Sukses

4 Cara Menghilangkan Tanda Online di WA, Privasi Tetap Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan tanda online di WA bisa jadi pilihan jika kamu tidak ingin terdeteksi di aplikasi pesan ini. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan populer di dunia. Aplikasi ini mempermudah berkirim pesan baik teks, foto, video, suara, maupun dokumen.

Ada banyak fitur yang ditawarkan WhatsApp, salah satunya cara menghilangkan tanda online di WA. Status online biasanya akan terlihat saat membuka aplikasi WhatsApp dan melakukan aktivitas seperti membalas atau membaca pesan di WhatsApp. Beberapa orang mungkin mencari cara menghilangkan tanda online di WA.

Saat ini WhatsApp memang belum memungkinkan penggunanya untuk menghilangkan sepenuhnya status online. Tapi, ada cara menghilangkan tanda online di WA untuk menghilangkan informasi kapan terakhir kamu online. Cara menghilangkan tanda online di WA ini bisa membantumu sedikit menghilangkan jejak tentang keaktifanmu.

Selain cara menghilangkan tanda online di WA ini, ada trik tersendiri agar kamu tidak ketahuan online di WhatsApp. Berikut cara menghilangkan tanda online di WA, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/1/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Cara menghilangkan tanda online di WA

WhatsApp memiliki fitur sendiri untuk menghilangkan tanda online di WA. Cara menghilangkan tanda online di WA ini akan menghilangkan informasi kapan terakhir kamu online. Berikut caranya:

1. Buka WhatsApp.

2. Ketuk pada tiga titik vertikal di sudut kanan atas.

3. Ketuk Pengaturan/settings.

4. Dari menu Pengaturan, pilih Akun/Account.

5. Selanjutnya, ketuk Privasi/Privacy.

6. Pilih Last Seen/Terakhir dilihat dari daftar opsi.

7. Di jendela pop-up, pilih Tidak Ada/Nobody.

Namun, fitur ini tidak bisa menghilangkan tanda online di WA sepenuhnya. Kamu akan tetap terlihat online ketika membuka dan membaca sebuah pesan di WhatsApp. Meski tak bisa menghilangkan tanda online di WA sepenuhnya, kamu bisa menerapkan beberapa trik untuk membaca pesan WA tanpa ketahuan online. Berikut caranya:

3 dari 7 halaman

Trik membaca WA tanpa ketahuan online: Membuka secara offline

Cara paling mudah untuk membuka dan membalas pesan WhatsApp tanpa ketahuan online adalah dengan menonaktifkan koneksi jaringan di ponsel saat kamu membuka dan membalasnya. Ketika mendapatkan notifikasi pesan WhatsApp dan ingin membalasnya tanpa ketahuan online, kamu dapat nonaktifkan Wi-Fi dan koneksi jaringan seluler.

Setelah itu buka WhatsApp dan percakapan yang ingin kamu baca dan balas. Tulis balasan kemudian tutup kembali aplikasi WhatsApp. Aktifkan kembali Wi-Fi atau koneksi jaringan seluler. WhatsApp akan mengirim pesan tanpa menampilkan status online. Dengan begitu penerima pesan tak mengetahui kamu sedang online atau mengetik pesan untuk membalas pesannya.

4 dari 7 halaman

Trik membaca WA tanpa ketahuan online: Melihat pesan dari notifikasi

Cara menghilangkan tanda online di WA saat membuka pesan selanjutnya adalah membacanya melalui notifikasi. Buka notifikasi dengan menggulirkan kebawah notification bar. Kamu dapat membalas pesan tanpa membuka aplikasi dengan mengklik tombol Balas di notification bar tersebut.

Namun jika pesan yang kamu dapat merupakan pesan yang panjang, kamu tidak dapat membaca keseluruhan pesannya. Jika memiliki jam tangan pintar atau Android Wear, kamu dapat menanggapi pesan WhatsApp langsung dari jam tangan dengan aman tanpa memunculkan status online.

5 dari 7 halaman

Trik membaca WA tanpa ketahuan online: Melihat dari pop-up

Kamu juga dapat mengaktifkan notifikasi pop-up pada WhatsApp sehingga kamu dapat membaca pesan yang diterima melalui pop up tanpa ketahuan online atau menampilkan centang biru. Dengan pop-up ini kamu juga dapat membaca pesan WhatsApp yang panjang sekalipun tanpa harus membukanya langsung di aplikasi WhatsApp.

Berikut cara menghilangkan tanda online di WA saat membuka pesan lewat pop-up:

1. Buka WhatsApp.

2. Ketuk pada tiga titik vertikal di sudut kanan atas.

3. Ketuk Pengaturan/settings.

4. Pilih Notifikasi/Notification.

5. Pilih Pop-Up Notifications.

6. Aktifkan mode pop-up notifications.

6 dari 7 halaman

Cara mengirim pesan WA tanpa menyimpan nomor

1. Cara yang pertama adalah buka browser pada ponsel.

2. Setelah itu ketik atau copas link https://wa.me/nomor tujuan

3. Isi nomor tujuan dengan nomor yang akan dikirimi pesan. Perlu diperhatikan dalam penulisan nomor, kamu perlu mengganti angka 0 pada awal nomor tujuan dengan kode internasional, misal nomor tujuan adalah nomor Indonesia dengan nomor 085411223344 maka kamu perlu menulisnya dengan 6285411223344

4. Angka 62 merupakan kode Internasional dari Indonesia.

5. Dengan penggantian yang kamu lalukan maka link yang kamu ketik di browser akan menjadi seperti ini misalnya https://wa.me/6285411223344 pastikan tidak ada spasi atau tanda lainnya pada setiap angka

6. Setelah itu pilih opsi search maka akan muncul tautan pada browser untuk menghubungkanmu ke Chat personal pada Nomor WhatsApp tersebut.

7. Setelah itu kamu akan diarahkan keaplikasi WhatsApp dan dapat langsung berkirim pesan ke nomor tujuan tanpa harus menyimpan nomornya.

7 dari 7 halaman

Cara menyembunyikan chat tanpa harus menghapusnya

Cara menyembunyikan chat tanpa harus menghapusnya adalah dengan mengarsipkannya. Mengarsipkan Obrolan memungkinkan kamu menyembunyikan sebuah percakapan dari layar obrolanmu tanpa harus menghapus obrolan. Mengarsipkan obrolan hanya memungkinkanmu untuk menghapusnya dari layar obrolan utama WhatsAppmu tanpa harus kehilangan obrolan tersebut.

Berikut langkah-langkahnya:

Mengarsipkan chat

- Di layar Chatting, tekan agak lama (long tap) pada chat yang ingin kamu arsipkan.

- Kemudian di bar atas, pilih ikon Arsipkan.

- Setelah itu, chat tersebut pun akan diarsipkan dan tidak akan dimunculkan di layar Chatting

Membuka chat yang telah diarsipkan

- Geser ke bagian bawah layar Chatting.

- Ketuk pada Chat yang diarsipkan.

- Tekan agak lama pada percakapan yang ingin dibuka dari arsip.

- Di bar atas, pilih ikon Buka arsip.

Mengarsipkan semua chat

- Ketuk pada Tombol Menu di layar Chatting untuk mengakses Setelan.

- Ketuk pada Chatting > Riwayat chatting > Arsipkan semua chat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.