Sukses

Arti Milad adalah Kelahiran, Begini Cara Mengucapkannya

Liputan6.com, Jakarta Milad adalah istilah yang identik dengan sesuatu yang Islami, meski tidak demikian. Arti milad adalah kelahiran yang berasal dari serapan bahasa Arab.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menjelaskan arti milad adalah waktu kelahiran atau hari kelahiran. Arti milad adalah bagian dari ungkapan menysukuri sebuah kelahiran.

Dalam kitab berjudul Al-Iqna' fi Halli Alfazhi Abi Syuja oleh Asy Syarbini, hukum memberi ucapan milad adalah mubah. Mubah adalah perbuatan yang condong dianjurkan tetapi tidak ada jaminan pahala.

“Tidak sunnah dan tidak pula bid’ah,” dijelaskan.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti milad, hukum memberi ucapan milad, dan kumpulan ucapan selamat milad, Jumat (28/1/2022).

2 dari 4 halaman

Memahami Arti Milad

Apa itu arti milad? Arti milad adalah serapan dari bahasa Arab yang dalam bahasa Indonesia bermakna kelahiran. Milad adalah lahir.

Dalam modul berjudul Serba-Serbi Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab yang dipublikasikan Universitas Lampung, arti milad adalah tak lengkap tanpa ucapan selamat.

“Selamat Milad artinya Selamat Hari Kelahiran,” dicontohkan.

Arti milad adalah ucapan yang diberikan kepada seseorang yang sedang merayakan atau mengingat hari kelahirannya. Arti milad adalah ucapan selamat ulang tahun dan mengharapkan yang terbaik untuk mereka yang diberi ucapan.

“Setelah ucapan milad, biasanya diikuti dengan ucapan Barakallahu fi umrik yang artinya semoga Allah SWT memberi berkah atas umurmu,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Hukum Memberi Ucapan Milad

Apabila sudah memahami arti milad adalah merujuk pada penanda hari kelahiran, bagaimana hukum memberi ucapan milad tersebut kepada sesama muslim dan non-muslim?

Memberi ucapan selamat milad atau selamat ulang tahun dalam Islam adalah mubah atau diperbolehkan. Apa arti hukum mubah? Mubah adalah perbuatan yang condong dianjurkan tetapi tidak ada jaminan pahala.

Hal ini merujuk pada kitab berjudul Al-Iqna' fi Halli Alfazhi Abi Syuja oleh Asy Syarbini. Selama ini, para ulama berselisih pendapat tentang hukum memberi ucapan milad. Akan tetapi, pendapatnya tahniah (ucapan selamat) itu mubah.

“Tidak sunnah dan tidak pula bid’ah,” dijelaskan.

Dimubahkannya hukum memberi ucapan milad adalah dengan catatan tidak ada perbuatan munkar seperti menyalakan lilin, campur baur antara laki-laki dan perempuan, permainan musik, memasang gambar, patung, dan lainnya.

Selain “barakallah fi umrik,” arti milad kerap pula disandingkan dengan “yaumul milad” yang artinya juga selamat ulang tahun, ini serapan dari bahasa Arab. Orang yang mengucapnya, belum tentu mereka sosok Islami.

Jawaban yang pas ketika mendapat ucapan selamat milad adalah “Jazakallahu khairan” yang artinya “Semoga Allah membalas dengan kebaikanmu.” Ucapan selamat milad adalah semata wujud terima kasih dengan doa.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Milad

1. Ied milad sahabat terbaikku, bertambah satu tahun lagi usiamu sekarang ini, dan hanya doa yang bisa aku berikan untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan, rezeki yang melimpah dan kesuksesan, serta umur panjang. Aamiin.

2. Miladuki sa’idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan disisa umur yang diberikan-Nya. Semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga. Aamiin.

3. Met milad, barakallahu fii umrik, semoga cita-citanya tercapai, senantiasa ada di dalam rahmat Allah.

4. Milad mubarak, Barakallah fii umrik, semoga kamu sehat selalu dan diberikan rezeki yang melimpah. Aamiin.

5. Happy milad, semoga barokah sepanjang hayat, makin belajar, makin bermanfaat untuk orang lain.

6. Miladuki sa’idy istriku. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya, semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga dan menjadi istri serta ibu yang dilimpahkan kebahagiaan selalu. Aamiin.

7. Yaumul milad, barakallahu fii umrik “selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas umurmu.

8. Selamat milad untukmu, saudaraku. Semoga semakin diluaskan akalmu, semakin dibersihkan hatimu, semoga jasad semakin cekatan dalam berbuat kebajikan.

9. Milad mubarak! Semoga keberkahan selalu engkau dapatkan, rezeki terus mengalir, dan semoga semua yang engkau citakan tercapai.

10. Selamat ulang tahun! Semoga Allah SWT menerima semua keinginan dan doa sepenuh hatimu hari ini. Barakallah fii umrik.

11. Barakallah fii umrik anakku, yaumul milad sayang. Semoga mimpi-mimpi yang telah kamu bangun dapat tercapai dengan baik. Doa Mama dan Papa akan selalu menyertai setiap langkah hidupmu.

12. Selamat ulang tahun, barakallah fii umrik. Semoga Allah selalu memberimu kebahagiaan dan kesuksesan.

13. Barakallah fii umrik untuk wanita tersayangku, semoga apa pun yang kamu harapkan akan segera terwujud.

14. Pengulangan hari ulang tahun adalah wujud rasa syukurmu kepada Allah SWT, semoga makin istikamah di jalan Allah.

15. Barakallahu fii umrik yaa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat.

16. Miladuki saidah, barakallahu fii umrik, semoga disisa umurmu berkah sampai dunia akhir.