Sukses

Sering Dikira Pemain Asing, Ini 6 Potret Ronaldo Kwateh yang Lahir di Jogja

Liputan6.com, Jakarta Nama Ronaldo Kwateh baru-baru ini menyita perhatian publik. Ronaldo baru saja menjalani debut di Timnas Indonesia senior pada usia 17 tahun 3 bulan 8 hari. Ronaldo tercatat sebagai pemain termuda sepanjang sejarah Garuda yang berhasil debut di Timnas senior. Debut Ronaldo terjadi saat melawan Timor Leste, Kamis (27/1/2022). 

Dalam laga tersebut, Ronaldo Kwateh diturunkan oleh Shin Tae-yong pada babak kedua. Tak perlu waktu lama, Ronaldo langsung memberikan assist untuk gol yang diciptakan oleh Ricky Kambuaya. Laga Indonesia vs Timor Leste berakhir 4-1 untuk kemenangan Garuda. Kemenangan Timnas Indonesia ini menjadi modal yang apik terlebih bagi para pemain muda yang baru saja debut seperti Ronaldo Kwateh.

Banyak yang mengira Ronaldo Kwateh merupakan pemain asing yang dinaturalisasi Indonesia. Perkiraan tersebut salah kaprah karena Ronaldo Kwateh lahir di Bantul, Jogja, 19 Oktober 2004. Ia merupakan anak dari pemain asing bernama Roberto Kwateh yang pernah bermain untuk PSIS Semarang, Persib Bandung, Persiba Bantul, PSCS Cilacap, dan PSIM Yogyakarta.

Roberto Kwateh menikahi perempuan asal Bantul bernama Citra Rusmawati hingga dikaruniai buah hati bernama Ronaldo Kwateh. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @ronaldokwateh7, potret Ronaldo Kwateh, Jumat (28/1/2022).

2 dari 7 halaman

1. Ini dia Ronaldo Kwateh, pemain timnas Indonesia yang sering dikira pemain asing.

3 dari 7 halaman

2. Ronaldo Kwateh berhasil debut di Timnas senior Indonesia saat berusia 17 tahun 3 bulan 8 hari.

4 dari 7 halaman

3. Saat ini anak dari Roberto Kwateh ini membela klub Madura United dan memakai nomor punggung 77.

5 dari 7 halaman

4. Daya jelajah yang tinggi dan skill di atas rata-rata membuatnya sering diturunkan oleh pelatih Madura United.

6 dari 7 halaman

5. Banyak orang selalu bercanda bahwa Ronaldo Kwateh seperti bule luar negeri yang bisa berbahasa Jawa medok.

7 dari 7 halaman

6. Saat di luar lapangan, pemain kelahiran Bantul ini bergaya kece dan curi perhatian.