Sukses

Patriarki adalah Dominasi Laki-Laki daripada Perempuan, Simak Penjelasan Para Ahli

Liputan6.com, Jakarta Apa itu patriarki? Memahami patriarki adalah budaya yang konon diturunkan dari nenek moyang. Budaya patriarki adalah wujud nyata adanya kepercayaan pada dominasi laki-laki daripada wanita.

Dalam buku berjudul The Origin of the Family, Private Property, and the State oleh Frederic Angels, dijelaskan patriarki adalah organisasi politik yang mendistribusikan kekuasaan secara tidak setara antara laki-laki dan perempuan.

“Sehingga merugikan perempuan,” dijelaskan.

Konsepsi patriarki adalah berdampak buruk pada kasus kekerasan pada perempuan. Dalam jurnal berjudul Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia oleh Ade Irma Sakina dan Dessy Hasanah Siti A, disebutkan budaya patriarki adalah mangarah pada tingginya kasus pelecehan seksual, dan lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang patriarki, asal-usul istilahnya, contoh kasus, dan penjelasan ahli, Sabtu (29/1/2022).

2 dari 5 halaman

Asal-usul Istilah Patriarki

Patriarki adalah keberpihakan perilaku yang dipengaruhi gender atau jenis kelamin. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan patriarki adalah perilaku mengutamakan laki-laki daripada perempuan dalam masyarakat atau kelompok sosial tertentu. Patriarki adalah wujud dominasi pria daripada wanita.

Istilah patriarki adalah berasal dari kata patriakat. Hal ini diungkap dalam buku berjudul Pengantar Gender dan Feminisme oleh Alfian Rokhmansyah. Dijelaskan patriarki adalah dari kata patriarkat memiliki arti struktur yang menempatkan peran laki-laki sebagai penguasa tunggal, sentral, dan segala-galanya.

“Akibatnya kesenjangan dan ketidakadilan gender mempengaruhi berbagai aspek kegiatan keseharian masyarakat,” dijelaskan.

3 dari 5 halaman

Budaya Patriarki dan Contohnya

Dalam buku berjudul The Origin of the Family, Private Property, and the State oleh Frederic Angels dijelaskan budaya patriarki adalah sistem dominasi paling awal dan tercatat dalam sejarah peradaban dunia mengenai kekalahan jenis kelaim perempuan. Patriarki adalah organisasi politik yang mendistribusikan kekuasaan secara tidak setara antara laki-laki dan perempuan.

“Sehingga merugikan perempuan,” dijelaskan.

Para ahli menyebut, patriarki adalah budaya yang lahir secara turun-temurun dari nenek moyang. Inilah mengapa budaya patriarki adalah paling dekat ada pada lingkup keluarga, seorang ayah mendominasi perintah kepada istri dan anak-anak perempuannya. Meski sebenarnya, kasus patriarki lebih dari itu.

Secara sosiologi, budaya patriarki adalah prinsipnya memiliki keterkaitan sangat erat dengan eksistensi gender. Dalam jurnal berjudul Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia oleh Ade Irma Sakina dan Dessy Hasanah Siti A, patriarki adalah memberi dampak pada tingginya kasus pelecehan seksual, angka pernikahan dini yang tinggi, dan stigma melemahkan posisi perempuan dalam perceraian.

4 dari 5 halaman

Patriarki Menurut Para Ahli

1. Pengertian Patriarki Menurut Pinem (2009: 42)

Pengertian patriarki adalah sebuah sistem sosial yang menempatkan laki-laki sebagai sosok otoritas utama yang sentral dalam organisasi sosial. Posisi laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan dalam segala aspek kehidupan sosial, budaya dan ekonomi.

2. Pengertian Patriarki Menurut Walkins (2007: 120)

Pengertian patriarki adalah ayah memiliki otoritas terhadap ibu, anak-anak dan harta benda. Secara tersirat sistem ini melembagakan pemerintahan dan hak istimewa laki-laki dan menuntut subordinasi perempuan. Bahkan dinilai sebagai penyebab dari penindasan terhadap perempuan.

3. Pengertian Patriarki Menurut Manurun, dkk (2002: 131)

Pengertian patriarki adalah sistem sosial hubungan gender yang di dalamnya terdapat ketidaksetaraan gender. Laki-laki bermonopoli akan seluruh peran.

4. Pengertian Patriarki Menurut Berry (1992: 124)

Masyarakat yang menganut sistem sosial selalu menjadikan patriarki adalah sebagai tolok ukur dalam melihat hubungan-hubungan yang terjalin dalam struktur dan fungsi sosial.

5. Pengertian Patriarki Menurut Spradley (2007: 34)

Nilai pengertian patriarki adalah esensi dengan kuadrat bahwa perempuan ditakdirkan untuk mendampingi laki- laki dalam menjaga eksistensi, ketokohan, penghargaan, kewibawaan, pelaksanaan tugasnya, dan pengungkapan kasih sayang dalam rangka menciptakan tatanan sosial yang lebih harmonis dan berimbang.

5 dari 5 halaman

Patriarki Menurut Para Ahli Selanjutnya

6. Pengertian Patriarki Menurut Sastryani (2007: 65)

Pengertian patriarki adalah sistem dari pengelompokan sosial yang sangat mementingkan garis turunan bapak atau dengan kata lain esensi laki-laki menjadi pertimbangan utama untuk ditempatkan sebagai obyek pelaku dari sistem sosial.

7. Pengertian Patriarki Menurut Dewi Chandraningrum (2013: 34)

Pengertian patriarki adalah digunakan untuk menyebutkan “kekuasaan laki-laki”, khususnya hubungan kekuasaan antara laki-laki dan perempuan yang di dalamnya berlangsung dominasi laki-laki atas perempuan yang direalisasi melalui bermacam-macam media dan cara.

8. Pengertian Patriarki Menurut Lerner (1986: 239)

Pengertian patriarki adalah manifestasi dan institusionalisasi dominasi laki-laki atas perempuan di masyarakat.

9. Pengertian Patriarki Menurut Walby (1990: 20)

Pengertian patriarki adalah struktur sosial dan prakteknya dimana laki laki mendominasi, mengoperasiakan dan mengeksploitasi perempuan.

10. Pengertian Patriarki Menurut Merriam Webster

Pengertian patriarki adalah organisasi sosial yang ditandai dengan supremasi ayah dalam klan atau keluarga, ketergantungan hukum terhadap istri dan anak, serta penghitungan keturunan dan warisan dalam garis keturunan laki-laki.

11. Pengertian Patriarki Menurut Your Dictionary

Pengertian patriarki adalah suatu bentuk organisasi sosial di mana ayah atau laki-laki tertua diakui sebagai kepala keluarga atau suku, keturunan dan kekerabatan dilacak melalui garis laki-laki. Segenap pemerintahan, aturan, atau dominasi laki-laki, seperti dalam keluarga atau suku.