Sukses

Berenang dengan Tangan dan Kaki Terikat, Pria 66 Tahun Ini Pecahkan Rekor

Liputan6.com, Jakarta Beragam aksi unik dan tak biasa yang dilakukan oleh seseorang tentunya bikin heran dan geleng kepala. Pasalnya aksi yang dilakukannya sangat mustahil dilakukan oleh manusia pada umumnya. Saking unik dan tak biasanya, seseorang yang lakukan aksi tak biasa sampai sukses pecahkan rekor.

Berenang dengan kaki dan tangan terikat terdengar tidak mungkin bukan? Namun rupanya pernyataan tersebut menjadi mungkin bagi pria berusia 66 tahun asal India yang berhasil pecahkan rekor.

Meski usianya tak muda lagi, pria berusia 66 tahun asal India bikin banyak orang tak percaya karena berenang dengan kaki dan tangan terikat. Fakta lainnya yang bikin tercengang yakni bahwa pria tersebut berenang sejauh 3,5 km dalam waktu 5 jam.

Aksi pria berhasil pecahkan rekor berenang dengan kaki dan tangan terikat sejauh 3,5 km ini dilansir Liputan6.com dari Indiatimes pada Minggu (30/1/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Pria Berenang dengan Kaki dan Tangan Terikat

Seorang pria asal India pecahkan rekor berenang dengan tangan dan kaki diborgol. Secara umumnya, tangan dan kaki punya peranan untuk membantu tubuh bergerak ketika berenang agar mencapai garis akhir atau garis finish.

Namun seorang pria asal India tersebut berenang hanya dengan menggerakkan badannya. Melansir dari Indiatimes, pria bernama Gangadhar G. Kadekar berenang sejauh 3,5 km dari Pulau St Mary ke Padukare. Pria tersebut berenang pada pukul 7.50 pagi waktu setempat dan menyelesaikan prestasinya pada pukul 13.25.

Tentunya ada teknik khusus yang diterapkan pria tersebut ketika berenang dengan kaki dan tangan terikat. Pria tersebut mengatakan bahwa dia berenang seperti lumba-lumba karena kedua tangan dan kakinya diikat. Dia berjuang tetapi tidak kehilangan kepercayaan dirinya.

Pria berusia 66 tahun ini merupakan mantan pegawai Departemen Perhubungan, dan baru mulai berenang saat berusia 50 tahun. Selain itu ia juga merupakan seorang pelatih renang. Pekerjaan ini dilakukannya dilatarbelakangi karena rasa prihatinnya terhadap anak-anak yang tenggelam di laut. Alhasil ia mulai melatih anak-anak muda selama dua tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Pecahkan Rekor

Sebelum pecahkan rekor berenang dengan kaki dan tangan diborgol dalam waktu 5 jam, pria berusia 66 tahun ini juga pernah pecahkan rekor sebelumnya. Pria asal India ini pernah masuk dalam India Book of Records dengan berenang 1,4 km dalam waktu 73,7 menit dengan merantai kakinya dalam pose 'Padmasana' di Padukare pada 24 Januari 2021.

Melansir dari Indiatimes, ia telah telah memenangkan medali emas, perak, dan perunggu di kompetisi renang tingkat negara bagian dan nasional untuk senior. Dia juga memenangkan Penghargaan Karnataka Rajyothsava tingkat distrik Udupi.

“Rekor ini saya buat untuk menginspirasi anak-anak karena saya sudah melatih banyak anak berenang. Saya harus membuktikan sesuatu kepada anak-anak dan saya senang," katanya dilansir Liputan6.com dari Indiatimes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.