Sukses

6 Tingkah Aliando Syarief saat Idap OCD Ekstrem, Hitung Rambut hingga Menata Sampah

Liputan6.com, Jakarta Nama Aliando Syarief sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Pemain serial “Ganteng Ganteng Serigala” ini sempat mencuri perhatian hingga sempat hilang tak ada kabar. Setelah hiatus dari dunia hiburan, Aliando muncul dengan kabar menghebohkan. Baru-baru ini Aliando mengungkapkan dirinya mengidap gangguan kesehatan mental.

Keputusan vakum selama 2 tahun ini diungkapkan Muhammad Ali Syarief untuk memperoleh kesembuhan. Selama itulah Aliando berjuang melawan penyakit gangguan kesehatan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD) ekstrem. 

Gejala OCD ekstrem sendiri dapat terdeteksi dengan adanya gangguan pikiran yang menimbulkan rasa cemas dan takut secara terus menerus. Secara sadar atau tidak sadar orang yang mengidap OCD akan melakukan kegiatan secara berulang untuk menghilangkan rasa cemas dan takut yang tiba-tiba muncul.

Hal inilah yang diperjuangkan Aliando untuk sembuh. Pria kelahiran 26 Oktober 1996 ini mengungkapkan suka melakukan hal yang tak wajar. Seperti menghitung rambut sebelum mandi, hingga menata sampah. 

"Kalau OCD itu mereka kalau melihat buku nggak rapi, nggak enak ditutup lagi. Tapi ini lebih, masa mandi aja harus gue hitung rambut. Kan, kacau gitu," kata Aliando dalam siaran Instagramnya, Kamis (27/1/2022).

Berikut Liputan6.com merangkum tingkah aneh yang dialami Aliando Syarief saat mengidap OCD Ekstrem melansir dari berbagai sumber, Jumat (28/1/2022).

2 dari 7 halaman

1. Aliando Syarief didiagnosa mengidap OCD pada tahun 2019, saat itulah dirinya melakukan tingkah aneh seperti mengulang-ulang lagu hal ini berbuntut mengganggu proyek lagu yang ia garap.

3 dari 7 halaman

2. Saat mengidap gangguan kesehatan mental, Aliando punya kebiasaan mengepalkan tangan hingga pikirannya kembali normal.

4 dari 7 halaman

3. OCD yang diderita Aliando juga membuatnya berperilaku aneh seperti menyusun kulit kuaci.

5 dari 7 halaman

4. Tak hanya itu, pemeran ‘Warkop DKI Reborn’ ini bahkan harus menghitung jumlah helaian rambut sebelum mandi.

6 dari 7 halaman

5. Bagi seorang penderita OCD, sampah yang seharusnya dibuang malah ditata dengan rapi, itulah yang dilakukan Aliando.

7 dari 7 halaman

6. Saat menderita OCD, Aliando sempat mencoba menjalani syuting proyek sinetron Keajaiban Cinta, tak jarang OCD yang ia derita kambuh dan harus menggerakkan kepala dua kali untuk melawan pikiran.