Sukses

7 Perbedaan Iklim dan Cuaca, Kenali Jenis dan Dampaknya

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan iklim dan cuaca memberi dampak khusus bagi lingkungan. Iklim dan cuaca menjadi penentu kondisi lingkungan di suatu wilayah. Iklim dan cuaca merupakan fenomena yang dirasakan efeknya setiap hari.

Terkadang, orang sulit mengenali perbedaan iklim dan cuaca. Padahal keduanya adalah kondisi uang berbeda. Meski berbeda, ada keterkaitan antara perbedaan iklim dan cuaca.

Perbedaan iklim dan cuaca bisa memengaruhi tiap bagian belahan bumi. Perbedaan iklim dan cuaca bisa dilihat dari periode, wilayah, dan dampaknya bagi lingkungan. Mengenali perbedaan iklim dan cuaca penting untuk mengamati perubahan pada lingkungan.

Berikut 7 perbedaan iklim dan cuaca yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/1/2022).

2 dari 8 halaman

Perbedaan iklim dan cuaca: pengertian

Iklim

Meurut Buku Saku Klimatologi oleh BMKG, iklim adalah Iklim adalah kondisi rerata atmosfer (cuaca) yang relatif lama pada wilayah yang luas. Iklim adalahkondisi rata-rata atmosfer selama periode waktu yang lama, seperti dalam rentang waktu 30 tahun atau lebih, untuk lokasi tertentu. KBBI mendefinisikan iklim sebagai keadaan hawa (suhu, kelembapan, awan, hujan, dan sinar matahari) dalam jangka waktu yang agak lama (30 tahun) di suatu daerah. Menurut NASA, iklim adalah gambaran pola cuaca jangka panjang di suatu daerah.

Cuaca

Menurut Peraturan Kepala BMKG nomor 009 tahun 2010, pengertian cuaca adalah kondisi atmosfer yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. KBBI mendefinisikan cuaca sebagai keadaan udara (tentang suhu, cahaya matahari kelembapan, kecepatan angin, dan sebagainya) pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas. Menurut NASA, pengertian cuaca adalah cara atmosfer berperilaku, terutama yang berkaitan dengan pengaruhnya terhadap kehidupan dan aktivitas manusia.

3 dari 8 halaman

Perbedaan iklim dan cuaca: periode waktu

Iklim

Perbedaan iklim dan cuaca yang utama adalah periode waktu berlangsungnya. Iklim menggambarkan kondisi rata-rata atmosfer selama periode waktu yang lama, seperti dalam rentang waktu 30 tahun atau lebih. Kondisi iklim jauh lebih tidak mudah berubah.

Menurut World Meteorological Organization (WMO), periode waktu untuk mendeskripsikan iklim adalah minimal 30 tahun. Misalnya saat suatu wilayah dinyatakan beriklim tropis, itu adalah sintesa dari data keadaan atmosfer dalam rentang minimal 30 tahun.

Cuaca

Sementara cuaca adalah sekumpulan kondisi atmosfer di satu lokasi untuk periode waktu terbatas mulai dari menit sampai bulan. Cuaca bisa berubah dalam hitungan hari atau jam. Di kebanyakan tempat, cuaca dapat berubah dari menit ke menit, jam ke jam, hari ke hari, dan musim ke musim. ontohnya cuaca sepanjang hari, malam, atau pada titik tertentu pada siang hari.

4 dari 8 halaman

Perbedaan iklim dan cuaca: wilayah yang terdampak

Iklim

Perbedaan iklim dan cuaca juga bisa dilihat dari wilayah yang terdampak. Iklim menjadi pola cuaca rata-rata untuk wilayah tertentu. aerah yang berbeda memiliki iklim daerah yang berbeda pula. Pola cuaca rata-rata di suatu tempat selama beberapa dekade disebut iklim.

