Sukses

12 Manfaat Peach Gum untuk Kesehatan, Tingkatkan Massa Otot dan Metabolisme

Liputan6.com, Jakarta Manfaat peach gum perlu untuk anda ketahui. Belakangan ini tren peach gum sedang tinggi di Indonesia. Peach gum atau tao jiao adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang mengeras dan membentuk kristal getah.

Peach gum diperoleh dari getah pohon persik di China yang berbentuk padat. Manfaat peach gum diperoleh dari kandungan asam amino dan kolagen yang tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya bisa meningkatkan massa otot hingga meningkatkan metabolisme.

Peach gum memiliki warna kuning bening seperti kristal. Di negara asalnya, beberapa koki rumahan sering menambahkan peach gum ke dalam hidangan sup atau tumisan asin dengan campuran sayur dan tahu. Akan tetapi, ada juga yang mengolahnya menjadi hidangan penutup atau peach gum dessert, dengan cita rasa manis serta memberi sensasi dingin di perut.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat peach gum dan kandungan gizinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/1/2022).

2 dari 4 halaman

Kandungan Gizi Peach Gum

Menurut Madamngrecipe, ada beragam kandungan gizi yang terkandung dalam sebuah mangkuk peach gum. Ukuran porsi 100g peach gum mengandung sejumlah gizi, meliputi:

1. Kalori: 175 kkal

2. Lemak: 0,25g

3. Karbohidrat: 35,7g

4. Protein: 7,42g

Tak hanya itu, peach gum juga kaya akan nutrisi dan mengandung asam amino maupun kolagen dalam jumlah besar. Tentunya, kandungan gizi ini dapat berbeda tergantung pada jenis peach gum itu sendiri. Adanya tambahan bahan makanan lainnya juga dapat memengaruhi kadar gizi tersebut.

3 dari 4 halaman

Manfaat Peach Gum untuk Kesehatan

1. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat peach gum yang pertama adalah membantu meredakan nyeri sendi. Kadar kolagen pada tubuh kita akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, sehingga risiko mengalami gangguan sendi seperti osteoarthritis pun meningkat. Oleh karena itu, mengonsumsi peach gum yang kaya akan kolagen bisa membantu menjaga kesehatan sendi, serta meminimalisir risiko terkena gangguan sendi.

2. Meningkatkan Massa Otot

Hampir sebanyak 1-10 persen jaringan otot kita terbentuk dari kolagen. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga otot tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2015 menemukan, mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan massa otot pada orang-orang yang mengalami sarcopenia. Sarcopenia merupakan hilangnya masa otot akibat usia. Para peneliti pun menyarankan untuk mengonsumsi tambahan kolagen untuk meningkatkan sintesis protein otot, sekaligus menstimulasi pertumbuhan otot setelah berolahraga.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain kolagen dan asam amino, peach gum juga mengandung jenis protein bernama proline, yang bisa membantu mengurangi penumpukan lemak pada pembuluh darah. Dengan begitu, tekanan pada jantung pun berkurang, dan tekanan darah bisa lebih dikendalikan. Selain itu, proline juga bisa membantu mencegah penegangan pada pembuluh darah.

4. Mengendalikan Gula Darah

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Biological Macromolecules pada tahun 2017 menunjukkan, gula polisakarida yang berasal dari peach gum telah terbukti efektif dalam membantu mengendalikan kadar gula darah setelah makan.  Studi tersebut dilakukan sekelompok tikus yang mengalami diabetes. Hasil pengujian tersebut menunjukkan, kalau gula polisakarida dari peach gum bisa menurunkan kadar gula darah pada tikus secara signifikan. Para peneliti pun menyimpulkan, bahwa peach gum memiliki potensi sebagai terapi non-insulin untuk diabetes.

5. Meningkatkan Metabolisme

Nutrisi lain dalam peach gum adalah glisin, yang dikenal sebagai protein anti aging untuk mencegah penuaan serta memperbaiki kerusakan jaringan otot dan merangsang hormon. Hasil penelitian menunjukkan kandungan baik peach gum dapat menyeimbangkan kadar gula darah serta meningkatkan energi fisik.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidak hanya menjaga kadar gula darah supaya stabil, peach gum juga bermanfaat mengurangi gangguan kecemasan berlebih yang menyebabkan sulit tidur. Beberapa orang yang rutin mengonsumsi peach gum merasakan manfaat dapat tidur lebih nyenyak di malam hari dan bangun tidur menjadi segar.

4 dari 4 halaman

Manfaat Peach Gum untuk Kesehatan Lainnya

7. Menjaga Berat Badan

Manfaat peach gum untuk kesehatan yang banyak diincar adalah bisa mengurangi berat badan. Sebab kini kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu penyebab penyakit mematikan lain yang bisa menyerang siapapun. Dilansir dari laman Mayo Clinic, penyebab obesitas, antara lain riwayat keluarga, asupan kalori terlalu banyak, sindrom Prader-Willi, penyakit artitis, gangguan tidur, hingga kehamilan. Penerapan gaya hidup yang tidak sehat dan suka mengonsumsi junk food dan makanan berlemak menambah risiko terkena penyakit sewaktu-waktu. Dengan demikian, manfaat peach gum ini bisa anda jadikan dessert lezat yang rendah kalori dan gula. Kamu tetap bisa ngemil namun tidak menyebabkan kegemukan.

8. Merangsang Pertumbuhan Sel

Peach gum merupakan makanan yang kaya manfaat, salah satunya bisa merangsang pertumbuhan sel baru. Kandungan senyawa glycine dalam peach gum dikenal sebagai protein yang bagus untuk menunda kerusakan jaringan otot. Bahkan manfaat peach gum untuk kesehatan bisa merangsang sel jaringan dalam tubuh. Dengan kata lain, manfaat peach gum ini bisa memulihkan sel yang sedang rusak dan bisa meregenerasi kuli menjadi lebih baik.

9. Menambah Energi

Berenergi saat aktivitas seharian adalah keinginan setiap orang. Namun kadang saat siang hari tubuh menjadi lemas dan kehilangan energi. Nah, anda bisa memakan peach gum dengan batasan konsumsi yang tepat untuk mengembalikan energi anda. Manfaat peach gum untuk kesehatan diyakini bisa membuat badan lebih berenergi sepanjang hari. Artinya peach gum mampu mencegah kita merasa kelelahan dikala aktivitas berat.

10. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat peach gum yang tak kalah penting adalah melancarkan aliran darah. Hal ini karena sejumlah protein yang ditemukan di dalam peach gum yang disebut prolin. Peran prolin dapat mengurangi pertumbuhan lemak di pembuluh darah. Selain itu, prolin juga mengurangi kerja berat pada organ jantung. Manfaat peach gum yang satu ini juga bisa melancarkan aliran darah yang memasok ke jantung dan seluruh tubuh.

11. Menghilangkan Stres

Peach gum adalah makanan yang juga dipercaya sebagai penghilang stres dan cemas. Keduanya bisa menyebabkan kesulitan tidur di malam hari. Begadang tentu saja dapat memengaruhi kesehatan tubuh, termasuk gangguang kecemasan dan mental. Tidak ada salahnya bila anda mengonsumsi peach gum agar terhindar dari masalah stres dan cemas tersebut.

12. Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan kolagen tinggi dalam peach gum membuatnya dipercaya sebagai makanan sehat yang dapat melengkapi asupan kolagen tubuh atau investasi kesehatan kulit jangka panjang. Dengan mengonsumsi dua sendok makan peach gum dalam sehari, sama dengan membantu melembapkan serta menghambat pembentukan kerutan pada kulit.