Sukses

Alami OCD Sejak SD, Ini 6 Foto Jadul Masa Kecil Aliando Syarief

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Aliando Syarief sedang ramai diperbincangkan publik. Setelah 2 tahun vakum, Aliando akhirnya muncul lagi melalui fitur live Instagram. Aliando menyapa para fansnya serta menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Aliando mengungkap fakta bahwa ia baru saja sembuh usai berjuang melawan penyakit gangguan kesehatan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD) ekstrem.  

Gejala OCD ekstrem adalah gangguan pikiran yang menimbulkan rasa takut dan cemas secara berlebihan. Pengidap OCD biasanya akan melakukan kegiatan secara berulang-ulang untuk menghilangkan rasa takut dan cemasnya. Kegiatan berulang-ulang itu biasanya dilakukan secara sadar maupun tidak sadar dengan pikiran menjadi bercabang karena berusaha melawan kecemasan tersebut.

Pemeran Digo di sinetron Ganteng-Ganteng Serigala ini mengungkapkan fakta bawa ia mengidap OCD sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Aliando sempat sembuh namun beberapa tahun terakhir penyakit gangguan kesehatan mental tersebut kambuh kembali. Akibatnya, Aliando memilih untuk menepi terlebih dahulu dari dunia entertainment. 

"Dulu sudah pernah kelas 2 SD, tapi balik lagi umur 25 sekarang. Kelas 2 SD tuh sudah selesai. Habis itu kena OCD lagi baru 2019 akhir di 2020 kemarin," ujar Aliando, dikutip dari kanal YouTube Populer Seleb via Liputan6.com Jumat (28/1).

Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @aliandooo, foto jadul masa kecil Aliando Syarief, Jumat (28/1/2022).

2 dari 7 halaman

1. Ini dia foto masa kecil Aliando Syarief. Aliando sudah pintar berekspresi sedari dulu.

3 dari 7 halaman

2. Aliando mengungkapkan sudah alami OCD sedari duduk di bangku sekolah dasar.

4 dari 7 halaman

3. Tingkah Aliando saat OCD di bangku SD ini cukup bikin cemas karena gejala seperti melakukan aktivitas mengulang-ulang cukup mengganggu kegiatannya.

5 dari 7 halaman

4. Aliando Syarief sedari kecil memang terlihat lucu dan menggemaskan.

6 dari 7 halaman

5. Ekspresi wajahnya saat tersenyum kadang bikin baper fansnya.

7 dari 7 halaman

6. Saat memasuki usia remaja, Aliando perlahan mulai dikenal luas oleh publik karena aktingnya curi perhatian.