnya, jika mengecat sapuan warna tipis di atas permukaan putih, sebagian dari permukaan putih itu akan terlihat. Saat terus menumpuk cat di suatu area, warnanya akan semakin kuat, menghasilkan gradasi dari warna lemah ke warna kuat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.