Kondisi iklim juga berbeda antara satu bagian planet dengan bagian lainnya. Contohnya, Indonesia memiliki iklim tropis dengan suhu udara tinggi, sementara di Inggris memiliki iklim sedang yang sejuk dan basah.

Cuaca

Cuaca bisa berbeda antara lingkungan, kota, atau daerah di permukaan bumi. Cuaca adalah kondisi awan yang selalu berubah. Misalnya, jika di Jakarta sedang turun hujan, di Yogyakarta justru sedang panas terik. Ini menunjukkan bahwa wilayah yang terdampak cuaca bisa lebih sempit dibanding iklim yang berdampak bagi sebagian besar wilayah bumi.

5 dari 8 halaman

Perbedaan iklim dan cuaca: unsur yang diamati

Iklim

Perbedaan iklim dan cuaca terlihat dari unsur-unsur yang diamati. Iklim meliputi rata-rata curah hujan, suhu, kelembaban, sinar matahari, kecepatan angin, fenomena seperti kabut, embun beku, dan badai es, dan ukuran cuaca lainnya yang terjadi dalam jangka waktu yang lama di suatu tempat tertentu.

Cuaca

Sementara unsur cuaca meliputi sinar matahari, hujan, tutupan awan, angin, hujan es, salju, hujan es, hujan beku, banjir, badai salju, badai es, badai petir, hujan terus menerus dari front dingin atau front hangat, panas berlebih, gelombang panas, dan lainnya.

6 dari 8 halaman

Perbedaan iklim dan cuaca: cara mengukur

Iklim

Perbedaan iklim dan cuaca yang bisa dilihat adalah cara mengukurnya. Iklim diukur melalui cuaca rata-rata dalam jangka waktu yang lama. Jika suatu daerah memiliki hari-hari yang lebih kering sepanjang tahun daripada hari-hari basah, itu akan digambarkan sebagai iklim yang kering. Sementara tempat yang memiliki hari-hari yang lebih dingin daripada hari-hari yang panas akan membuatnya dikenal memiliki iklim yang dingin.

Cuaca

Sementara cuaca diukur oleh perbedaan tekanan udara, suhu, dan kelembapan antara satu tempat dan tempat lain. Matahari pada akhirnya bertanggung jawab atas cuaca. Sinarnya diserap secara berbeda oleh permukaan tanah dan air.

7 dari 8 halaman

Perbedaan iklim dan cuaca: dampaknya

Iklim

Dampak perubahan iklim, sekecil apapun itu konsekuensinya bisa jauh lebih parah daripada cuaca buruk pada sore hari. Perubahan iklim akan mengubah pola cuaca. Di alam liar, tumbuhan dan hewan khusus yang telah berevolusi untuk beradaptasi dengan serangkaian kondisi iklim menghadapi tantangan untuk tiba-tiba didorong ke dalam kondisi yang tidak sesuai untuk mereka.

Cuaca

Cuaca bisa berubah setiap saat dan tidak memberi dampak signifikan secara langsung. Cuaca mungkin bisa mempengaruhi penerbangan, kualitas udara, kesehatan, transportasi darat dan laut, pertahanan, pertanian, perikanan, air, energi, konstruksi, pariwisata, dan banyak sektor ekonomi lainnya. Namun, biasanya dampak ini tidak bersifat jangka panjang.

8 dari 8 halaman

Perbedaan iklim dan cuaca: jenis

Iklim

Iklim memiliki jenis beragam di berbagai belahan dunia. Jenis iklim bisa berupa tropis, sub-tropis, sedang, dingin, dan fisis. Berdasarkan ciri lingkungannya, ikilim dibedakan menjadi iklim benua, iklim bahari, iklim monsun, iklim mediteran, iklim tundra, dan iklim gunung.

Cuaca

Jenis cuaca juga punya bentuk beragam. Ia bisa meliputi cuaca panas, cerah, berawan, hujan, dingin, dan berangin.