Sukses

Dikira Fenomena Alam, Pria Ini Rekam Penampakan Pohon Bak Diguyur Air dari Langit

Guyuran air itu hanya mengenai satu pohon saja hingga warganet beranggapan jika hal itu merupakan fenomena alam.

Liputan6.com, Jakarta Kebocoran pipa air di jalan merupakan kejadian yang bisa dialami di negara manapun, termasuk di Indonesia. Akibat dari kejadian itu, tak sedikit pengendara yang melintas di kawasan tersebut jadi basah karena semburan air yang begitu deras bak air mancur. Seperti yang ramai di media sosial TikTok baru-baru ini.

Dalam video viral yang hampir ditonton hingga 11 juta kali itu diunggah oleh pengguna TikTok @khairulfahmiey pada Selasa (18/1). Video tersebut menampilkan sebuah fenomena yang tidak diduga sebelumnya. Seorang pria merekam kejadian itu ketika sedang mengendarai kendaraan roda empatnya.

Suatu ketika, pria pemilik akun itu sedang melintas di sebuah jalan. Lajunya pun agak pelan. Ia lalu merekam sebuah penampakan yang tidak biasa. Terlihat sebuah pohon yang tampak rindang sedang diguyur oleh derasnya air. Langit yang terlihat mendung, menjadikan air itu seperti turun dari langit.

Peristiwa tersebut terjadi di Malaysia. Dalam unggahannya, si pemilik akun tidak menjelaskan apa yang terjadi, hingga pengguna TikTok harus menyelesaikan videonya hingga akhir agar tahu jawabannya. Berikut Liputan6.com ulas dari laman TikTok @khairulfahmiey, Senin (31/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikira Kejadian Alam

Pria pemilik akun awalnya memperlihatkan sebuah pohon rindang yang diguyur air dengan begitu derasnya. Sudut yang diambil oleh perekam membuat air yang mengguyur itu seolah berasal dari langit. Ditambah kondisi langit yang kala itu terlihat sedang mendung.

Bahkan, sang pemilik akun menuliskan sebuah keterangan dalam videonya bahwa pohon tersebut bak sedang mandi. Oleh karena semburan airnya begitu dahsyat dan hanya mengenai satu pohon saja yang ada di tepi jalan, banyak warganet yang mengira jika kejadian tersebut adalah kejadian alam.

"Mandilah sepuas-puasnya wahai pokok (pohon)," tulis pemilik akun, dikutip Liputan6.com pada Senin (31/1/2022).

3 dari 4 halaman

Pipa Air Raksasa Bocor

Setelah ditonton hingga akhir video, barulah diketahui bahwa semburan air yang mengenai satu pohon itu bukan berasal dari langit, melainkan dari pipa air raksasa yang bocor. Pipa air raksasa itu berada di tepi jalan sehingga percikan semburannya sampai mengenai pengendara yang melintas.

Bahkan, ada satu mobil yang sampai terperangkap di dekat pipa akibat kebocoran air tersebut. Air yang menyembur ke arah pohon itulah yang menjadikan tumbuhan rindang tersebut terlihat seperti sedang diguyur air dari langit. Karena begitu deras dan banyaknya air yang keluar.

4 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton 10,9 juta oleh pengguna TikTok ini pun menuai berbagai komentar dari warganet. Pada saat di awal video, banyak yang mengira jika peristiwa itu merupakan kejadian alam bahkan keajaiban dunia. Tidak sedikit pula yang mengira jika itu adalah hujan lokal.

"Ku kira hujan lokal," tulis akun @vigiolavygo.

"Gua kira awalnya keajaiban dunia," tulis akun @aniie051.

"Awal video udah mikir kok bisa hujan di situ doang? Lah di akhir video baru tahu masalahnya apa," ujar akun @bundaaldi07.

"Kirain hujannya cuma turun di situ saja ternyata ada yang bocor," kata akun @aghataa221.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.